Terbit: 25 Oktober 2021 | Diperbarui: 27 Oktober 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara menghilangkan spider vein atau pembuluh darah pecah di wajah bisa menggunakan cara alami maupun medis. Perawatan ini biasanya dibutuhkan untuk mereka yang terganggu tampilan pembuluh darah tampak seperti sarang laba-laba di wajah. Yuk, simak perawatannya berikut ini!

Spider Vein (Pembuluh Darah Pecah) di Wajah? Ini 12 Cara Menghilangkannya

Apa Itu Spider Vein?

Spider vein adalah pembuluh darah pecah di wajah atau kaki yang ditandai dengan kemerahan atau kebiruan seperti pola jaring laba-laba. Ini juga disebut sebagai telangiectasias, yang cenderung terjadi pada wanita dan lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia dan jika memiliki keluarga dengan riwayat telangiectasias.

Beberapa kondisi dapat menyebabkan spider vein di wajah, termasuk:

Cara Menghilangkan Spider Vein di Wajah

Biasanya kondisi ini tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat menyebabkan nyeri lokal, gatal, atau sensasi terbakar. Selain itu, spider vein juga dapat mengganggu penampilan, terutama di kulit wajah. Untungnya ada beberapa cara untuk menghilangkannya, baik dengan cara alami maupun medis.

Berikut ini sejumlah cara menghilangkan spider vein di wajah:

1. Cuka sari apel

Bahan bumbu dapur ini dapat digunakan untuk membantu mengurangi atau memudarkan pola laba-laba kebiruan atau kemerahan di kulit wajah. Cuka sari apel bertindak sebagai zat pada kulit, yang mengencangkan kulit untuk mengurangi kemerahan.

Gunakanlah cuka sari apel sebagai pengganti toner (pembersih wajah) dengan menepuk-nepuk atau mengoleskannya menggunakan bola kapas. Lakukan tips ini dua kali sehari sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Membasuh wajah dengan air hangat

Karena suhu panas bisa menyebabkan pembuluh darah pecah, pastikan untuk tidak menggunakan air panas. Sebaiknya mandi atau membasuh wajah dengan air hangat. Pastikan juga mencuci wajah dengan lembut saat menggunakan air hangat.

3. Kompres dingin

Selain kompres hangat, cara menghilangkan spider vein di wajah juga bisa menggunakan kompres dingin seperti kompres es. Anda dapat menerapkannya ke wajah setelah terpapar sinar matahari atau panas. Suhu dingin bisa membantu mengurangi munculnya pembuluh darah pecah di wajah.

Jangan menggunakan sekantong es secara langsung pada kulit, sebaiknya bungkus dengan kain bersih terlebih dahulu.

4. Lidah buaya

Menggunakan gel dari tanaman aloe vera alias lidah buaya bisa membantu mengobati kemerahan pada kulit akibat spider vein. Penelitian telah menemukan bahwa memanfaatkan lidah buaya bisa mengurangi kemerahan, tetapi cenderung mengeringkan sel-sel kulit. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang masih segar atau dalam bentuk kemasan.

5. Vitamin C

Baik dari makanan maupun dari suplemen, vitamin C bisa membantu mengurangi munculnya pembuluh darah yang pecah di wajah. Ini karena vitamin C berperan penting dalam menjaga pembuluh darah tetap sehat. Makanan yang mengandung vitamin C adalah buah jeruk, jambu biji, pepaya, paprika merah, dan kembang kol.

Meningkatkan asupan vitamin C dapat membantu produksi protein yang disebut kolagen dan elastin. Kolagen merupakan protein yang membantu membangun kulit dan pembuluh darah. Ini bekerja dengan elastin guna membantu menjaga dinding vena fleksibel dan kuat.

6. Jenis vitamin B

Vitamin B bisa membantu menjaga pembuluh darah tetap kuat. Vitamin ini mencegah terjadinya spider vein lebih lanjut. Asupan asam folat, vitamin B, dan vitamin B12 dalam makanan sehari-hari penting guna membantu mencegah pembekuan darah dan spider vein.

Vitamin B3 juga bisa meningkatkan sirkulasi darah. Makanan yang menjadi sumber vitamin B, termasuk daging sapi, hati, biji bunga matahari, dan kacang tanah.

7. Vitamin E

Vitamin ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel darah sehat, karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Asupan vitamin E membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan pembuluh darah, melindungi kulit dan membran sel selain memperkuat pembuluh kapiler.

Makanan yang kaya akan vitamin E adalah jenis kacang-kacangan, biji-bijian, minyak gandum, dan minyak sayur.

Baca Juga: 7 Jenis Vitamin untuk Kulit dan Nutrisi Penting Lainnya

8. Retinoid

Menggunakan krim topikal, terutama dengan kandungan retinoid, bisa menjadi cara mengurangi atau menghilangkan spider vein di wajah. Komponen ini terutama digunakan untuk mengatasi jerawat dan rosacea. Retinoid merupakan kelompok turunan vitamin A yang bekerja dengan menghilangkan lapisan kulit terluar.

9. Terapi laser

Jika kondisi vena wajah lebih parah, ini mungkin memerlukan perawatan yang lebih kuat dengan terapi vena laser. Terapi ini  dengan mengarahkan sinar cahaya yang intens dan ditargetkan guna mengiritasi dinding vena rusak, yang menyebabkan vena kolaps. Setelah pembuluh darah pecah, tubuh secara alami menghilangkannya.

10. Terapi cahaya berdenyut intens

Intense pulsed light therapy (IPLT) atau terapi cahaya berdenyut intens menyebarkan energi ke area kulit yang lebih luas. Cahaya akan menembus ke lapisan kedua kulit untuk menghancurkan pembuluh darah pecah tanpa merusak lapisan atas.

Ketika pembuluh darah yang dirawat dipanaskan, ini hancur dan secara alami dikeluarkan oleh tubuh. Hasilnya lebih lembut daripada terapi laser.

11. Skleroterapi

Cara menghilangkan spider vein di wajah bisa menggunakan terapi skleroterapi selama beberapa minggu. Selama prosedur terapi, dokter akan menyuntikkan larutan ke dalam pembuluh darah pecah yang menyebabkannya menutup. Efeknya, darah akan dialihkan ke pembuluh darah yang tidak terlihat.

Sebelum menjalani terapi ini, pastikan mendapatkan profesional berlisensi. Efek sampingnya mencakup peningkatan kemerahan, gatal, dan jaringan parut (bekas luka).

12. Elektrokauter dan frekuensi radio

Ini adalah metode yang digunakan untuk menguapkan pembuluh kapiler pecah dan kemerahan di wajah dan dada. Dari kedua prosedur, ujung seperti jarum halus yang diatur pada pengaturan rendah, dengan hati-hati menyentuh kapiler untuk menguapkan pembuluh yang melebar.

Prosedur ini mungkin sedikit tidak nyaman, tetapi cepat dan kemungkinan sedikit jaringan parut. Teknik ini dengan mudah mengobati bahkan vena terkecil yang tidak bisa diobati dengan skleroterapi atau laser.

Itulah cara menghilangkan spider vein di wajah yang bisa menjadi pilihan perawatan Anda. Semoga informasi ini bisa membantu ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Spider Vein Cures. https://vincentvein.com/spider-vein-cure/ (Diakses pada 25 Oktober 2021)
  2. Vein, Delaware. 2020. How to Treat Spider Veins on Your Face. https://delawareadvancedveincenter.com/blog/how-to-treat-spider-veins-on-your-face/ (Diakses pada 25 Oktober 2021)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. 5 Ways to Treat Spider Veins of the Face. https://masterpieceskinrestoration.com/spider-veins-face/?doing_wp_cron=1635129476.7434689998626708984375 (Diakses pada 25 Oktober 2021)
  4. Anonim. Tanpa Tahun. What Causes Facial Veins and How Can I Get Rid of Them?. https://www.wacoprimarycare.com/blog/what-causes-facial-veins-and-how-can-i-get-rid-of-them (Diakses pada 25 Oktober 2021)
  5. Cherney, Kristeen. 2019. What’s Causing Broken Blood Vessels on My Face?. https://www.healthline.com/health/broken-blood-vessels-on-face (Diakses pada 25 Oktober 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi