Terbit: 16 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sebagian besar wanita hanya tahu kalau menjadi ibu akan membuat mereka jadi bahagia dan kehidupannya sempurna. Selain kebahagiaan dalam keluarga, wanita tidak tahu kalau ternyata menjadi ibu juga memberikan banyak manfaat khususnya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jadi Ibu untuk Kesehatan Tubuh Wanita

Nah, kalau Anda termasuk wanita yang belum tahu apa manfaat lain dari menjadi ibu, coba simak ulasannya berikut ini.

1. Menurunkan risiko kanker payudara
Menyusui membuat risiko payudara pada wanita jadi rendah. Rendahnya risiko kanker payudara terjadi karena saat menyusui, sel susu akan terus aktif setiap hari. Karena keaktifan inilah sel kanker akan dibatasi untuk tumbuh.

Selain itu, salah satu komponen ASI adalah alpha-lactalbumin dan asam oleat (HAMLET). Dua komponen ini dapat bekerja sebagai pembunuh kanker. Saat menyusui, wanita akan jarang menstruasi. Selain itu, kadar estrogen yang memicu kanker payudara di dalam tubuh juga ikut menurun.

2. Risiko kanker ovarium menurun
Saat menyusui wanita akan jarang menstruasi. Hal ini terjadi karena produksi sel telur mengalami penundaan. Akibat penundaan ini, sel telur akan terus memperbarui dirinya dan kemungkinan terjadi cacat genetik dan menyebabkan kanker ovarium semakin kecil.

3. Menurunkan risiko kanker endometrium
Sel parakanker yang bisa berubah menjadi kanker endometrium banyak muncul pada dinding rahim wanita berusia 40 tahun ke atas. Kalau wanita hamil pada usia ini, risiko terkena kanker akan besar. Untuk itu, wanita disarankan untuk melahirkan pada usia 20-30 tahun agar risiko kanker ini semakin rendah.

Selain tiga hal di atas, saat menjadi ibu, kemampuan kognitif pada ibu juga akan naik. Selama hamil atau depresi pasca melahirkan, keadaan kognitif ibu menurun. Namun, setelah memiliki anak, kemampuannya akan kembali naik sehingga ibu bisa merawat anak dan melakukan aktivitas kehidupannya dengan lebih normal.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi