Terbit: 25 Mei 2018 | Diperbarui: 9 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Susu merupakan salah satu bahan alami yang terkenal dengan kandungan proteinnya. Apalagi protein merupakan salah satu bahan aktif yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Kendati demikian, rupanya manfaat dari penggunaan susu ini tidak hanya bisa didapat dari susu sapi saja. Belakangan banyak orang yang mencoba susu kambing. Nah, apakah susu kambing mampu merawat kesehatan kulit layaknya susu sapi?

Benarkah Susu Kambing Mampu Menjaga Kesehatan Kulit?

1. Eksfolian Alami

Dilansir dari laman Rose of Sharon Acres, susu kambing mengandung AHA atau alpha hydroxy acid. AHA sendiri merupakan salah satu kandungan yang ampuh dalam mengeksfoliasi kulit mati dan kotoran yang menempel pada kulit dan pori-pori. Selain itu, kandungan AHA pada susu kambing juga menstimulasi proses regenerasi dan rejuvenasi sel kulit. Tidak heran jika kulit akan tampak lebih bersih.

2. Memperbaiki Jaringan Kulit

Kandungan lain yang ada di dalam susu kambing adalah vitamin A dan vitamin E. Kedua jenis vitamin ini merupakan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit. Vitamin A sendiri berfungsi untuk menstimulasi kolagen serta memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Tidak heran jika kulit akan memiliki tekstur yang rata. Sedangkan kandungan vitamin E menjaga kulit tetap terjaga kelembapannya.

3. Mencegah Penuaan

Anda juga dapat memanfaatkan susu kambing untuk mencegah masalah penuaan. Apalagi susu kambing mengandung vitamin B6 dan B12 yang dapat memperbaiki kerusakan jaringan tisu. Tidak hanya itu saja, kedua jenis vitamin B tersebut juga mampu memudarkan garis halus penyebab kerutan.

4. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Selain bahan-bahan di atas, susu kambing juga dilengkapi dengan salah satu minera. Ialah selenium yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Selenium merupakan mineral yang berperan sebagai sun protector tidak heran jika kulit tidak akan mengalami pigmentasi secara berlebihan.

Susu kambing sendiri dapat digunakan secara langsung. Apalagi saat ini sudah banyak produk perawatan kulit yang menggunakan susu kambing sebagai bahan utamanya sehingga lebih memudahkan Anda dalam menggunakan bahan satu ini. Agar hasilnya terlihat optimal, jangan malas untuk menggunakannya secara rutin.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi