Terbit: 2 Juli 2021 | Diperbarui: 5 Juli 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Obat batuk alami dari bahan-bahan yang mudah Anda dapatkan membantu meredakan batuk kering dan berdahak dengan cepat. Namun, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencobanya. Selengkapnya simak berbagai obat batuk yang di bawah ini!

16 Obat Batuk Alami dan Ampuh yang Mudah Didapatkan di Dapur

Daftar Obat Batuk Alami

Sebenarnya batuk berfungsi untuk membersihkan iritasi dan infeksi dari tubuh, tetapi batuk yang terus-menerus bisa sangat mengganggu. Maka dari itu, perawatan terbaik untuk batuk tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Ada banyak kemungkinan penyebab batuk, termasuk alergi, infeksi, dan refluks asam.

Ada banyak pengobatan alami yang dapat membantu meredakan batuk. Namun, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu tentang dosis, efek samping, dan kondisi kesehatan Anda.

Berikut ini daftar obat batuk alami:

1. Jahe

Manfaat jahe dapat membantu meredakan batuk kering atau asma, karena memiliki sifat antiinflamasi. Khasiat jahe juga dapat meredakan mual dan nyeri.

Caranya cukup menyeduh 20-40 gram irisan jahe dengan secangkir air panas. Biarkan selama beberapa menit sebelum meminumnya. Kemudian tambahkan madu atau air lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih menenangkan batuk.

2. Teh Madu

Manfaat madu dapat meredakan batuk. Hal ini berdasarkan penelitian bahwa madu dapat memberikan bantuan paling signifikan terhadap batuk,yang  diikuti oleh dekstrometorfan (obat pereda batuk kering).

Menggunakan madu untuk mengobati batuk cukup mudah, campurkan 2 sendok teh dengan air hangat atau teh herbal. Minumlah ramuan ini sekali atau dua kali sehari. Sebaiknya jangan memberikan obat batuk alami ini kepada anak di bawah usia 1 tahun.

3. Probiotik

Meskipun probiotik (bakteri baik) tidak secara langsung meredakan batuk, tetapi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menyeimbangkan bakteri di usus. Sistem kekebalan yang baik dapat membantu melawan infeksi atau alergen yang mungkin menyebabkan batuk.

Salah satu jenis probiotik (Lactobacillus) memberikan manfaat sederhana dalam mencegah flu biasa. Cara paling alami untuk mendapatkan probiotik adalah melalui makanan fermentasi, termasuk sup kedelai, yogurt, kefir, kombucha, tempe, dan kimchi.

4. Uap

Batuk basah yang menghasilkan lendir atau dahak bisa segera membaik dengan uap. Mandi air hangat atau mandi dan membiarkan kamar mandi terisi uap. Tetap dalam uap selama beberapa menit sampai gejala mereda. Kemudian minum segelas air setelahnya untuk mendinginkan dan mencegah dehidrasi.

Sebagai alternatif lainnya, buatlah mangkuk uap. Caranya, isi mangkuk besar dengan air panas. Tambahkan herbal atau minyak esensial, seperti minyak kayu putih. Hadapkan wajah di atas mangkuk dan letakkan handuk di atas kepala. Ini untuk menjebak uap. Kemudian hirup uapnya selama 5 menit. Jika uap terasa panas di kulit, hentikan sampai kulit mendingin.

5. Perbanyak Minum Cairan

Tubuh tetap terhidrasi sangat penting bagi orang yang sedang batuk atau pilek. Penelitian menunjukkan bahwa minum cairan pada suhu kamar bisa meredakan batuk, pilek, dan bersin.

Namun, jika gejala pilek atau flu tambahan dapat meminum cairan hangat. Penelitian yang sama melaporkan bahwa minuman panas mampu mengurangi lebih banyak gejala, termasuk sakit tenggorokan, kedinginan, dan kelelahan.

Baca Juga: 6 Cara Memilih Obat Batuk Berdasarkan Jenis Batuknya

6. Berkumur Air Garam

Obat sederhana ini adalah salah satu yang paling efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk basah. Manfaat air garam dapat mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan yang mampu mengurangi gejala batuk.

Campurkanlah setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat dan aduk sampai larut. Biarkan larutan agak dingin sebelum Anda gunakan untuk berkumur. Biarkan larutan ini berada di belakang tenggorokan selama beberapa saat sebelum memuntahkannya. Cobalah berkumur air garam beberapa kali setiap hari sampai batuk membaik.

7. Peppermint

Daun peppermint menjadi salah satu obat batuk alami yang ampuh. Kandungan menthol dalam peppermint dapat menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan, yang membantu memecah lendir.

Anda dapat meminum teh peppermint atau menghirup uap peppermint dari mandi uap. Untuk mandi uap, tambahkan 3-4 tetes minyak peppermint ke dalam satu baskom air panas. Arahkan kepala pada baskom dan letakkan handuk di atas kepala, dan kemudian ambil napas dalam-dalam tepat di atas air hangat.

8. Akar Marshmallow

Akar marshmallow adalah ramuan yang sejak dahulu digunakan sebagai pengobatan untuk batuk dan sakit tenggorokan. Ramuan ini mampu meredakan iritasi akibat batuk karena kandungan lendirnya yang tinggi. Lendir merupakan zat kental dan lengket yang melapisi tenggorokan.

Sirup obat batuk herbal yang mengandung akar marshmallow, bersama dengan thyme dan ivy, secara efektif dapat meredakan batuk akibat pilek dan infeksi saluran pernapasan.

9. Thyme

Selain menjadi salah satu bahan kuliner, thyme juga sebagai bahan obat batuk alami untuk dewasa, sakit tenggorokan, bronkitis, dan masalah pencernaan.

Satu penelitian menemukan bahwa sirup obat batuk yang terdiri dari daun thyme dan ivy bisa meredakan batuk lebih efektif dan lebih cepat daripada sirup plasebo pada penderita bronkitis akut. Ini karena kandungan antioksidan dalam tanaman ini.

Baca Juga: 10 Obat Batuk Anak dan Cara Mengatasi Batuk Ampuh dan Aman

10. Bromelain

Bromelain adalah enzim yang berasal dari buah nanas. Senyawa ini paling banyak terkandung dalam inti buah. Enzim bromelain memiliki sifat antiinflamasi dan mungkin juga memiliki sifat mukolitik, yang berarti dapat memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh melalui batuk.

Cobalah minum jus nanas setiap hari untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan menekan batuk. Selain dalam nanas segar, suplemen bromelain tersedia dan mungkin lebih efektif untuk meredakan batuk. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen.

11. Bawang Putih

Meskipun belum ada penelitian tentang khasiatnya, sebagian orang percaya bahwa uap kuat yang keluar dari bawang saat diiris dapat membantu meredakan batuk. Sebelum tidur, potonglah bawang menjadi empat bagian dan taruh dalam piring di meja samping tempat tidur atau di bagian kaki tempat tidur.

12. Permen Pelega Tenggorokan

Permen ini dapat membantu merangsang air liur atau meningkatkan sekresi di mulut, yang dapat meredam batuk. Mengisap permen pereda tenggorokan bekerja sangat baik sebagai obat batuk alami untuk dewasa dan anak-anak, terutama batuk kering.

Meskipun belum ada banyak bukti ilmiah untuk mendukung tablet hisap herbal seperti yang mengandung zinc, vitamin C, dan echinacea, mungkin memiliki manfaatnya, bahkan jika itu hanya efek plasebo dan tidak berbahaya.

Baca Juga: 13 Penyebab Batuk Terus Menerus dan Cara Mengobatinya

13. Humidifier

Menjaga kelembapan udara dengan humidifier dalam ruangan dapat membantu mencegah batuk kering. Namun, sebaiknya berhati-hati dengan humidifier (pelembap udara). Tungau debu adalah alergen utama dan tumbuh paling baik saat kondisi terlalu lembap.

Jamur juga dapat tumbuh di dalam pelembap jika tidak menjaga kebersihannya dengan baik. Keduanya dapat memperburuk batuk, alih-alih membuatnya lebih baik.

14. Teh Herbal

Minum secangkir teh non-kafein hangat sebelum tidur adalah cara yang bagus pada malam hari agar tidur nyenyak meskipun sedang batuk. Cairan hangat dapat membantu membersihkan saluran pernapasan, yang membantu bernapas tanpa gangguan saat tidur.

Cobalah campurkan sedikit madu dan lemon ke dalam teh, rasanya yang enak dan akan memberikan manfaat tambahan untuk membersihkan lendir di tenggorokan.

15. Lemon

Mengisap lemon dapat membantu meredakan batuk yang bekerja dengan cepat. Lemon adalah salah satu obat batuk alami yang lebih umum digunakan. Minum air lemon dapat membantu mengurangi kemacetan di tenggorokan, karena lemon dapat membantu tubuh mencoba memecah lendir dan mengeluarkannya melalui batuk.

Peras seperempat lemon segar, campur dengan banyak lada hitam dan garam, dan kemudian minum untuk menghilangkan dahak dengan cepat.

16. Teh Lada Hitam

Manfaat lada hitam dapat merangsang sirkulasi dan aliran lendir. Khasiatnya akan lebih bagus apabila dibantu dengan campuran madu sebagai penekan batuk alami dan antibiotik ringan.

Untuk membuat teh lada hitam, campurkan 1 sendok lada hitam bubuk dan 2 sendok makan madu ke dalam cangkir. Seduh campuran tersebut dengan air panas dan biarkan selama 15 menit. Saring dan minum obat batuk alami yang ampuh ini sesuai kebutuhan.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Ashpari, Zohra dan Rachel N. 2020. The Best Natural Cough Remedies. https://www.healthline.com/health/allergies/best-natural-cough-remedies (Diakses pada 2 Juli 2021)
  2. Katie. Tanpa Tahun. Recipe for Homemade Cough Syrup and Sore Throat Soother. https://www.goodlifeeats.com/homemade-cough-syrup/ (Diakses pada 2 Juli 2021)
  3. Leonard, Jayne. 2020. What can I do to make my cough go away?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322394#twelve-natural-cough-remedies (Diakses pada 2 Juli 2021)
  4. Shea, Taylor. 2021. 10 Natural Cough Remedies that Are Worth Trying. https://www.thehealthy.com/cold-flu/natural-cough-remedies/ (Diakses pada 2 Juli 2021)
  5. Vann, Madeline R. 2020. 7 Home Remedies to Stop a Bad Cough. https://www.everydayhealth.com/cold-and-flu-pictures/home-remedies-for-cough-1028.aspx (Diakses pada 2 Juli 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi