Terbit: 26 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Menikah tidak hanya perkara menyelenggarakan pesta dan melakukan akad dengan benar. Lebih dari itu ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh pasangan khususnya pria. Calon mempelai pria tidak hanya harus siap secara mental dan finansial saja, mereka juga harus siap secara fisik.

Pemeriksaan Fisik yang Harus Dilakukan Pria Sebelum Menikah

Agar fisik pria siap sebelum pernikahan tiba, mereka harus melakukan pengecekan kesehatan yang meliputi beberapa hal di bawah ini.

Cek kesuburan
Masalah kehamilan tidak hanya dialami oleh wanita saja. Pria juga menyumbang sekitar 30% sehingga kehamilan tidak bisa terjadi. Untuk menghindari hal ini, pemeriksaan kesuburan haru dilakukan untuk mengetahui kualitas dari sperma dan juga jumlahnya. Kalau sperma yang dihasilkan baik dan jumlahnya lebih dari 15 juta per militer mani, pria dinyatakan sehat alat reproduksinya.

Cek darah
Cek darah dilakukan untuk mengetahui golongan dan juga rhesus yang dimiliki. Kalau rhesus pada pria dan wanita berbeda, bayi yang nantinya dikandung akan mengalami gangguan perkembangan. Pemeriksaan rhesus ini juga dilakukan untuk mendeteksi risiko penyakit metabolik seperti diabetes.

Tes ada atau tidaknya penyakit menular seksual
Setelah menikah suami istri bisa berhubungan badan dan melakukan program memiliki momongan. Hubungan seks ini akan berisiko kalau pria alami infeksi penyakit menular seksual pada tubuhnya.

Virus atau bakteri yang ada pada tubuh akan menyebar ke wanita melalu vagina. Selai itu, penyakit ini juga mengganggu kehamilan sehingga anak yang lahir bisa mengalami cacat fisik.

Tes genetik
Pria akan membawa gen yang nanti diwariskan pada anaknya. Kalau bibit yang diturunkan ini justru banyak yang resesif, anak bisa mengalami banyak masalah pada kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang kerap diturunkan seperti jantung, diabetes, kanker, hingga down syndrome bisa diketahui dengan tes genetik terlebih dahulu.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi