Terbit: 22 September 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Minyak zaitun memiliki sejumlah manfaat untuk payudara, mulai dari melembapkan hingga mencegah kanker. Khasiat ini berkat kandungan nutrisi di dalamnya yang bagus untuk kesehatan. Yuk, simak penjelasan selengkapnya tentang kandungan nutrisi dan khasiatnya bagi payudara di bawah ini!

6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Payudara, Bisa Memperbesar?

Kandungan Nutrisi Minyak Zaitun

Satu sendok makan minyak zaitun  atau sekitar 14 gram mengandung beberapa nutrisi yang bagus untuk kesehatan, berikut di antaranya:

  • Kalori: 119
  • Lemak: 14 gram
  • Natrium: 0,3 miligram (mg)
  • Vitamin E: 1.9 mg
  • Vitamin K: 8.1 mikrogram (mcg)
  • Kalium: 0.1 mg

Manfaat Minyak Zaitun untuk Payudara

Meskipun tidak ada bukti ilmiah bahwa minyak zaitun secara langsung akan meningkatkan kesehatan payudara. Namun, minyak ini mungkin memiliki beberapa manfaat secara tidak langsung.

Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk payudara:

1. Mencegah Penuaan Dini

Tingginya kandungan vitamin E dan K yang dikenal sebagai antioksidan dalam minyak zaitun dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Ini yang menyebabkan kerusakan sel pada kulit dan bagian tubuh lainnya.

Ketika mengoleskannya ke kulit payudara, antioksidan dalam minyak zaitun membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti payudara kendur, kerutan, dan bintik-bintik penuaan. Memijat payudara dengan minyak ini menghasilkan hormon antipenuaan, termasuk prolaktin dan estrogen.

2. Mengencangkan Payudara

Manfaat minyak zaitun untuk payudara dan wajah karena kandungan di dalamnya, seperti polifenol dan antioksidan. Berkat kandungan ini, minyak zaitun secara teori bisa membantu mengurangi kekenduran, dan beberapa bukti mengklaim bahwa minyak ini mungkin bagus untuk kulit wajah.

Namun, kulit payudara jauh lebih tebal, sehingga produk topikal lebih sulit untuk diserap. Payudara juga cenderung lebih melorot sebagai respons dari gravitasi daripada efek penuaan pada kulit. Meski begitu, manfaat ini belum didukung oleh penelitian ilmiah.

3. Merangsang Produksi ASI

Memijat payudara dengan minyak zaitun dapat membantu merangsang produksi ASI saat ibu sedang menyusui. Bunda bisa melakukan pijatan dengan gerakan memutar sebanyak 10 kali.

Selain itu, mengoleskan minyak zaitun pada payudara bisa membantu melembutkan dan menghilangkan milk blister atau lepuh susu pada area puting. Kondisi ini ditandai dengan area puting berisi cairan berwarna putih kekuningan, yang terasa menyakitkan saat menyusui.

4. Melembapkan Kulit Payudara

Mengoleskan minyak zaitun pada kulit secara teratur dapat membantu kulit tetap lembap dan terhidrasi. Ini berkat kandungan sifat di dalamnya yang meningkatkan kelembapan di kulit.

Selain untuk kulit wajah, minyak zaitun juga dapat melembapkan kulit payudara dan menjaganya tetap terhidrasi. Oleh sebab itu, minyak ini cocok untuk wanita dengan kulit payudara yang kering.

5. Mencerahkan Kulit Payudara

Minyak zaitun mengandung banyak vitamin, antioksidan, mineral, dan lemak sehat yang bagus untuk menyehatkan dan mencerahkan kulit wajah.

Tidak hanya untuk kulit wajah, minyak zaitun juga bisa membantu mencerahkan, memutihkan, dan meningkatkan tekstur kulit di sekitar area payudara.

Selain untuk payudara, minyak zaitun juga untuk bokong yang menghitam. Caranya cama saja,  mengoleskan dan memijatkan minyak ini pada bokong bisa membantu mencerahkan. Untuk mendapatkan manfaat manfaat minyak zaitun untuk payudara dan bokong secara maksimal, oleskan secara rutin.

6. Mencegah Kanker

Sifat antikanker seperti antioksidan dalam minyak zaitun bisa membantu mengurangi kerusakan oksidatif pada radikal bebas, yang diyakini sebagai penyebab utama kanker.

Sementara polifenol dalam minyak zaitun adalah zat dari nabati yang bisa membantu mengurangi peradangan. Ketika mengoleskannya pada kulit, minyak zaitun juga melindungi kulit dari jerawat dan paparan sinar matahari.

Baca Juga: 18 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Apakah Minyak Zaitun Bisa Memperbesar Payudara?

Manfaat minyak zaitun untuk payudara sangat bagus karena kandungan di dalamnya. Klaim mengenai khasiat minyak ini dalam memperbesar payudara mungkin terkait dengan beberapa karakteristik alaminya.

Minyak zaitun kaya akan polifenol, merupakan zat nabati yang membantu mengurangi peradangan. Ketika mengoleskannya ke kulit, polifenol mampu menghambat penuaan dini, kerusakan akibat sinar matahari, dan kondisi kulit tertentu seperti jerawat.

Minyak zaitun juga mengandung banyak antioksidan, terutama vitamin E. Antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Ketika menerapkannya ke kulit, antioksidan membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, kendur, dan bintik-bintik penuaan.

Berdasarkan manfaat dari kandungan polifenol dan antioksidan, minyak zaitun secara teori dapat membantu mengurangi kekenduran. Sementara sebagian orang mengklaim bahwa khasiat ini mungkin juga sama bagusnya untuk kulit wajah.

Sebagian orang juga mengklaim bahwa mengoleskan dan memijatkan minyak zaitun pada payudara dapat memperbesar ukurannya.

Namun, kulit payudara yang jauh lebih tebal sehingga minyak zaitun lebih sulit untuk diserap. Payudara juga cenderung lebih melorot karena gaya gravitasi daripada efek penuaan kulit.

Jadi, tidak ada bukti bahwa manfaat minyak zaitun dapat memperbesar ukuran payudara selain tindakan operasi.

Baca Juga: Cara Membesarkan Payudara Menggunakan Pasta Gigi, Benarkah?

Cara Mengoleskan dan Memijat Minyak Zaitun pada Payudara

Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana yang dapat Anda ikuti untuk memijat minyak zaitun pada payudara:

  • Uji tempel minyak zaitun pada kulit, biasanya pada lengan. Jika terjadi iritasi, jangan menggunakannya lebih lanjut.
  • Jika tidak ada reaksi dalam waktu 24-48 jam, tuangkan sedikit minyak ke tangan dan gosok kedua tangan untuk menghangatkannya.
  • Oleskan minyak zaitun dengan lembut pada payudara selama 5-10 menit.
  • Cukup gunakan sapuan ke dalam dan ke atas untuk menggerakkan tangan pada payudara dari arah luar ke dalam dengan gerakan melingkar.
  • Gunakan telapak tangan untuk menghasilkan tekanan yang kuat ketika memijat.
  • Lakukan secara rutin sekali sehari atau dua kali di pagi hari atau sebelum tidur selama 1-2 bulan.

Baca Juga: 10 Cara Mengencangkan Payudara secara Alami

Itu dia manfaat minyak zaitun untuk payudara, wajah, hingga bokong yang bisa Anda dapatkan. Jika ingin mencoba menggunakan minyak ini, alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena kondisi kulit setiap orang berbeda. Hal ini untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. How to Use Olive Oil on Breasts? [A Proven Method]. https://thenaturalside.com/how-to-use-olive-oil-on-breasts/ (Diakses pada 22 September 2021)
  2. Cherney, Kristeen. 2018. Can Olive Oil Make Your Breasts Larger and Firmer?. https://www.healthline.com/health/olive-oil-on-breasts (Diakses pada 22 September 2021)
  3. Cervoni, Barbie. 2021. Olive Oil Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/olive-oil-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4120274 (Diakses pada 22 September 2021)
  4. Namdev, Aayushi. 2018. 18 Benefits of using Olive Oil for Skin, Health, and Hair. https://www.mapsofindia.com/my-india/fashion/18-benefits-of-using-olive-oil-for-skin-health-and-hair (Diakses pada 22 September 2021)
  5. Villines, Zawn. 2021. Can breast oil make your breasts bigger?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/breast-oil (Diakses pada 22 September 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi