Terbit: 28 March 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Konsumsi makanan yang tepat tidak hanya berpengaruh pada kondisi tubuh, tetapi juga berperan penting bagi kesehatan kulit. Lantas, apa saja makanan untuk kulit kering yang sebaiknya Anda konsumsi? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

10 Makanan yang Bantu Atasi Masalah Kulit Kering

Makanan untuk Kulit Kering dan Kusam

Kulit kering memiliki lapisan yang tipis sehingga kadar air mudah sekali menguap. Kulit jenis ini sangat mudah mengalami kerutan, bersisik, dan terasa kaku. Makanan sehat untuk kulit kering dan kusam haruslah memiliki nutrisi yang dapat melembapkan dan mengunci kadar air di dalam kulit.

Nutrisi yang dibutuhkan kulit kering adalah vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, zinc, selenium, antioksidan, dan omega 3.

Berikut adalah jenis makanan untuk kulit kering yang penting untuk Anda tahu, di antaranya:

1. Ubi jalar

Ubi jalar, terutama yang berwarna ungu mengandung antioksidan antosianin yang dapat meregenerasi kulit. Ubi jalar juga mengandung 1.403 mcg vitamin A yang setara dengan 156% angka kecukupan gizi (AKG) setiap hari. Vitamin A berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar UV dan melembutkan tekstur kulit.

2. Kiwi

Kiwi adalah superfood yang mengandung vitamin C, vitamin A, dan antioksidan. Vitamin C di dalamnya berfungsi menghidrasi kulit, melindungi dari radikal bebas, dan mendorong produksi kolagen yang dapat menjaga kelembutan dan kelenturan kulit.

3. Hati sapi

Hati sapi juga mengandung vitamin C, omega 3, protein, dan beberapa jenis mineral. Protein membantu mengganti sel-sel kulit yang rusak dan menjaga kelenturan kulit. Sementara itu, vitamin A juga melindungi kulit dari radikal bebas dan mengurangi gejala psoriasis. 

4. Minyak ikan

Minyak ikan kaya akan vitamin D. Satu sendok makan minyak ikan mengandung 34 mcg vitamin D yang setara dengan 170% AKG.

Vitamin D yang dikandung minyak ikan adalah vitamin D3 yang mampu mengatasi keratinosit. Keratinosit dapat menyebabkan kulit kering dan psoriasis. Vitamin D juga mengurangi inflamasi, mempercepat penyembuhan luka dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

5. Biji bunga matahari

Minyak biji bunga matahari telah lama dikenal sebagai sumber asam lemak tak jenuh, protein, dan vitamin E. Bukan hanya dioleskan pada kulit, namun minyak yang terkandung di dalam biji bunga matahari juga sangat baik dikonsumsi langsung.

Vitamin E dalam biji bunga matahari berfungsi sebagai antioksidan, pencegah inflamasi, serta mengatasi efek buruk sinar UV seperti flek hitam dan kulit pecah-pecah.

Baca Juga: 7 Masker untuk Kulit Kering agar Wajah Bebas Kusam dan Tetap Lembap

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kedelai dan almond mengandung asam lemak tak jenuh, vitamin E, vitamin D, dan protein. Semuanya adalah paduan yang tepat untuk mempertahankan kelembapan kulit, mencegah kerutan,  mencegah inflamasi, dan menghidrasi kulit.

7. Alpukat

Alpukat kaya akan omega-3, protein, serta vitamin. Omega 3 dapat mencegah kulit kering, dermatitis, dan kulit bersisik. Mengonsumsi omega-3 secara teratur juga dapat menghidrasi kulit dan mengurangi gatal-gatal.

8. Kerang

Kerang kaya akan zinc dan berbagai mineral. Zinc adalah pelindung kulit dari sinar matahari sehingga berfungsi mengurangi radiasi dari sinar UV serta membantu mencegah kekeringan pada kulit. Paduan zinc dan vitamin C juga ampuh melawan jerawat dan bersifat antibakteri.

9. Tuna

Tuna adalah ikan yang kaya akan selenium. Nutrisi ini membantu kulit agar terlindung dari sinar matahari dengan cara mengaktifkan enzim di bawah permukaan kulit. Selenium juga mencegah psoriasis dan meningkatkan kadar glutation peroksidase.

10. Teh Hijau

Teh hijau membantu melawan photoaging atau tanda penuaan akibat paparan sinar matahari. Juga menghindarkan hiperpigmentasi, kekeringan kulit, dll. Teh hijau juga meningkatkan kolagen dan elastisitas kulit serta menghindarkan stres oksidatif.

Baca Juga: 10 Facial Wash untuk Kulit Kering (Cara Memilih Produk Terbaik)

Cara Merawat Kulit Kering

Selain melalui pemilihan makanan yang tepat, kulit kering juga harus dirawat dengan tepat. Berikut adalah cara merawat kulit kering, antara lain:

  • Jangan mandi air hangat lebih dari 10 menit.
  • Selalu gunakan pelembap atau body lotion setelah mandi.
  • Pilih produk perawatan kulit berbentuk krim dibanding lotion agar efek lembap lebih terasa.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang lembut dan bebas pewangi.
  • Gunakan sarung tangan selama cuaca yang sangat dingin.
  • Jangan terlalu sering menggunakan hand sanitizer untuk mencuci tangan. Gunakan air dan sabun yang lembut.
  • Gunakan detergen hypoallergenic dan gunakan pakaian dalam yang lembut.
  • Aktifkan humidifier agar udara tidak kering dan memengaruhi kulit.

Pada akhirnya, makanan untuk kulit kering dengan nutrisi lengkap akan membantu melembapkan kulit, mengurangi inflamasi, serta  melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

Setelah mengetahui apa saja makanan untuk kulit kering dan kusam yang baik dikonsumsi seperti di atas, ada juga makanan yang harus dihindari, antara lain makanan tinggi lemak dan gula karena dapat menyebabkan inflamasi, kondisi yang membuat fungsi perlindungan kulit menjadi menurun.

Selain itu, minuman beralkohol juga dapat menjadikan kulit kering dan merusak skin barrier. Memiliki kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan kulit kering, tebal, dan hiperpigmentasi.

 

  1. Jones, Taylor. 2020. The 12 Best Foods for Healthy Skin. https://www.healthline.com/nutrition/12-foods-for-healthy-skin. (Diakses pada 20 Maret 2022).
  2. Zambon, Veronica. 2021. 14 foods to help protect and moisturize dry skin. https://www.medicalnewstoday.com/articles/food-for-dry-skin. (Diakses pada 20 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi