Terbit: 29 Oktober 2021 | Diperbarui: 8 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Bibir yang indah adalah idaman semua wanita. Di antara banyak produk perawatan bibir yang ada, lip serum tidak boleh dilewatkan. Lip serum atau serum bibir dengan kandungan nutrisi di dalamnya akan membantu Anda mendapatkan bibir yang sehat dan cerah alami. Simak apa saja manfaat lip serum yang bisa Anda dapatkan dalam artikel ini.

Manfaat Lip Serum untuk Kesehatan dan Kecantikan Bibir

Apa Itu Lip Serum?

Sama seperti serum wajah, lip serum adalah produk yang diformulasikan untuk membentuk lapisan pertahanan di atas kulit bibir dan mengunci kelembapan alami bibir. Kandungan yang di dalam lip serum dapat meresap hingga ke lapisan kulit terdalam agar bisa bekerja secara maksimal, membuat bibir menjadi lebih lembut dan sehat.

Manfaat Lip Serum untuk Kesehatan dan Kecantikan Bibir

Apa manfaat menggunakan lip serum untuk bibir? Simak beberapa manfaat serum bibir yang bisa Anda dapatkan berikut ini:

1. Memberikan nutrisi lebih pada bibir

Kulit bibir juga mengandung sel-sel yang harus dijaga kesehatannya. Beragam aktivitas yang Anda jalani setiap hari berpotensi merusak sel kulit bibir, misalnya saat berada di ruangan AC terlalu lama, terpapar sinar UV, secara langsung selama berjam-jam, atau penggunaan lipstik seharian.

Lip serum mengandung pelembap yang bisa memberikan nutrisi dan memperbaiki sel-sel kulit bibir yang rusak agar kembali elastis. Lip serum juga bisa meredakan peradangan pada bibir atau kondisi bibir kering, serta membuat bibir menjadi lebih lembut dan sehat.

Baca Juga: 8 Fungsi Lip Balm, Bukan Hanya untuk Bibir!

2. Mengangkat sisa lipstik dan kotoran lain yang menempel

Agar bibir tetap sehat dan berwarna cerah alami, pastikan Anda tidak memakai lipstik atau produk riasan bibir lain terlalu lama. Lipstik mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan pigmentasi secara permanen, sehingga warna bibir terlihat gelap.

Manfaat serum bibir bisa membantu membersihkan sisa-sisa lipstik yang masih menempel dan tidak terangkat oleh make up remover. Lip serum dapat diserap hingga ke lapisan kulit bibir terdalam, memberikan nutrisi ke seluruh bagian bibir hingga ke lipatannya!

3. Memperbaiki skin barrier bibir

Tidak hanya skin barrier wajah saja yang penting, bibir juga. Kulit bibir juga banyak terpapar polusi di sekitar yang menyebabkan kecantikannya berkurang. Kembalikan rona alami bibir dengan menggunakan lip serum.

Komposisi utama lip serum adalah ekstrak minyak yang diambil dari tanaman untuk menciptakan lapisan pelindung pada kulit bibir. Sehingga daya tahan kulit bibir semakin meningkat, tidak cepat berkerut, dan tidak menggelap meski terpapar polusi dan sinar matahari.

Manfaat lip serum sebagai penghalang yang mengunci kelembapan bibir dan mencegah zat kimia lain masuk ke dalam kulit bibir.

Baca Juga: 21 Cara Memerahkan Bibir Alami Tanpa Harus Sulam Bibir

4. Mengembalikan warna cerah alami bibir

Siapa yang tidak ingin mendapatkan warna bibir cerah alami? Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan lip serum secara rutin. Kandungan di dalam lip serum seperti minyak jojoba, minyak almond, dan vitamin E bekerja melancarkan sirkulasi darah dan distribusi oksigen ke bibi. Hasilnya, bibir terasa lebih lembap dan cerah setelah penggunaannya.

5. Mencegah terjadinya iritasi

Manfaat yang yang bisa didapatkan dari lip serum adalah mencegah kemungkinan iritasi pada kulit. Bibir menjadi semakin kering dan meradang jika terlalu sering terpapar sinar UV dan radikal bebas. Akibatnya, bibir bisa mengalami iritasi hingga mengelupas dan menimbulkan rasa perih.

6. Menjaga kelembapan bibir

Salah satu manfaat serum bibir yang paling utama tentu saja melembapkan kulit bibir. Apabila Anda memiliki masalah kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, gunakan lip serum secara rutin setiap pagi dan malam hari untuk mendapatkan kulit bibir yang sehat dan lembap.

7. Meningkatkan tekstur bibir

Jika Anda bermasalah dengan kerutan halus atau warna bibir yang gelap, salah satu pemicunya bisa saja kandungan bahan kimia dari lipstik yang Anda pakai.

Salah satu manfaat lip serum adalah untuk meningkatkan dan memperbaiki tekstur bibir Anda. lip serum bekerja pada permukaan bibir dan memperbaiki jaringan kulit paling atas yang rusak oleh berbagai macam penyebab.

Baca Juga: 11 Penyebab Bibir Kering & Pecah-Pecah (No. 8 Tak Disangka)

Cara Memilih Lip Serum Terbaik

Saat akan membeli lip serum, cari kandungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. misalnya jika Anda ingin produk yang bisa menghidrasi kulit bibir, maka pilih lip serum yang mengandung vitamin E dan minyak alami.

Berbeda dengan produk yang bisa menghilangkan garis-garis halus pada bibir yang memerlukan antioksidan dan peptides. Apabila Anda ingin membuat bibir terlihat lebih penuh, cari lip serum yang memiliki kandungan hyaluronic acid untuk menambah volume bibir.

Baca kandungan lip serum dengan seksama saat membelinya, agar Anda bisa mendapatkan hasil terbaik yang diinginkan.

Bagaimana Cara Menggunakan Lip Serum?

Pastikan bibir dalam keadaan bersih atau setelah selesai eksfoliasi dengan scrub. Oleskan lip serum tipis-tipis dengan menggunakan aplikator bawaan hingga terserap dengan sempurna.

Setelah itu baru oleskan produk riasan bibir lain seperti lip balm atau lipstik. Jika Anda akan pergi tidur di malam hari, oleskan masker bibir setelah lip serum. Beberapa produk lip serum juga bisa diaplikasikan berulang kali sepanjang hari untuk memberikan efek lembab dan mengkilap pada bibir. Untuk hasil terbaik, gunakan lip serum di malam hari sebelum tidur sebagai bagian night skin care routine Anda.

Melihat banyaknya manfaat lip serum untuk bibir, tidak ada salahnya Anda menambahkan produk ini ke dalam rangkaian perawatan wajah. Kesehatan bibir juga perlu dijaga, sama seperti kesehatan kulit wajah. Selain lip serum, melakukan eksfoliasi secara rutin pada kulit bibir maksimal 2 kali seminggu untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit bibir.

 

  1. Lalancette, Katherine. 2018. LIP SERUMS ARE NOW A THING—HERE’S WHY YOU NEED ONE. https://thekit.ca/beauty/skin/lip-serum/#9. (Diakses pada 26 Oktober 2021)
  2. Lalancette, Katherine. 2018. Why you need a lip serum. https://www.thestar.com/life/fashion_style/2018/11/26/why-you-need-a-lip-serum.html. (Diakses pada 26 Oktober 2021)
  3. Rivas, Genesis. 2020. What Is a Lip Serum and Do You Really Need One? https://www.skincare.com/article/do-you-need-a-lip-serum. (Diakses pada 26 Oktober 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi