Terbit: 23 May 2018 | Diperbarui: 9 May 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Merawat kulit merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Tidak hanya untuk menunjang penampilan saja, kulit yang sehat dan terawat juga menandakan jika kondisi kulit Anda cukup sehat. Maka dari itu, jangan sampai melewatkan sejumlah rutinitas untuk menjaga kesehatan kulit.

Ragam Masker Rumahan untuk Kulit Kombinasi

Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan masker secara rutin, setiap dua hingga tiga kali dalam seminggu. Masker wajah tidak hanya menutrisi kulit secara optimal, tetapi juga memberikan manfaat lain, seperti melembapkan, mengangkat kotoran hingga menyerap kelebihan minyak.

Sayangnya, hal tersebut kerap membuat pemilik kulit kombinasi kebingungan mencari masker wajah yang tepat. Kendati demikian, hal tersebut jangan sampai menjadi penghalang untuk merawat kesehatan kulit. Anda dapat menjajal sejumlah masker rumahan yang terbuat dari bahan alami dan mudah untuk didapatkan. Agar tidak salah dalam memilih bahan, tidak ada salahnya untuk memperhatikan sejumlah hal berikut:

1. Gunakan Buah-Buahan

Dilansir dari laman Livestrong, salah satu bahan yang harus Anda jajal untuk mengatasi masalah kulit kombinasi adalah buah. Buah merupakan salah satu bahan yang mengandung enzim yang dapat berfungsi sebagai eksfolian. Kendati dapat meluruhkan sel kulit mati dan kotoran, enzim pada buah-buahan tidak akan menyebabkan kulit mengalami iritasi. Anda dapat menggunakan buah seperti nanas, pepaya atau pun stroberi.

2. Campurkan dengan Minyak Esensial

Bahan lain yang dapat digunakan sebagai bahan pembuat masker adalah minyak esensial. Mengatasi masalah minyak berlebih pada daerah T-zone alias dahi dan hidung dapat diatasi dengan sejumlah minyak esensial. Misalnya saja seperti minyak zaitun, minyak lemon atau minyak avokad yang ampuh menyerap kelebihan minyak sekaligus menjaga kelembapan kulit. Penggunaan minyak esensial sebagai bahan masker juga membantu kulit mendapat nutrisi yang cukup.

3. Madu

Tentu banyak dari Anda yang sudah tidak asing dengan bahan satu ini, kan? Madu merupakan salah satu bahan alami yang mengandung beragam bahan aktif yang dapat menutrisi sekaligus memberikan kebaikan bagi kulit. Tidak hanya melembapkan, penggunaan madu juga dapat mencegah kulit terkena infeksi karena adanya zat antiseptik di dalamnya.

Nah, ternyata sejumlah jenis bahan alami di atas dapat menjadi referensi Anda dalam membuat masker wajah yang cocok untuk jenis kulit kombinasi. Agar hasilnya lebih maksimal, aplikasikan masker secara rutin dan teratur. Anda juga dapat mengombinasikan sejumlah bahan-bahan tersebut menjadi satu untuk mendapatkan khasiat yang lebih banyak.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi