Terbit: 5 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ada beragam jenis pembalut untuk wanita. Sekarang ini, muncul produk pembalut herbal. Apakah aman dan tak berbahaya bila digunakan?

Aman Atau Berbahayakah Pembalut Herbal untuk Wanita?

Pembalut Sintetis Berbahaya 

Pembalut dikatakan berbahaya untuk wanita kalau terbuat dari bahan yang tidak alami, seperti serat sintetis. Selain itu, pembalut juga harus bebas dari pemutih agar tidak membuat vagina jadi iritasi dan menyebabkan gangguan lain seperti keputihan hingga masalah kewanitaan lainnya.

Pembalut Herbal Menjaga Kesehatan Vagina

Untuk mengatasi permasalahan pembalut yang cukup pelik ini, beberapa produsen menawarkan pembalut dengan konsep herbal. Pembalut ini diyakini mampu menjaga kesehatan vagina, khususnya saat wanita menstruasi. Benarkah demikian?

Mengenal pembalut herbal
Pembalut herbal yang banyak beredar di pasaran rata-rata memberikan klaim beberapa hal di bawah ini.

  • Pembalut tidak menggunakan pemutih.
  • Pembalut bersih dari dioxin.
  • Pembalut terbuat dari bahan katun atau kapas.
  • Pembalut mampu membunuh bakteri dan memberikan aroma sedap.
  • Terakhir, pembalut memiliki aneka bahan alami yang mengatasi gatal, keputihan, dan gangguan kewanitaan lain.

Nah, dari klaim yang diberikan di atas, apakah pembalut herbal benar-benar bermanfaat untuk wanita? Tidak adakah risiko yang diterima oleh wanita kalau menggunakannya saat menstruasi?

Bahaya pembalut herbal
Risiko penggunaan pembalut herbal tetaplah ada.  Barangkali pembalut ini memuat area vagina jadi lebih harum dan tidak berbau busuk. Namun, bau yang terlalu harum ini justru tidak baik untuk kesehatan vagina. Bahan alami atau kimia yang keluar dari pewangi bisa membunuh bakteri yang ada di vagina.

Normalnya vagina memang mengandung bakteri baik atau flora normal yang melindungi vagina dari radikal bebas. Saat menggunakan pembalut herbal, parfum yang ada muncul dan menguar menyebabkan bakteri baik ini jadi mati. Dampaknya, radikal bebas bisa saja hadir dan menginfeksi.

Infeksi dari bakteri jahat ini akan menyebabkan keputihan tidak normal, gatal pada vagina, dan rasa sakit saat buang air kecil atau berhubungan badan.

Jadi, lebih baik gunakan pembalut biasa yang tidak mengandung bahan berbahaya ketimbang yang herbal tapi berbahaya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi