Terbit: 28 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini kita hanya tahu kalau infeksi jamur atau ragi sering sekali dialami oleh wanita. Bentuk vulva yang terbuka memudahkan jamur masuk ke dalam dan melakukan infeksi. Kondisi yang sering disebabkan oleh Candida albicans ini juga menyerang pria dan menyebar di mulut, kulit, dan kemaluan.

Cara Menyembuhkan Infeksi Jamur pada Pria secara Alami

Infeksi jamur atau ragi yang terjadi pada pria cukup berbahaya karena bisa menimbulkan banyak sekali masalah. Meski demikian, penyembuhan bisa dilakukan dengan mudah asal belum sampai parah.

Kalau Anda merasa memiliki infeksi jamur pada tubuhnya pada kemaluan, coba segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Selanjutnya kalau Anda tidak mau terlalu banyak mengonsumsi obat kimia, bisa gunakan beberapa bahan di bawah ini.

Tanda infeksi jamur pada pria

Ada cukup banyak tanda infeksi jamur pada pria, secara umum pria yang lebih mudah terinfeksi jamur adalah mereka yang tidak sunat. Kotoran yang menumpuk di kulup atau foreskin menyebabkan bakteri mudah sekali tumbuh. Selanjutnya obesitas, diabetes, dan kebiasaan sanitasi yang buruk juga menyebabkan kondisi ini.

Pria yang mengalami infeksi jamur atau ragi biasanya memiliki beberapa tanda di bawah ini:

  • Perasaan terbakar saat sedang berkemih. Perasaan terbakar dan panas ini sering membuat pria jadi tidak nyaman sehingga kerap menahan kencing.
  • Saat berhubungan seks akan muncul perasaan tidak nyaman. Bahkan saat ereksi saja pria sudah merasakan sakit.
  • Ujung penis akan menjadi lebih sensitif dan sakit saat disentuh.
  • Aroma penis tidak sedap meski sudah dicuci dengan sabun berkali-kali. Kondisi ini bisa menurunkan kepercayaan diri pria saat bercinta.
  • Rasa gatal pada penis yang terjadi berkali-kali dan sering membuat pria tidak nyaman saat harus menggaruknya.
  • Inflamasi di sekitar kulup pada pria yang tidak sunat.
  • Pada pria yang tidak sunat akan muncul cairan berwarna putih kental di bawah kulit kulup. Kondisi ini bisa memicu balantis yang bisa memicu perdarahan yang cukup berbahaya.

Semua kondisi infeksi jamur pada pria disebabkan oleh apa yang dimakan oleh pria. Selain itu, aktivitas seks yang tidak aman juga memicu penularan penyakit yang cukup mengganggu ini.

Bahan alami untuk mengatasi infeksi jamur

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi infeksi jamur pada pria. Berikut beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk menghindari obat-obatan kimia.

  1. Yoghurt

Yoghurt mengandung banyak sekali bakteri baik yang bekerja melawan bakteri atau jamur yang mengganggu tubuh. Kalau pria memiliki infeksi di area penis bisa mengonsumsi yoghurt dengan memakannya atau dengan mengoleskannya langsung ke penis. Gunakan yoghurt tawar dan tidak memiliki penambah rasa dan pemanis.

  1. Bawang putih

Bawang putih bekerja sebagai pelawan bakteri yang cukup ampuh. Kalau Anda tidak tahan dengan bawang putih bisa diimbangi dengan herba seperti thyme untuk menurunkan efek samping. Zat antioksidan yang masuk ke tubuh akan membunuh bakteri dari dalam.

  1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh memiliki kandungan anti mikroba pada tubuh. Mengoleskan minyak ini secara rutin akan menurunkan infeksi dan perlahan-lahan kemaluan akan sehat kembali.

  1. Cuka apel

Cuka apel memiliki aroma agak menyengat meski lambat laun akan hilang dengan sendirinya. Campur cuka apel dengan air lalu olehkan atau basuhkan ke bagian yang terkena infeksi. Jangan menggunakan cuka apel tanpa campurkan karena bisa memberikan sensasi seperti terbakar.

Inilah cara menyembuhkan infeksi jamur pada pria yang sering terjadi di area penis. Semoga setelah ini kita bisa terhindar dari rasa gatal yang menyiksa di area penis dan selangkangan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi