Terbit: 31 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Berbeda dengan jenis minyak nabati lainnya, minyak jojoba mengandung sesuatu yang mirip sebum dan identik dengan zat yang diproduksi oleh kelenjar kulit. Sehingga, zat yang terkandung dalam jojoba, mudah beradaptasi melembapkan kulit secara alami. Dilansir dari Natural Living Ideas, berikut manfaat minyak jojoba untuk kulit yang menarik untuk diketahui.

Minyak Jojoba, Alternatif Perawatan Kulit yang Patut Dicoba

1. Minyak Jojoba Mengontrol Kulit Berminyak

Minyak pada kulit, terjadi karena kelenjar sebaceous terlalu aktif berproduksi. Kulit berminyak terkenal sebagai penyebab dari banyaknya masalah kulit. Kandungan minyak berlebih memungkinkan debu serta bakteri menempel, hingga menyebabkan jerawat, dermatitis dan masalah kulit lain.

Untuk mengatasi dan mengontrol kulit berminyak, aplikasikan langsung minyak jojoba pada kulit wajah. Berbeda dengan minyak alami lain, minyak jojoba justru tidak meninggalkan efek minyak berlebih pada wajah. Minyak jojoba justru membantu mengurangi kandungan minyak pada wajah dengan memodulasi produksi sebum.

2. Minyak Jojoba Membantu Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Minyak jojoba berfungsi sama seperti lip balm dengan dasar petroleum jelly. Kandungan pada minyak jojoba dapat mengunci kelembapan alami bibir dan menjaga bibir tetap lembut. Anda bahkan bisa membuat lip balm sendiri dari minyak jojoba yang dicampur dengan lilin dari lebah murni. Aplikasikan pada bibir setiap membutuhkan agar kulit bibir senantiasa terhindar dari pecah-pecah.

3. Mengurangi Efek Terbakar Sinar Matahari

Krim tabir surya menjadi andalan untuk melindungi kulit dari cahaya matahari. Namun, manfaat minyak jojoba lainnya untuk kulit adalah bisa bantu mengurangi efek kemerahan pada kulit akibat matahari.

Peradangan pada kulit akibat sengatan mataharu, dapat dikurangi dengan mengoleskan minyak jojoba ke area yang terkena masalah. Vitamin E dan vitamin B kompleks dalam minyak Jojoba membantu mengendalikan kerusakan dan memperbaiki kulit yang terluka. Ketika kulit diolesi minyak jojoba, regenerasi dan penormalan kulit pun terjadi.

Sifat minyak jojoba, pada dasarnya adalah mellindungi kulit dari kering dan masalah yang timbul setelahnya. Ia bisa diandalkan untuk beberapa masalah seperti kontrol jerawat, kontrol minyak berlebih. Gunakan minyak jojoba ini sebagai pelembap alami.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi