Terbit: 17 November 2021 | Diperbarui: 25 April 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Rambut Anda mulai pitak? Ada banyak cara menumbuhkan rambut pitak yang bisa dicoba, baik dengan cara alami maupun medis. Yuk, simak penjelasan selengkapnya mulai dari pengobatan hingga penyebabnya berikut ini!

10 Cara Menumbuhkan Rambut Pitak yang Alami dan Medis

Pilihan Cara Menumbuhkan Rambut yang Pitak

Tips menumbuhkan rambut secara alami biasanya fokus pada peningkatan sirkulasi di kulit kepala atau meningkatkan kesehatan folikel rambut dan memulihkan kualitas rambut. Terdapat banyak bahan atau produk dengan khasiatnya dalam pertumbuhan rambut yang terdapat di rumah dan biasanya digunakan untuk tujuan lain.

Berikut adalah berbagai cara menumbuhkan rambut yang pitak dengan cara alami dan medis, di antaranya:

1. Lidah buaya

Selain untuk penyembuhan luka dan menghilangkan luka bakar, lidah buaya alias aloe vera memiliki manfaat lainnya. Lidah buaya yang biasa ditanam di halaman rumah ini juga dapat membantu menumbuhkan kembali rambut dan melindungi kulit kepala dari penyakit.

Kandungan lidah buaya seperti antiinflamasi, enzim, mineral, dan dan lainnya membuatnya cocok untuk perawatan pertumbuhan rambut yang aman dan sering kali efektif. Penggunaanya cukup pijatkan gel lidah buaya ke kulit kepala sebelum keramas. Ini bisa dicampurkan dengan minyak gandum dan santan.

2. Minyak peppermint

Minyak peppermint biasa digunakan untuk mengobati sakit kepala, sindrom iritasi usus besar, dan penyakit lainnya. Namun, minyak ini juga bisa menjadi cara alami menghilangkan pitak yang efektif.

Caranya penggunaanya dengan menggosokkan sedikit minyak peppermint ke kulit kepala menggunakan jari-jari tangan atau mencampurkannya minyak peppermint dengan sampo.

3. Minyak rosemary

Minyak rosemary memiliki sifat antiinflamasi dan membantu meningkatkan sirkulasi. Oleh karenanya, minyak ini adalah pilihan alami sebagai cara menumbuhkan rambut yang pitak

Gosokkan sedikit minyak ini dengan lembut pada rambut pitak setiap malam atau mungkin menggunakan sampo alami yang mengandung minyak rosemary.

4. Pijat

Cara ini sederhana dan tidak memerlukan produk, yaitu hanya pijat kulit kepala yang kuat. Memijat kulit kepala yang pitak bisa membantu meningkatkan sirkulasi di kulit kepala dan meregangkan sel-sel folikel rambut untuk mendorong pertumbuhan rambut yang lebih tebal.

Tekan dengan kuat (tapi secara lembut) menggunakan jari tangan ke kulit kepala yang pitak dan gosok lembut kulit kepala setidaknya selama 5 menit.

5. Minoxidil

Salah satu cara menumbuhkan rambut pitak yang paling banyak digunakan dan terbukti ampuh adalah minoxidil. Obat ini tersedia dalam bentuk cair, busa, atau sampo. Minoxidil yang lebih kuat juga tersedia dengan resep dari dokter.

Seperti obat lainnya, minoxidil dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi kulit atau pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan di kulit di dekat kulit kepala. Jika cara ini dapat mengembalikan pertumbuhan rambut, penggunaannya tanpa batas waktu atau efeknya akan mulai hilang.

Selain minoxidil, bahan aktif lainnya yang dapat melawan kerontokan rambut adalah Tricosaccaride® dan Tricosaccaride® yang terdapat di produk Foltène®PHARMA. Selain itu, Foltène shampoo juga hadir dengan bahan aktif anti-aging seperti Trikosakarida, Tricagoxyl, DN-Age, Revitalizing Nourishing Complex, Nourishing Biomineral Complex, Capillia Longa, dan LPD Eyelasher.

Foltene-Brand-Launching

6. Suplemen vitamin

Berbagai vitamin dan mineral tertentu juga cara menumbuhkan rambut yang pitak. Ini termasuk vitamin A, vitamin B (termasuk biotin, yang merupakan bahan utama untuk berbagai perawatan penumbuh rambut), vitamin C, vitamin D, vitamin E, zat besi, dan zinc.

Mengonsumsi suplemen dengan dosis tinggi bisa meningkatkan risiko komplikasi. Untuk itu, konsultasikan penggunaan suplemen dengan dokter sebelum memulai mengonsumsinya.

7. Produk berbahan kolagen

Kolagen adalah protein yang ditemukan di kulit dan di bagian tubuh lainnya, dan terkait dengan pertumbuhan rambut dan penebalan rambut yang mulai menipis karena androgenetic alopecia.

Carilah produk perawatan pribadi seperti sampo, kondisioner, salep, atau serum yang mengandung kolagen. Gunakan saat mandi atau gosokkan ke kulit kepala. Produk ini juga tersedia dalam bentuk injeksi.

8. Terapi laser

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa terapi laser dapat mengatasi kerontokan rambut herediter (faktor keturunan) pada pria dan wanita.

Teorinya adalah bahwa laser tingkat rendah bisa merangsang sirkulasi dan pertumbuhan rambut di folikel yang berhenti memproduksi rambut. Namun hasilnya bisa berbeda untuk setiap orang, mungkin berhasil atau tidak.

9. Obat-obatan

Sebelum menganjurkan obat atau prosedur untuk mengobati kebotakan, dokter mungkin akan mendiagnosis kondisi mendasar apa pun yang mungkin menjadi penyebab rambut pitak. Ini termasuk alopecia areata, ketidakseimbangan hormon, stres, atau produk rambut.

Berikut ini obat-obatan yang mungkin diresepkan oleh dokter:

  • Finasterida. Ini adalah salah satu obat penumbuh rambut yang paling banyak diresepkan, baik untuk pria maupun wanita. Namun, wanita hamil tidak boleh menggunakan karena mungkin ada risiko cacat genital pada bayi laki-laki.
  • Kortikosteroid. Obat dalam bentuk cair dapat dioleskan langsung ke kulit kepala. Obat resep ini biasanya efektif untuk anak-anak penderita alopecia areata. Suntikan kortikosteroid ke area rambut rontok di kulit kepala juga membantu menghidupkan pertumbuhan rambut dalam beberapa minggu pada penderita alopecia areata.
  • Anthralin. Ini merupakan pengobatan topikal untuk alopecia areata. Ketika menerapkannya pada kapala pitak, ini bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut.
  • Metotreksat. Jika perawatan di atas tidak efektif, dokter mungkin akan meresepkan obat kuat ini. Metotreksat juga terkadang digunakan dengan kortikosteroid. Tetapi obat ini juga menimbulkan beberapa efek samping potensial yang serius, untuk itu ikuti petunjuk dokter dengan hati-hati.

10. Transplantasi rambut

Operasi transplantasi rambut adalah solusi bedah yang umum untuk mengatasi kerontokan rambut permanen. Dalam prosedurnya, dokter mengangkat folikel rambut dari area pertumbuhan rambut yang sehat (biasanya dari bagian belakang kepala) dan menanamkannya kembali ke bagian kepala yang pitak.

Ada dua transplantasi rambut utama, termasuk:

  • Metode Follicular unit transplantation (FUT): Prosedur cangkok rambut ini menggunakan potongan kulit dengan folikel rambut dari rambut yang sehat. Folikel kemudian dikeluarkan dan ditransplantasikan.
  • Metode FUE: Ini dilakukan dengan cara menghilangkan folikel rambut individu dari situs donor dan memasukkannya ke dalam sayatan kecil di kulit kepala yang pitak.

Itulah berbagai cara alami maupun medis untuk menghilangkan pitak yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat ya, teman Sehat!

 

  1. Cronkleton, Emily. 2019. 10 Tips to Naturally Regrow Your Hair. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/regrow-hair-naturally (Diakses pada 17 November 2021).
  2. Roland, James. 2020. How to Regrow Hair on a Bald Spot. https://www.healthline.com/health/how-to-regrow-hair-on-a-bald-spot#natural-treatments (Diakses pada 17 November 2021).
  3. Shaheen Naser. 2020. 10 Home Remedies To Regrow Hair On Bald Patches. https://www.stylecraze.com/articles/10-effective-home-remedies-for-baldness/ (Diakses pada 17 November 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi