Terbit: 20 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Tanpa adanya jantung, maka tidak akan ada organ yang mampu memompa darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen ke berbagai bagian tubuh. Hal ini tentu akan membuat kita tidak bisa hidup. Namun, pria dari Amerika Serikat ini justru bisa hidup selama 16 bulan tanpa jantung. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Ajaib! Pria Ini Bisa Hidup Berbulan-Bulan Tanpa Jantung

Photo Credit: University of Michigan Health System

Dikutip dari Science Alert, pria berusia 25 tahun bernama Stan Larkin inilah yang bisa hidup selama itu tanpa memiliki organ jantung di dalamnya. Namun, Stan memakai jantung buatan bernama syncardia yang harus selalu digendong di punggungnya setiap saat karena memang berbentuk seperti tas ransel.

Jantung buatan ini dipakai oleh Stan dan Dominique, saudaranya. Jantung buatan dengan berat 6 kg ini akan terhubung langsung pada sistem peredaran darah dan memiliki fungsi yang persis seperti jantung yang masih sehat, yakni memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Semua berawal saat Stan dan Dominique didiagnosis terkena kardiomiopati saat remaja. Kondisi langka ini bisa membuat jantung keduanya berhenti tiba-tiba. Satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah kesehatan ini adalah dengan transplantasi jantung. Sayangnya, mendapatkan donor jantung bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Pada 2014 lalu, dokter menyebut jantung keduanya sudah dalam kondisi yang sangat kritis sehingga harus diangkat. Sembari menunggu donor jantung, keduanya pun akan diberi syncardia sebagai pengganti jantung mereka yang sudah rusak.

Berbeda dengan Dominique yang langsung mendapatkan donor setelah memakai syncardia selama beberapa minggu saja, Stan ternyata harus menunggu 16 bulan untuk mendapatkan donor jantung yang tepat pada tubuhnya. Ia pun harus selalu menggendong jantung buatannya ini dalam setiap aktivitas harian, termasuk saat bermain basket.

Penantian panjang Stan akhirnya menemui hasilnya. Pada 9 Mei 2016, donor jantung untuknya tersedia dan Ia pun menjalani transplantasi jantung. Kini, kondisinya bahkan jauh lebih sehat dari saat sebelum memakai jantung buatan.

Tak disangka ya, ternyata ada jantung buatan yang berfungsi sehebat itu!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi