Terbit: 12 April 2018 | Diperbarui: 19 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Masyarakat Indonesia memilki cara tersendiri dalam merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Salah satunya adalah dengan menggunakan bengkoang. Bengkoang sendiri sudah sejak lama digunakan sebagai bahan masker yang dapat mencerahkan kulit. Namun, siapa yang menyangka jika bengkoang juga dapat dimanfaatkan untuk:

Tak Hanya Mencerahkan Kulit, Bengkoang Juga Memiliki Beragam Manfaat Lain!

Photo Credit: Flickr.Com/ Kylle Aquino

1. Mencegah Penuaan Dini

Terlalu sering beraktivitas di luar ruangan akan menjadikan kulit lebih mudah mengalami penuaan dini. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan bengkoang untuk mengatasinya. Dilansir dari laman Say Relax, bengkoang mengandung vitamin C yang menjaga kesehatan kulit, terutama dari radikal bebas.

2. Menjadikan Kulit Tampak Lebih Sehat

Kandungan air pada bengkoang juga dapat menjadikan kulit terasa lebih lembap. Kondisi yang demikian tentu saja akan menghindarkan kulit dari sejumlah masalah kesehatan. Bahkan, tidak jarang pula jika kulit akan tampak lebih sehat dan segar.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Tidak hanya ampuh dalam menerahkan dan memudarkan bekas jerawat pada kulit, menggunakan masker bengkoang secara rutin ternyata juga dapat menghilangkan jerawat. Bahkan, hal ini sudah dilakukan sejak zaman kerajaan dan terbukti ampuh jika masker bengkoang menjadikan kulit bebas dari jerawat dan komedo. Hal ini lantaran bengkoang mengandung bahan anti peradangan.

4. Menyegarkan Kulit

Kulit yang kehilangan kelembapannya akan lebih mudah mengalami sejumlah masalah. Mulai dari kulit kering hingga breakout. Tidak hanya itu, kulit juga akan terasa lebih kasar dan berat. Namun, masker bengkoang justru dapat mengembalikan kesegaran kulit dalam waktu singkat. Hal ini sebenarnya disebabkan oleh kandungan air yang cukup banyak pada buah bengkoang.

Menggunakan bengkoang ternyata tidak hanya dapat mencerahkan kulit saja. Namun, Anda juga mendapatkan manfaat lain yang dapat merawat dan melindungi kesehatan kulit. Anda dapat menggunakan buah bengkoang langsung atau produk-produk yang mengandung ekstrak bengkoang.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi