Terbit: 5 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.com – Sebagian besar wanita kerap mengeluhkan sakit saat payudaranya disentuh. Padahal buah dada yang disentuh tidak mengalami memar, tergores, atau hal lain yang dapat memicu munculnya rasa sakit. Lantas, rasa sakit ini muncul dari mana? Apakah ini berbahaya untuk kesehatan?

Mengapa Payudara Kerap Sakit saat Disentuh?

Dalam istilah medis, sakit pada payudara saat disentuh dinamakan nastalgia. Terjadinya nastalgia ini bisa terjadi karna gangguan hormonal dan gangguan non hormonal. Nah, dua hal inilah yang menyebabkan sakit pada payudara dengan efeknya yang berbeda-beda.

Gangguan Hormonal
Gangguan hormonal muncul saat wanita mengalami menstruasi. Saat mengalami menstruasi atau beberapa orang mengalaminya beberapa hari sebelum menstruasi, dada akan mengalami pembengkakan. Pembengkakan ini terjadi di dua sisi dan akan terasa nyeri saat disentuh.

Gangguan secara hormonal ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Seiring dengan berjalannya waktu, rasa sakit akan hilang sendiri.

Gangguan non hormonal
Gangguan non hormonal terdiri dari beberapa hal, berikut selengkapnya:

1. Ukuran payudara yang terlalu besar
Kalau Anda memiliki ukuran payudara yang lebih besar dari ukuran wanita normal, ada kemungkinan nyeri kerap terjadi. Rasa tidak nyaman yang dialami oleh wanita ini terjadi akibat ligamen tertarik ke depan. Gangguan rasa sakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan menggunakan bra yang memiliki topangan.

2. Kehamilan
Saat wanita hamil, pada bulan-bulan awal payudaranya akan terasa cukup sakit. Rasa ini akan perlahan memudar seiring dengan membesarnya janin yang ada di dalam rahim.

3. Trauma di sekitar payudara
Trauma yang terjadi di sekitar payudara bisa terjadi karena Anda melakukan gerakan yang salah saat berolahraga atau pernah jatuh atau kecelakaan dan area dada membentur tanah.

4. Terlalu banyak merokok
Saat merokok, kadar epinefrin di dalam tubuh wanita akan meningkat. Dampaknya, bagian dada akan terasa nyeri saat disentuh.

Kalau nyeri di dada sangat kuat dan Anda tidak tahu penyebabnya, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui apakah ada benjolan yang merupakan tumor atau kanker di area payudara.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi