Terbit: 2 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat sedang puasa kita tidak akan makan selama lebih dari 13 jam setiap harinya. Selain makan kita juga tidak akan minum sehingga tubuh kerap mengalami gangguan berupa pusing, rasa lemas, dan daya tahan tubuh yang menurun.

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Sedang Puasa

Saat daya tahan tubuh menurun, kita jadi mudah sekali sakit khususnya terkena flu yang mudah sekali menular saat sedang puasa. Virus ini akan masuk dengan mudah dan akhirnya mengambil alih tubuh dengan sempurna.

Kalau daya tahan tubuh terus menurun, kita tidak akan bisa menjalani puasa dengan baik dan lancar. Bahkan ada kemungkinan puasanya jadi bolong.

Nah, agar daya tahan tubuh tetap baik dari awal hingga akhir, coba lakukan beberapa cara di bawah ini.

  1. Perhatikan jam tidur selama puasa

Meski sedang puasa, pastikan untuk tetap tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Kalau jam tidur sampai berkurang cukup drastis setiap harinya seperti 4-5 jam, tubuh jadi mudah sekali lemas dan lelah.

Pastikan setiap hari tidur selama 7-8 jam, kalau tidak bisa minimal tidurlah selama 6 jam saja. Kalau pagi hari sahur pada pukul 03.30, pastikan sebelum pukul 22.00 sudah tidur.

Nah, kalau Anda memiliki masalah dengan tidur setiap malam selama bulan puasa, coba hindari kopi, teh, atau minuman dengan kandungan kafeina lainnya. Jangan sesekali begadang karena pasti mengurangi jam tidur.

Saat siang hari coba curi waktu untuk tidur selama 15-30 menit saja. Manfaatkan waktu istirahat untuk tidur kilat jika Anda merasa belum memiliki jam tidur ideal.

  1. Asupan air putih tetap banyak

Saat sedang puasa kita memang tidak bisa minum air putih dalam jumlah banyak. Siang hari justru air tidak masuk sama sekali karena kita tidak boleh minum.

Kondisi kekurangan air ini bisa memicu kita mengalami dehidrasi yang cukup akut. Tubuh akan jadi lemah, bisa pingsan, dan daya tahan jadi menurun.

Kalau Anda tidak mau mengalami dehidrasi seperti ini, sebisa mungkin untuk tetap minum air sebanyak 8 gelas setiap harinya. Bagi air putih menjadi 3-4 gelas sahur dan sisanya untuk berbuka puasa dan sebelum tidur.

  1. Jangan lupakan olahraga

Puasa akan membuat tubuh kita jadi lemas selama berjam-jam. Kondisi ini sering sekali kita jadikan alasan untuk tidak bergerak dan cenderung malas-malasan karena takut puasanya batal.

Sebenarnya bermalas-malasan justru bisa membuat daya tahan tubuh jadi lemah. Anda bisa dengan mudah diserang penyakit karena aliran darah terganggu dan tubuh tidak aktif sama sekali.

Lakukan olahraga rutin setiap hari dengan durasi 15-30 menit saja. Anda tidak perlu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, yang penting teratur.

  1. Sebisa mungkin hindari stres

Sebisa mungkin hindari stres saat sedang puasa bagaimana pun caranya. Stres akan membuat tubuh jadi mudah sekali drop sehingga Anda akan mengalami banyak gangguan pada masalah kesehatan. Oleh karena itu, kelola stres dengan baik dengan olahraga dan istirahat dengan cukup.

  1. Penuhi asupan nutrisi dan mineral

Daya tahan tubuh tidak akan turun kalau Anda terus mendapatkan asupan makanan dengan gizi seimbang. Coba makanan dengan konsep 4 sehat 5 sempurna setiap sahur dan berbuka puasa.

Selanjutnya jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen vitamin C jika dibutuhkan. Dengan begitu daya tahan akan terus terjaga dengan baik setiap harinya.

Semoga ulasan tentang cara menjaga daya tahan tubuh di atas bisa membantu Anda dalam menjalankan puasa Ramadan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi