Terbit: 10 Februari 2022 | Diperbarui: 16 Maret 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Sabun susu kambing diklaim dapat mencerahkan dan melembutkan kulit. Artikel berikut ini akan membahas tentang manfaat sabun susu kambing, serta efek samping sabun susu kambing. Yuk, simak bersama!

6 Manfaat Sabun Susu Kambing dan Efek Sampingnya!

Mengenal Apa Itu Sabun Susu Kambing

Sebagaimana namanya, sabun susu kambing merupakan produk sabun yang terbuat dari susu kambing murni dan umumnya dikombinasikan dengan berbagai senyawa seperti alpha hydroxy acid (AHA), natrium hidroksida, dan lemak alami.

Sabun susu kambing umumnya diformulasikan secara khusus agar tidak mengandung pewangi maupun pewarna. Kendati demikian, ada pula beberapa brand tertentu yang menggunakan tambahan pewangi maupun pewarna tertentu. Oleh sebab itu, penting untuk mengecek komposisi sabun sebelum menggunakannya.

Bahan susu kambing sendiri dipilih sebagai salah satu bahan baku populer untuk produk perawatan kulit lantaran dinilai memiliki pH netral yang alami, mengandung asam laktat, serta kandungan lemak yang tinggi.

Manfaat Sabun Susu Kambing bagi Kecantikan Kulit

Sejak jaman dahulu, susu telah dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Hingga kini, susu menjadi bahan baku yang banyak digunakan untuk pembuatan produk perawatan kulit. Salah satunya ialah sabun susu kambing untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Berikut ini merupakan manfaat sabun susu kambing:

1. Membersihkan kulit dengan lembut

Pada umumnya, sabun yang kita gunakan mengandung senyawa kimia yang dapat menghilangkan kelembapan dan minyak alami kulit. Hal inilah yang mengakibatkan kulit menjadi terasa kering dan kencang setelah penggunaan sabun.

Sabun susu kambing mengandung lemak dalam jumlah tinggi, termasuk asam kaprilat yang bermanfaat untuk menghilangkan setiap kotoran yang menempel pada kulit dengan lembut tanpa menghilangkan kelembapan dan minyak alami kulit.

2. Menutrisi kulit

Kedua, manfaat sabun susu kambing adalah menutrisi kulit. Susu kambing kaya akan asam lemak dan kolesterol, yakni dua komponen besar yang menyusun membran kulit. Kurangnya asam lemak dan kolesterol pada kulit dapat menyebabkan kondisi kulit kering dan iritasi.

Tak hanya itu, susu juga mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, serta selenium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan membran kulit dan memperbaiki gejala psoriasis atau peradangan pada kulit.

Baca Juga: 9 Penyebab Kulit Kering yang Harus Diwaspadai

3. Mengembalikan kelembapan kulit

Xerosis Cutis merupakan istilah medis yang merujuk pada kondisi kulit kering yang banyak dialami oleh orang lanjut usia, meskipun pada beberapa kasus tak sedikit orang muda juga mengalami kondisi tersebut.

Xerosis Cutis dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti penuaan kulit, mandi terlalu lama atau terlalu sering, dehidrasi, dan lain-lain. Namun faktor yang paling umum ialah rendahnya kadar air pada kulit. Selain xerosis cutis, rendahnya kadar air pada kulit juga dapat menyebabkan psoriasis atau eksim.

Sabun susu kambing kaya akan kolesterol dan asam lemak yang dapat menggantikan kadar lemak yang hilang sekaligus memberikan hidrasi yang cukup bagi kulit untuk memulihkan lapisan lipid pada kulit.

4. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat sabun susu kambing lainnya adalah mengangkat sel kulit mati untuk menghasilkan tampilan kulit yang jauh lebih muda dan segar. Susu kambing kaya akan asam laktat, yakni alpha hydroxy acid (AHA) alami yang berfungsi untuk memulihkan kondisi kulit dari bekas luka, bintik-bintik penuaan, hingga hiperpigmentasi.

Tak hanya itu, asam laktat juga telah terbukti mampu menghilangkan lapisan sel kulit mati dengan lembut dan sangat cocok digunakan oleh orang-orang dengan kulit sensitif.

5. Mendukung mikrobioma kulit yang sehat

Sabun susu kambing juga bermanfaat untuk mendukung mikrobioma kulit yang sehat lantaran sifatnya yang mampu menghilangkan berbagai kotoran dengan lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami maupun bakteri sehat pada kulit. Dengan mikrobioma kulit yang terjaga, maka kulit akan terhindar dari berbagai risiko gangguan pada kulit seperti jerawat dan eksim.

Selain itu, susu kambing juga mengandung probiotik seperti Lactobacillus yang dapat memproduksi asam laktat untuk mencegah peradangan (antiinflamasi) pada kulit.

6. Mencegah jerawat

Susu kambing sebagai komponen utama sabun susu kambing mengandung asam laktat yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dengan lembut tanpa mengurangi kelembapan kulit.

Pengangkatan sel kulit mati ini juga sekaligus berfungsi untuk mencegah pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kulit, seperti jerawat.

Baca Juga: 10 Cara Cuci Muka yang Benar dan Tips Memilih Sabun yang Tepat

Efek Samping Sabun Susu Kambing yang Mungkin Terjadi

Dibalik berbagai manfaat sabun susu kambing, rupanya penggunaan sabun susu kambing juga dapat menimbulkan efek samping, diantaranya:

  • Reaksi alergi

Pada beberapa kasus, penggunaan sabun susu kambing dapat menyebabkan timbulnya reaksi alergi. Biasanya hal ini terjadi pada orang-orang yang memiliki alergi terhadap susu, khususnya susu sapi.

Untuk mengatasi efek samping sabun susu kambing, pastikan bahwa kalian tidak memiliki alergi terhadap produk dan olahan susu sebelum menggunakan produk yang mengandung susu kambing.

  • Memperparah psoriasis

Psoriasis atau peradangan pada kulit memang dapat diatasi dengan cara memulihkan dan memelihara kelembapan kulit, salah satunya dengan menggunakan produk perawatan yang kaya akan lemak seperti susu kambing.

Namun beberapa produk sabun susu kambing menggunakan pewangi dan pewarna buatan yang dapat memperparah peradangan kulit. Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih produk sabun susu kambing yang bebas dari pewangi dan pewarna buatan.

  • Menyebabkan jerawat pada kulit

Terakhir, efek samping sabun susu kambing yang perlu diwaspadai adalah jerawat pada kulit. Kondisi ini umumnya terjadi pada orang-orang dengan kulit berminyak yang menggunakan sabun susu kambing.

Pasalnya, sabun susu kambing kaya akan lemak sehingga dapat memicu kelebihan sekresi minyak yang mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat dan timbulnya jerawat.

Susu kambing ternyata punya banyak manfaat dan khasiat untuk kulit, lho! Rawat kulit dengan susu kambing secara rutin agar tetap sehat dan cerah ya! Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Andersen, Charlotte Hilton. 2021. Is Goat Milk Soap Good for Your Skin? https://www.thehealthy.com/skin-health/goat-milk-soap-benefits/. (Diakses tanggal 7 Februari 2022).
  2. Davidson, Katey. 2020. 6 Surprising Benefits of Goat Milk Soap. https://www.healthline.com/nutrition/goat-milk-soap-benefits. (Diakses tanggal 7 Februari 2022).
  3. Frysh, Paul. 2020. Can Goat’s Milk Help With Your Psoriasis? https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/goats-milk-psoriasis. (Diakses tanggal 7 Februari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi