Terbit: 20 Oktober 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Kulit sensitif rentan mengalami gejala seperti gatal, kering, dan ruam bila terkena bahan iritan. Orang dengan kulit sensitif tidak boleh sembarangan memilih produk perawatan kulit karena akan memperburuk gejala. Nah, ketahui tips memilih skincare untuk kulit sensitif dalam pembahasan ini.

9 Tips Memilih Skincare yang Cocok untuk Kulit Sensitif

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang lebih rentan terhadap inflamasi, iritasi, atau reaksi alergi. Setiap penderitanya memiliki penyebab kulit sensitif yang berbeda, mungkin terjadi karena kulit bereaksi dengan suatu substansi atau kulit menjadi sensitif karena kondisi lain yang mendasarinya.

Gejala kulit sensitif adalah gatal-gatal, ruam, kulit kering, berkerak, bintik-bintik, rasa perih, hingga muncul sensasi kulit terbakar serta mengelupas. Penderita kulit sensitif harus memilih produk perawatan kulit dan kecantikan dengan hati-hati agar gejala tidak kambuh.

Simak beberapa tips memilih skincare untuk kulit sensitif berikut ini:

1. Lakukan Uji Tes Produk Terlebih Dulu

Penderita kulit sensitif sangat disarankan untuk melakukan tes alergi pada setiap produk perawatan kulit atau kosmetik yang baru ingin digunakan. Hal ini untuk menghindari kekambuhan gejala kulit sensitif bila kulit terpapar dengan bahan iritatif.

Cara melakukan tes produk kulit adalah dengan mengoleskan sedikit saja produk ke bagian kulit belakang telinga, punggung telapak tangan, atau bagian dalam siku. Tunggu 24 jam dan lihat apakah muncul tanda-tanda alergi atau tidak.

Bila iya, sebaiknya tidak melanjutkan pemakaian produk skin care atau kosmetik itu di kulit wajah. Bila tidak, silakan lakukan tes uji satu hari lagi untuk benar-benar memastikan produk tersebut aman untuk kulit sensitif Anda.

2. Teliti Membaca Komposisi Produk

Sebelum membeli produk skin care apapun, mohon baca dengan teliti komposisi dan kegunaan produk tersebut. Pastikan produk skin care Anda bebas bahan pewangi dan pengawet paraben—dua komposisi paling iritatif untuk kulit sensitif.

American Academy of Dermatology memberi rekomendasi sebaiknya penderita kulit sensitif menggunakan produk yang terdiri kurang dari 10 kandungan di dalamnya. Kandungan yang sederhana dinilai lebih ringan dan aman untuk kulit sensitif.

Sementara bila formula satu produk skin care terlalu banyak dan rumit, semakin besar kemungkinan memicu alergi atau iritasi pada kulit sensitif Anda.

3. Hati-Hati Memilih Produk dengan Label ‘Hypoallergenic’

Hypoallergenic atau Hipoalergenik adalah label yang menyatakan bahwa produk tersebut tidak memicu reaksi alergi dan iritasi. Produk hypoallergenic sebenarnya sangat disarankan bagi penderita kulit sensitif atau kulit kering.

Namun, sekarang ini banyak oknum yang sembarangan menempelkan label hypoallergenic pada produk skincare yang sebenarnya sama sekali tidak hypoallergenic. Terlebih lagi tidak ada aturan federal atau standar khusus yang menguji apakah produk itu 100% hypoallergenic.

Jadi, disarankan untuk teliti memilih produk hypoallergenic yang benar dan sebaiknya dilengkapi dengan label teruji secara dermatologi (dermatology tested) untuk memastikan keaslian dan efikasi produk skincare untuk kulit sensitif.

4. Gunakan Pelembap Setiap Hari

Pelembap dapat mengembalikan lagi hidrasi kulit dan bertindak sebagai penghalang kulit dari bahan iritan yang memicu gejala kulit sensitif. Gunakan pelembap berbasis krim untuk kulit sensitif.

Jenis pelembap yang aman untuk kulit sensitif adalah kandungan ceramide-3, squalane, azelaic acid, hydraulic acid, jojoba oil, shea butter, aloe vera, dan oatmeal.

5. Bersihkan Wajah dengan Produk yang Tepat

Pilih pembersih kulit wajah yang tidak mengandung sabun (busa), kandungan yang lembut dan ringan, serta dengan label khusus untuk kulit sensitif. Sabun berbusa dapat membersihkan kulit namun juga membuat kulit kering.

Jangan menggosok kulit wajah terlalu keras selama cuci muka karena akan menyapu bersih minyak alami di kulit serta memicu iritasi.

6. Hindari Skincare dengan Kandungan Ini

Inilah kandungan skincare yang tidak cocok untuk kulit sensitif dan sebaiknya dihindari:

  • Paraben
  • Sulfate 
  • Pewangi buatan
  • Pengawet buatan
  • Glycolic acid
  • Salicylic acid
  • Retinol
  • Alkohol
  • Avobenzone
  • Octinoxate
  • Oxybenzone
  • Benzoyl peroxide
  • Alpha Hydroxy Acids
  • Hydroquinone

Beberapa kandungan tersebut mungkin memiliki manfaat untuk kulit, namun tidak bisa digunakan pada kulit sensitif karena dapat memicu gejala hipersensitivitas. Jika ingin tetap menggunakan kandungan tersebut, alangkah baiknya harus dengan rekomendasi dari dokter kecantikan yang sudah tersertifikasi. Itulah tips memilih skincare untuk kulit sensitif yang harus diperhatikan.

7. Gunakan Sunscreen

Kulit Anda mungkin sensitif pada paparan sinar matahari jadi sangat membutuhkan sunscreen setiap hari. Pakai sunscreen dengan kandungan yang lebih aman seperti zinc oxide dan titanium dioxide, serta minimal SPF 30.

Sunscreen dengan kandungan oxybenzone, octyl crylene, dan octinoxate dinilai terlalu keras untuk kulit sensitif dan lebih rentan menyebabkan reaksi kulit yang tidak menyenangkan.

8. Tidak Perlu Menggunakan Banyak Produk

Tips memilih skincare untuk kulit sensitif selanjutnya adalah menggunakan produk sederhana atau basic saja, tidak perlu pakai terlalu banyak produk perawatan kulit. Skincare routine hanya membutuhkan gentle cleanser, pelembap, dan sunscreen.

Bila memiliki masalah kulit lain seperti jerawat atau komedo, sebaiknya konsultasi ke dokter kulit untuk rekomendasi produk terbaik.

9. Gunakan Produk Skincare dengan Kandungan Lembut

Jenis produk skincare untuk kulit sensitif terbaik, termasuk yang memiliki label:

  • Hypoallergenic.
  • Non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori).
  • pH seimbang.
  • Tidak mengandung sabun.
  • Kandungan ringan dan lembut.
  • Teruji secara dermatologi, khusus untuk kulit sensitif dan kulit kering.

Selain itu, para konsumen juga harus memilih produk skincare yang memiliki izin edar BPOM dan mengkroscek kembali nomor izin edar tersebut untuk memastikan keaslian dan keamanan produk.

Salah satu skincare yang cocok untuk kulit sensitif adalah Cetaphil, brand perawatan kulit yang telah dipercaya dan teruji secara dermatologi selama lebih dari 70 tahun. Efektif untuk membersihkan sekaligus melembapkan kulit sensitif, kulit kering, dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

tips memilih skincare untuk kulit sensitif doktersehat

Berikut ini rekomendasi produk Cetaphil terbaik untuk kulit sensitif:

  • Cetaphil Gentle Skin Cleanser: Pembersih untuk kulit wajah dan tubuh yang sudah teruji klinis hypoallergenic dan bekerja dalam 2 aksi (membersihkan dan melembapkan kulit).
  • Cetaphil Brightness Refresh Toner: Dengan formula Gentle Bright Technology mengandung sea daffodil dan niacinamide untuk mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam, tidak merusak lapisan kulit, serta teruji aman dan efektif untuk kulit sensitif.
  • Cetaphil Ultra Gentle Body Wash: Pembersih kulit tubuh tanpa sabun, pewangi, atau pengawet. Memberikan kelembapan dan proteksi untuk kulit sensitif.
  • Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28: Menjaga kulit sensitif dari bahaya paparan sinar UVA, sekaligus melembapkan, mencegah penuaan dini, dan menutrisi kulit.
  • Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo: Produk pembersih 2 in 1 untuk si Kecil, sekaligus membuat kulit dan rambut lembap, bersih, dan ternutrisi. Tidak pedih di mata dan cocok untuk kulit bayi yang sensitif.

Produk skincare Cetaphil mengandung formula yang lembut dan efektif untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Telah teruji secara dermatologi dan memiliki izin BPOM. Beli produk Cetaphil di apotek online Farmaku.com dan nikmati diskon setiap hari.

Itulah beberapa tips memilih skincare untuk kulit sensitif. Gunakan produk yang sudah terpercaya dan teruji klinis secara dermatologi untuk merawat kulit sensitif atau kulit kering. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Bernstein, Susan. 2018. Sensitive Skin Care: Do I Really Need Different Products?. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/features/sensitive-skin-products.
  2. Loux, Renee. 2013. 8 Tips for Sensitive Skin. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19909574/best-moisturizer-for-sensitive-skin/. (Diakses pada 19 Oktober 2021).
  3. Rodriguez, Diana. 2010. Choosing the Right Products for Sensitive Skin. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/skin-care-101/tips/shop-for-sensitive-skin.aspx. (Diakses pada 19 Oktober 2021).
  4. Stalder, Erika. 2019. 9 Ingredients to Avoid If You Have Sensitive Skin. https://www.glamour.com/story/skin-care-for-sensitive-skin. (Diakses pada 19 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi