Terbit: 23 July 2021 | Diperbarui: 25 April 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Cara mencegah asma kambuh penting untuk diketahui bagi penderita asma. Pencegahan menjadi penting karena penyakit ini bisa terjadi akibat kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan. Simak penjelasan lengkap mengenai cara mencegah penyakit asma kambuh di bawah ini.

13 Cara Mencegah Asma Kambuh yang Mudah Dilakukan

Mengenali Cara Mencegah Asma Kambuh

Hal penting yang penderita asma harus pahami adalah mengenali keadaan yang bisa memicu munculnya penyakit ini. Bisa Anda mulai dengan mengetahui apa yang menyebabkan batuk, mengi, dan sesak napas.

Meskipun tidak ada cara ampuh untuk mencegah terjadinya penyakit ini, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah serangan asma.

Berikut adalah beberapa cara mencegah asma kambuh yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

1. Mengidentifikasi Pemicu Asma

Terdapat beberapa pemicu yang dapat menyebabkan serangan asma. Pemicu tersebut antara lain:

  • Polusi udara.
  • Alergi.
  • Udara dingin.
  • Virus flu atau pilek.
  • Olahraga.
  • Sinusitis.
  • Merokok.
  • Wewangian.

Sangat penting untuk belajar mengidentifikasi pemicu asma dan mengambil langkah-langkah untuk menghindarinya.

2. Menjauhi Alergen

Jika Anda memiliki alergi dan asma, penting untuk menjaga jarak dari alergen (hal-hal yang membuat alergi). Paparan alergen dapat meningkatkan peradangan di saluran udara untuk sementara. Hal ini juga membuat serangan asma lebih mungkin terjadi.

3. Menghindari Semua Jenis Asap

Asap dan asma adalah kombinasi yang buruk. Batasi paparan semua sumber asap, termasuk tembakau, dupa, lilin, dan kembang api. Jika Anda adalah seorang perokok, konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan bantuan bagaimana cara untuk berhenti. Merokok dapat memperburuk asma.

4. Mencegah Pilek

Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang pilek atau flu, karena jika Anda tertular hal tersebut akan memperparah gejala asma. Cuci tangan dengan baik jika Anda baru saja menyentuh barang-barang yang mungkin telah tersentuh oleh seseorang dengan infeksi pernapasan.

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Memiliki lingkungan yang bersih adalah sesuatu yang penting, baik di rumah, di tempat kerja, atau saat sedang bepergian. Mencegah alergi yang disebabkan oleh kondisi lingkungan dapat menurunkan kemungkinan serangan asma. Cara mencegah asma kambuh ini bisa dilakukan dengan, misalnya, memesan kamar hotel yang bebas rokok.

 

6. Dapatkan Vaksin Influenza dan Pneumonia

Dapatkan vaksin flu setiap tahun untuk melindungi Anda dari virus flu, karena kondisi ini dapat memperburuk asma selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Asma juga membuat Anda lebih mungkin mengalami komplikasi flu seperti pneumonia dan dirawat di rumah sakit karenanya.

Sementara untuk vaksin pneumonia bisa Anda dapatkan setiap 5 hingga 10 tahun sekali. Pemberian vaksin ini berfungsi  untuk melawan penyakit akibat infeksi bakteri pneumokokus.

7. Pertimbangkan Suntikan Imunoterapi Alergi

Jika dokter Anda menemukan bahwa Anda memiliki alergi, suntikan alergi (imunoterapi) dapat membantu mencegah gejala alergi dan mencegah asma semakin parah. Seiring waktu, tubuh mungkin terbiasa dengan alergen dan kurang merespons saat Anda terpapar. Hal ini dapat membantu menjaga asma tetap terkendali.

8. Minum Obat Asma Sesuai Resep

Obat asma jangka panjang berguna untuk mencegah gejala dan serangan asma. Anda perlu meminumnya setiap hari, bahkan jika Anda tidak memiliki gejala. Obat akan meredakan peradangan di saluran udara dan mengendalikan asma, sehingga kecil kemungkinannya untuk kambuh.

Jika cara mencegah penyakit asma kambuh ini menimbulkan efek samping yang mengganggu, konsultasi dengan dokter untuk mempertimbangkan beralih ke pengobatan lain.

9. Mengikuti Asthma Action Plan

Jika Anda melihat gejala asma, periksa asthma action plan untuk instruksi tentang obat apa yang harus diminum. Selama serangan, rencana tersebut dapat memberi tahu Anda obat-obatan apa yang akan membantu dan kapan saatnya untuk menghubungi dokter.

Asma adalah kondisi berkelanjutan yang membutuhkan pemantauan dan perawatan rutin. Mengambil kendali perawatan dapat membuat Anda merasa lebih mengendalikan hidup.

10. Gunakan Peak Flow Meter

Alat ini dapat menunjukkan seberapa baik udara bergerak melalui paru-paru. Selama serangan asma, saluran udara akan menyempit. Alat ini dapat memberi tahu Anda bahwa serangan asma terjadi beberapa jam atau hari sebelum Anda memiliki gejala apa pun.

Informasi ini dapat berguna karena memberi Anda waktu untuk minum obat yang tercantum dalam rencana perawatan dan mungkin menghentikan serangan sebelum terjadi.

Dikarenakan fungsi paru-paru mungkin menurun sebelum Anda melihat tanda atau gejala apa pun, ukur dan catat aliran udara secara teratur saat menggunakan peak flow meter. Alat ini dapat mengukur seberapa keras Anda bisa bernapas. Tanyakan pada dokter bagaimana cara memantau aliran udara di rumah.

11. Identifikasi dan Obati Serangan Asma Sejak Dini

Jika tindakan cepat bisa segera dilakukan, Anda cenderung tidak mengalami serangan asma yang parah. Anda juga tidak memerlukan banyak obat untuk mengendalikan gejala.

Saat indikator alat pengukur aliran udara mengalami penurunan dan mengingatkan serangan yang akan terjadi, minumlah obat sesuai petunjuk. Selain itu, Anda juga harus menghentikan semua aktivitas yang memicu serangan.

Jika gejala Anda tidak membaik, dapatkan bantuan medis sesuai dengan arahan asthma action plan.

12. Memperhatikan Penggunaan Inhaler

Jika Anda mendapati diri mengandalkan quick-relief inhaler, seperti albuterol, hal ini menandakan bahwa asma Anda tidak terkendali. Segera dapatkan saran dari dokter tentang penyesuaian rencana perawatan.

13. Pilih Olahraga yang Aman

Cara mencegah asma agar tidak kambuh ini penting bagi penderita asma yang ingin menjaga tubuhnya tetap bugar.

Aktivitas fisik penting untuk kesehatan secara keseluruhan, bahkan bagi penderita asma. Salah satu tujuan pengobatan asma adalah untuk membantu Anda mempertahankan gaya hidup normal dan sehat, yang meliputi olahraga dan aktivitas fisik lainnya.

Berenang adalah olahraga yang umumnya ditoleransi dengan baik oleh banyak penderita asma. Jenis olahraga ini juga merupakan kegiatan yang sangat baik untuk menjaga kebugaran fisik. Diskusikan dengan dokter untuk merancang rutinitas olahraga yang tepat dan aman.

Nah, itulah berbagai cara mencegah asma kambuh yang penting penderita asma ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Anonim. Asthma. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/asthma/symptoms-causes/syc-20369653. (Diakses pada 23 Juli 2021).
  2. Anonim. 2021. Tips for Asthma Prevention. https://www.webmd.com/asthma/guide/asthma-prevention. (Diakses pada 23 Juli 2021).
  3. Chung, Ong Kian. 2020. 7 Ways to Prevent Asthma Attacks. https://www.mountelizabeth.com.sg/healthplus/article/7-ways-to-prevent-asthma-attacks. (Diakses pada 23 Juli 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi