Terbit: 29 June 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Nyeri haid bisa sangat menyiksa. Tidak hanya menghambat aktivitas, hal ini juga bisa mengakibatkan waktu istirahat menjadi tidak maksimal. Agar kualitas tidur lebih baik, cobalah sejumlah posisi tidur untuk nyeri haid berikut!

7 Posisi Tidur untuk Meredakan Nyeri Haid

Ragam Posisi Tidur untuk Meredakan Nyeri Haid

Saat sedang datang bulan, rasa tidak nyaman mungkin Anda alami. Pada gilirannya, kondisi ini bisa membuat waktu beristirahat menjadi tidak maksimal.

Kabar baiknya, menurut pakar kesehatan, tidur dengan posisi tertentu bisa membantu mengatasi nyeri haid, lho!

Apa saja posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid tersebut? Berikut beberapa di antaranya:

1. Posisi Tidur Meringkuk

Menurut beberapa pakar kesehatan, posisi tidur meringkuk ternyata sangat disarankan untuk dilakukan wanita yang sedang mengalami nyeri haid.

Dengan melakukan posisi tidur ini, maka otot pada bagian perut akan menjadi lebih relaks. Selain itu, tekanan pada perut yang memicu rasa nyeri juga akan menurun.

Meskipun tidak ada bukti yang cukup kuat terkait posisi ini terhadap nyeri haid, para ahli merekomendasikan posisi tidur ini untuk mengurangi kram ketika menstruasi.

Cara tidur dengan posisi ini sangatlah mudah, Anda cukup tidur dengan posisi menyamping. Setelah itu, angkat kedua kaki Anda sampai menyentuh area perut.

Bisa dibilang, posisi fetal ini adalah posisi tidur meringkuk selayaknya janin yang ada di dalam kandungan.

Posisi ini membantu mengurangi tekanan pada perut. Perlu Anda ketahui bahwa tekanan yang terlalu banyak pada perut ketika menstruasi dapat menyebabkan keluhan sakit dan kram memburuk.

2. Posisi Tidur dengan Kaki Rapat

Selain tidur dengan posisi meringkuk, pakar kesehatan juga menyarankan wanita yang sedang mengalami nyeri haid untuk tidur dengan posisi kaki yang rapat. Hal ini akan mencegah datangnya kebocoran pada pembalut yang sedang dipakai.

Baca Juga10 Jenis Gerakan Yoga untuk Meredakan Nyeri Haid

3. Posisi Tidur Telentang

Tidur dengan posisi telentang bisa membantu mengurangi tekanan pada perut. Hal ini kemungkinan dapat membantu meredakan nyeri haid.

Agar posisi tidur ini lebih membantu, Anda bisa menempatkan bantalan di bawah leher untuk mendukung tulang bagian belakang.

Sayangnya, posisi ini juga dapat memperbesar risiko kebocoran di malam hari.

4. Posisi Tidur Menyamping

Posisi tidur saat nyeri haid yang bisa Anda coba berikutnya adalah tidur menyamping. Sebagai tambahan, Anda bisa menempatkan bantal.

Posisikan tidur menyamping, bisa ke kiri maupun ke kanan. Jangan lupa letakkan bantal di bagian bawah pinggul. Setelahnya, pastikan paha Anda mengapit bantal agar panggul sejajar.

5. Posisi pemulihan

Posisi tidur untuk membantu meredakan nyeri haid ini bisa membantu tidur Anda lebih nyaman.

Caranya, Anda tinggal berbaring menyamping. Posisikan kaki bagian bawah lurus dan kaki bagian atas ditekuk hingga menyentuh perut.

Tidur dengan posisi pemulihan tidak hanya menghilangkan tekanan pada perut, tetapi juga dapat meningkatkan aliran oksigen.

Menurut sebuah penelitian, aliran oksigen yang cukup dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Oleh karena itu, selain mengurangi nyeri, posisi pemulihan bisa membuat tidur malam Anda menjadi lebih nyaman.

Baca Juga8 Penyebab Nyeri pada Dubur saat Menstruasi

6. Posisi Yoga

Menurut berbagai laporan, tidur dengan posisi yoga child’s pose dapat membantu mengurangi kram menstruasi dan nyeri punggung.

Cara tidur dengan child’s pose, antara lain:

  • Posisikan tubuh duduk bersimpuh.
  • Tempatkan bokong di atas tumit kaki Anda.
  • Rentangkan tangan ke depan dengan tubuh condong ke arah yang sama.
  • Tempelkan telapak tangan dan dahi di atas tempat tidur. Buat tubuh relaks.

7. Tidur dengan Kompres Hangat

Agar tidur tetap nyaman selama kram menstruasi, Anda juga bisa mencoba kompres hangat.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal memasukkan air hangat ke dalam botol kaca. Setelahnya, lapisi menggunakan handuk, lalu tempatkan botol di bagian perut.

Pakar kesehatan lainnya, menyarankan wanita untuk berhati-hati dengan posisi tidurnya saat sedang dalam kondisi haid karena bisa memengaruhi kondisi tubuhnya dengan signifikan.

Tidur dengan posisi tengkurap dianggap paling buruk bagi wanita yang sedang haid.

Pasalnya, ketika tidur dengan posisi tengkurap, permukaan kasur akan memberikan tekanan pada perut dan rahim sehingga rasa nyeri pun akan terasa lebih menyakitkan.

Itulah beberapa pilihan posisi tidur untuk nyeri haid. Selama periode menstruasi, konsumsilah lebih banyak air hangat untuk meredakan keluhan nyeri. Selain itu, pastikan waktu istirahat Anda cukup dan hindari kelelahan. Semoga bermanfaat!

 

  1. Bowman, Sabienna. 2022. Feeling The PMS Pain? Try These Positions To Help Period Cramps. https://www.scarymommy.com/lifestyle/positions-help-period-cramps. (Diakses pada 29 Juni 2022).
  2. Carroll, Siobhán.  2021. What Sleeping Position is Best for Period Pain? https://www.avogel.co.uk/health/periods/what-sleeping-position-is-best-for-period-pain/. (Diakses pada 29 Juni 2022).
  3. Ha, Zhen-de., dkk. 2004. Effects of Oxygen Enrichment of Room Air on Sleep Patterns at High altitude. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15182511/. (Diakses pada 29 Juni 2022).
  4. Pizer, Ann. 2020. How to Do Child’s Pose (Balasana) in Yoga. https://www.verywellfit.com/childs-pose-balasana-3567066. (Diakses pada 29 Juni 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi