Terbit: 1 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Pekerjaan rumah tangga biasanya lebih banyak dikerjakan oleh para ibu atau wanita, khususnya yang tidak aktif bekerja di luar rumah.

Pria Lebih Sehat dari Wanita Jika Melakukan Pekerjaan Rumah Lebih Banyak

Pria yang menjadi suami biasanya hanya membantu seperlunya. Atau,  mengerjakan sesuatu yang tidak bisa dilakukan wanita. Misal, memperbaiki atap bocor atau memperbaiki ledeng yang tersumbat.

Melakukan pekerjaan rumah tangga bagi pria sebenarnya bukan masalah kewajiban atau perkara membantu saja. Melakukan pekerjaan rumah, entah itu menyapu atau mengepel, ternyata bermanfaat untuk kesehatan khususnya bagi pria yang sudah berusia tidak muda lagi.

Pekerjaan Rumah bagi Pria Seperti Olahraga
Wanita yang lebih banyak di rumah dan tidak bekerja biasanya lebih aktif ketimbang pria. Dampaknya, mereka jarang sekali sakit karena tubuh berolahraga secara tidak langsung. Sementara itu, pria yang bekerja di luar rumah, khususnya yang aktivitasnya banyak berada di kantor, biasanya akan lebih banyak duduk dan pasif.

Nah, melakukan pekerjaan rumah akan membuat wanita bergerak paling tidak 2-4 jam sehari meski hanya di sekitar dapur atau ruangan di dalam rumah. Aktivitas ini justru meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi lapisan lemak dalam tubuh, dan aliran darah dalam tubuh akan berjalan lancar.

Pria Lebih Aktif dan Kualitas Tidur Meningkat karena Pekerjaan Rumah 
Pria yang bekerja di kantor biasanya malas untuk berolahraga. Setelah sampai rumah, umumnya pria langsung istirahat dan tidak melakukan apa-apa lagi. Nah, kebiasaan pria yang pasif seperti ini akan membuat tubuh semakin menimbun lemak. Asupan makanan  yang masuk ke dalam tubuh akan disimpan menjadi lapisan lemak dan akhirnya mengalami obesitas.

Karena itu, pria disarankan melakukan pekerjaan rumah tangga, semisal menyapu lantai atau aktivitas lain setiap pagi.  Cukuplah dengan durasi 30-60 menit untuk mengimbangi aktivitas kerja yang monoton.

Pria yang aktif bergerak meski durasinya tidak lama akan memiliki tubuh yang lebih bugar. Selain itu, mereka juga bisa mendapatkan tidur yang berkualitas karena bisa lelap selama  6-8 jam setiap hari. Dengan demikian, keesokan hari tubuh akan segar, bugar dan sehat.

Nah, yuk beres-beres rumah!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi