Terbit: 4 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda sudah tahu apa bedanya mentega dan margarin? Kedua produk ini sering kita anggap sama saja hanya istilah yang membedakannya. Padahal ada banyak hal dasar yang membedakan margarin dan mentega, salah satunya adalah kandungan gizinya.

Mentega dan Margarin, Mana yang Lebih Bergizi?

Perbedaan antara mentega dan margarin adalah dari bahan baku pembuatannya. Mentega terbuat dari minyak hewani, sedangkan margarin terbuat dari minyak nabati.

Dari perbedaan bahan baku tersebut kita dapat melihat adanya perbedaan kandungan lemaknnya. Menurut Almatsier dalam buku Prinsip Dasar Ilmu Gizi, pangan hewani memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi. Hal ini akan menyebabkan kandungan kolesterol jahat (LDL) pada mentega menjadi lebih tinggi.

Sedangkan pangan nabati memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang tinggi. Hal ini akan menyebabkan kandungan kolesterol baik (HDL) pada margarin menjadi lebih tinggi. Jika dibandingkan dari segi kandungan lemak kolesterolnya, margarin lebih unggul dibandingkan dengan mentega.

Baik mentega ataupun margarin secara umum memiliki kandungan zat gizi makro dan mikro yang hampir sama. Namun ada beberapa jenis zat gizi yang unggul pada masing-masing produk. Berdasarkan Tabel Komposisi Pangan Indonesia yang dikeluarkan oleh Persagi, kandungan gizi yang ada pada mentega dan margarin adalah:

  • Kalsium
  • Baik mentega ataupun margarin sama-sama mengandung kalsium. Namun kandungan kalsium pada margarin lebih tinggi 5 mg daripada mentega. Pada 100 gram atau setara dengan 6-7 sendok makan margarin terdapat kandungan 20 mg kalsium.

  • Zat besi
  • Kandungan zat besi hanya ada pada mentega, pada 100 gram mentega yang setara dengan 6-7 senok makan, terdapat kandungan 1,1 mg zat besi.

  • Retinol
  • Retinol ada pada mentega dan margarin, namun kandungannya 400 mcg lebih tinggi pada mentega dibandingkan dengan margarin. Retinol penting untuk mendukung fungsi vitamin A pada tubuh.

Itu dia kandungan gizi yang ada pada mentega dan margarin. Keduanya sama-sama memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Jadi, anda pilih yang mana, mentega atau margarin?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi