Terbit: 1 Juni 2018 | Diperbarui: 27 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Mungkin banyak dari Anda yang sudah tidak asing dengan minyak jojoba. Biasanya, minyak jojoba digunakan pada produk khusus anak bati. Kendati demikian, minyak yang sangat lembut dan tidak menimbulkan iritasi ini ternyata juga dapat digunakan untuk membantu mendapatkan rambut yang sehat.

Manfaat Minyak Jojoba untuk Perawatan Rambut

Sebagai tambahan informasi, minyak jojoba sendiri tidak hanya dilengkapi dengan kandungan moisturizer saja, tetapi juga beragam pilihan vitamin dan mineral yang akan merawat rambut secara optimal. Berikut sejumlah manfaat dari minyak jojoba untuk perawatan rambut secara alami.

1. Mencegah Rambut Patah

Dilansir dari laman Healthline, salah satu kegunaan dari minyak jojoba adalah mencegah dan mengatasi masalah rambut patah. Apalagi rambut patah merupakan salah satu kondisi batang rambut yang kekurangan nutrisi atau bahkan mengalami kekeringan. Mengaplikasikan minyak jojoba yang sudah dihangatkan terlebih dahulu pada batang rambut dapat mengembalikan kelembapan sekaligus memperkuat batang rambut Anda.

2. Mengatasi Kulit Kepala Kering

Kulit kepala yang kering kerap kali menjadi salah satu penyebab sejumlah masala pada rambut. Sebut saja seperti kulit kepala yang gatal, ketombe hingga psoriasis yang sangat membuat Anda merasa terganggu. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengaplikasikan minyak jojoba yang mengandung vitamin E di dalamnya. Tidak hanya mengembalikan kelembapan dan keseimbangan pH kulit kepala, minyak jojoba juga dilengkapi dengan vitamin C yang menjaga sel kulit kepala semakin kuat.

3. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Anda yang memiliki masalah dengan rambut tipis dapat menjatuhkan pilihan pada minyak jojoba. Minyak yang dihasilkan dari prses ekstraksi biji jojoba ini mengandung bahan aktif yang ampuh mempercepat proses regenerasi folikel rambut. Tidak heran jika penggunaan minyak jojoba secara rutin menjadikan rambut tampak lebih tebal dan kuat.

Siapa yang akan menyangka jika minyak satu ini rupanya dapat digunakan untuk merawat rambut. Selain mudah untuk didapatkan, minyak jojoba juga aman digunakan untuk jenis kulit sensitif sekali pun.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi