Terbit: 9 Oktober 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Merawat kulit yang kering dan dehidrasi tidak mudah. Kulit kering sendiri disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya seperti faktor lingkungan, terlalu sering mencuci muka, keturunan, iritasi, hingga kondisi medis seperti diabetes. Namun dengan perawatan yang tepat, kulitmu bisa menjadi sehat dan lembap kembali. Ketahui urutan skincare untuk kulit kering yang benar, siang dan malam hari dalam ulasan berikut.

Urutan Skincare untuk Kulit Kering yang Tepat

Urutan Skincare Siang untuk Kulit Kering

Sebelum keluar rumah untuk beraktivitas, manjakan dan rawat kulit kering dengan serangkaian produk untuk melindunginya dari paparan polusi, radikal bebas, dan sinar matahari. Urutan skincare yang benar di siang hari, berikut ini:

1. Mulai dengan membersihkan wajah

Langkah pertama merawat kulit di sebelum beraktivitas adalah dengan memberinya kesegaran. Bagi pemilik kulit kering, sabun wajah yang digunakan tidak boleh sembarangan. Terlalu banyak kandungan bahan kimia bisa semakin mengikis kelembapan alami kulit wajah.

Gunakan sabun wajah (face wash) atau pembersih (cleanser) yang terbuat dari bahan-bahan yang bisa menghidrasi kulit. Sebisa mungkin, pilih produk pembersih wajah berbahan alami atau yang tidak berbusa.

Baca Juga: 10 Facial Wash untuk Kulit Kering (Cara Memilih Produk Terbaik)

2. Hidrasi kulit dengan toner

Setelah kulit terasa bersih dan segar, lanjutkan dengan toner yang dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mengembalikan keseimbangan kulit wajah. Jika kulit masih terasa kering, kamu boleh mengaplikasikan toner beberapa kali. Pilih toner dengan kandungan bahan yang menenangkan seperti bamboo, chamomile, timun, dll.

3. Serum untuk menutrisi kulit

Serum adalah produk skincare dengan konsentrasi tinggi yang dapat menyelesaikan masalah tertentu pada kulitmu. Serum yang cocok untuk dipakai di siang hari adalah serum dengan kandungan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

4. Moisturizer ringan yang melembapkan kulit

Setelah serum meresap dengan sempurna ke permukaan kulitmu, aplikasikan moisturizer atau pelembap. Bagi kulit kering, ini adalah tahapan krusial yang tidak boleh dilewatkan. Agar nutrisi di dalam moisturizer bisa terserap dengan baik, jangan tunggu serum sampai kering.

Pilih produk moisturizer yang tidak mengandung iritan. Kandungan moisturizer yang disarankan untuk pemilik kulit kering antara lain adalah ceramides, hyaluronic acid, glycerin, dan vitamin B.

5. Lindungi kulit menggunakan sunscreen

Urutan terakhir skincare untuk kulit kering di siang hari adalah sunscreen. Seperti diketahui, produk ini melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan membuat kulit tetap sehat. Gunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30.

Selain itu, meskipun kamu sudah menggunakan sunscreen, sebisa mungkin hindari sinar matahari langsung dan jangan berlama-lama berada di bawah sinar matahari. Ulangi penggunaan sunscreen setiap 3 sampai 4 jam sekali.

Setelah selesai dengan perawatan kulit, kamu boleh melanjutkan nya dengan primer atau foundation untuk makeup yang lebih tebal.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kering dan Kusam

Urutan Skincare Malam untuk Kulit Kering

Setelah selesai beraktivitas seharian, bukan hanya tubuh saja yang merasa lelah. Kulitmu juga. Inilah saat yang tepat untuk memanjakan kulit, memberinya nutrisi dan memperbaiki semua kerusakan kulit akibat terpapar udara luar ruangan seharian. Kamu pemilik kulit kering bisa mengikuti urutan skincare berikut ini:

1. Hapus makeup dan kotoran

Membersihkan kulit dari kotoran dan riasan yang menempel sangat penting sebelum kamu memulai perawatan kulit di malam hari. Untuk kulit yang kering, gunakan pembersih berbahan minyak atau cleansing oil yang tidak hanya mengangkat kotoran, tetapi juga menjaga kulit tetap lembap setelah  dibersihkan.

Anda juga bisa pakai micellar water, pembersih make up tanpa bilas yang juga mengandung agen pelembap kulit. Manfaat micellar water untuk menghapus riasan, menghidrasi, sekaligus mencerahkan kulit wajah.

2. Bersihkan wajah dengan sabun

Tahapan selanjutnya adalah mencuci wajah dengan sabun. Kamu bisa menggunakan sabun yang sama seperti yang kamu gunakan di pagi hari.

3. Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati yang sebaiknya dilakukan selama 2 kali dalam seminggu. Gunakan scrub untuk melakukan eksfoliasi agar tekstur kulit tetap halus dan lembut. Jangan terlalu sering menggunakan face scrub karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit kering.

4. Toner untuk menghidrasi kulit

Baik setelah eksfoliasi atau mencuci muka, kembalikan kelembapan kulit dengan toner. Jika kulit terhidrasi dengan baik, maka kandungan dalam skincare juga lebih mudah terserap ke dalamnya. Hindari toner jenis astringent agar kelembapan kulit tidak semakin terkikis.

5. Aplikasikan serum

Jika serum yang kamu pakai di siang hari bertujuan untuk melindungi kulit, maka serum malam hari sebaiknya memberikan nutrisi yang lebih untuk kulit. Misalnya seperti serum dengan kandungan vitamin E dan hyaluronic acid yang membantu menyegarkan kulit dan membuatnya terasa lebih lembut.

Baca Juga: 7 Masker untuk Kulit Kering agar Wajah Bebas Kusam dan Tetap Lembap

6. Lapisi dengan krim malam atau sleeping mask

Sel-sel kulit kita beregenerasi di malam hari. Karena itu, pastikan kamu mengaplikasikan krim malam dengan kandungan kelembapan yang tinggi. Kamu bebas memilih jenis krim malam sesuai dengan masalah kulitmu. Misalnya krim malam yang mencegah penuaan dini, mencerahkan wajah, atau menghilangkan bintik hitam.

Itu dia urutan skincare pagi dan malam untuk kulit kering yang tepat. Dalam merawat kulit, dibutuhkan kesabaran sebelum kamu bisa merasakan hasilnya. Jangan terlalu sering berganti produk perawatan kulit, karena hal itu justru akan mendatangkan masalah kulit yang baru.

 

  1. Caroll, Julia. 2021. Best Skin Care Routine For Dry Skin – Daily Skin Care Routine To Follow At Home. https://www.stylecraze.com/articles/daily-routine-for-dry-skin/ (Diakses pada 07 Oktober 2021).
  2. Cobb, Cynthia. 2021. The Ultimate Skin Care Routine for Dry Skin. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care-routine-for-dry-skin#causes. (Diakses pada 07 Oktober 2021).
  3. Flinn, Allie dan Eden Stuart. 2021. The Ultimate Dermatologist-Recommended Dry Skin Routine. https://www.byrdie.com/dry-skincare-routine. (Diakses pada 07 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi