Terbit: 22 Juni 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Posisi tidur yang salah untuk penderita hernia mungkin akan membuatnya tidak nyaman atau sulit tertidur. Hal ini karena hernia yang menonjol dapat terjadi di bagian tubuh tertentu seperti punggung atau leher. Jika begini, bagaimana caranya agar bisa tidur nyenyak? Selengkapnya simak dalam penjelasan di bawah ini!

5 Posisi Tidur yang Nyaman untuk Penderita Hernia

Posisi Tidur untuk Penderita Hernia

Hernia adalah suatu kondisi yang terjadi ketika organ mendorong melalui lubang di otot atau jaringan yang menahannya pada tempatnya. Hernia memiliki beberapa jenis, yakni hernia di perut, punggung, dan leher.

Memiliki hernia dapat menyulitkan Anda untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Tenang, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu tidur lebih nyenyak dengan hernia.

Berdasarkan jenisnya, berikut ini posisi tidur untuk penderita hernia:

1. Telentang

Posisi telentang dapat membuat penderita hernia di punggung atau perut bisa mendapatkan tidur yang nyaman.

  • Hernia di punggung

Apabila hernia di punggung (bawah, tengah, atau atas) yang menonjol ke kanan atau kiri, tidurlah dengan posisi telentang.

Bagi hernia di punggung, posisi tidur telentang memungkinkan untuk mendapat tekanan pada bantalan (diskus intervertebralis) di tulang belakang secara merata.

Jika hernia menonjol ke belakang, biasanya berbaring akan lebih baik di sisi munculnya benjolan.

  • Hernia di perut

Jika ingin mengurangi hernia di perut, cobalah tidur telentang. Apabila ingin mengurangi hernia di selangkangan, tidurlah dengan posisi trendelenburg, posisi yang memungkinkan gravitasi membantu menarik jaringan hernia kembali ke dalam perut atau panggul.

2. Berbaring dengan sisi berlawanan

Tidur dengan posisi berbaring di sisi berlawanan dari hernia yang menonjol di punggung tidak akan terlalu menyakitkan.

Seiring waktu, hernia bisa menyusut karena gravitasi dan pembagian tekanan yang benar; dan saraf mengalami lebih sedikit tekanan serta iritasi.

Posisi ini akan mengurangi atau menghilangkan rasa sakit dan mungkin kesemutan pada saraf yang terkena.

3. Meninggikan posisi kaki

Posisi ini mengharuskan kaki sedikit lebih tinggi, bisa mengganjalnya dengan guling/bantal untuk menurunkan hernia di sisi tonjolan.

Baca Juga: Hernia: Jenis, Gejala, Penyebab, Mengobati

4. Meninggikan posisi kepala

Menggunakan bantal ergonomis yang bisa diatur ketinggiannya mungkin bermanfaat untuk hernia di leher. Posisi ini juga memberikan manfaat untuk hernia hiatus.

Hernia hiatus adalah hernia yang terjadi ketika bagian perut mendorong melalui lubang di diafragma (di mana kerongkongan bergabung dengan perut). Namun, posisi tidur ini memerlukan benda tambahan yang berbeda.

Untuk hernia hiatus, tinggikan tempat tidur bagian kepala menggunakan benda yang keras. Anda bisa menggunakan benda setinggi 6 inci di bawah kaki tempat tidur bagian kepala.

Cara tersebut dapat mengangkat kepala dan dada yang membuat Anda lebih nyaman. Posisi ini juga juga mencegah asam lambung naik ke kerongkongan saat tidur.

5. Meringkuk

Untuk hernia di perut, tidur dengan posisi meringkuk seperti janin dapat memungkinkan tidur Anda lebih nyaman. Tidak hanya itu, manfaat posisi meringkuk juga bisa membantu mengurangi rasa sakit di bagian perut akibat hernia.

Baca Juga: 12 Obat Hernia Tanpa Operasi yang Murah dan Tidak Menakutkan

Perawatan Hernia di Rumah

Selain posisi tidur untuk penderita hernia lebih nyaman, melakukan perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi keparahan kondisi hernia.

Meskipun ini tidak akan menyembuhkan hernia, tetapi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu meringankan gejala.

Beberapa perubahan gaya hidup untuk meringankan hernia, di antaranya:

1. Perbanyak asupan serat

Caranya dengan meningkatkan asupan serat untuk dapat membantu meringankan sembelit. Sembelit bisa menyebabkan mengejan saat buang air besar, kondisi yang dapat memperburuk hernia. Beberapa contoh makanan berserat tinggi adalah biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

2. Batasi makan besar

Perubahan pola makan juga bisa membantu mengatasi gejala hernia hiatus. Untuk itu, cobalah menghindari makan besar, jangan berbaring atau membungkuk setelah makan, dan jaga berat badan dalam kisaran sedang.

3. Hindari makanan pemicu asam lambung

Guna mencegah asam lambung, hindarilah makanan seperti makanan pedas dan makanan berbahan dasar tomat. Selain itu, berhenti merokok juga bisa membantu mengurangi gejala.

Nah, itulah beberapa posisi tidur untuk penderita hernia dan perubahan gaya hidup yang dapat Anda praktikan di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Aonim. 2018. Hernia. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15757-hernia. (Diakses pada 22 Juni 2022)
  2. Anonim. Sleeping with a hernia. https://www.dorsoo.com/blog/sleeping-with-a-hernia/. (Diakses pada 22 Juni 2022)
  3. W, Carmella dan Valencia H. 2021. Everything You Want to Know About a Hernia. https://www.healthline.com/health/hernia. (Diakses pada 22 Juni 2022)
  4. Leggington, Gwynita. 2017. How to Sleep With a Hiatal Hernia. https://healthfully.com/sleep-knee-brace-7443363.html. (Diakses pada 22 Juni 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi