Terbit: 25 Januari 2018 | Diperbarui: 5 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Proses penuaan sebenarnya adalah proses alami yang akan dialami oleh tiap manusia. Tak ada manusia yang luput dari proses penuaan ini, namun beberapa gejala penuaan dini ini membuat sebagian besar perempuan tidak percaya diri.

Lawan Tanda-Tanda Penuaan di Wajah Dengan Cara Ini

Beberapa tanda penuaan biasanya muncul saat memasuki usia 30an seperti munculnya garis halus di daerah mata atau sekitar bibir, kantung mata, kulit kusam dan munculnya flek-flek hitam.

Selain faktor usia, beberapa faktor eksternal juga dapat mempercepat tanda penuaan dini seperti diet sembarangan, gaya hidup yang tidak sehat, merokok, dan seringnya terpapar sinar ultraviolet.

Lalu bagaimana jika tanda-tanda penuaan dini kini sudah mulai muncul? Jangan khawatir, masih belum terlambat untuk menghambat tanda-tanda tersebut, hanya saja memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk menghilangkan kerutan di sekitar mata yang biasanya tampak saat tersenyum, Anda bisa mengoleskan krim mata yang memiliki pelembab yang tinggi. Oleskan setiap hari, lalu amati hasilnya selama beberapa minggu ke depan. Bagi Anda yang menginginkan hasil yang lebih cepat, Anda bisa melakukan injeksi botox atau disport di area tersebut.

Kalau Anda terganggu dengan kantung mata yang mulai menebal, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, gunakan filler hyaluronic acid yang diinjeksi di daerah cekungan mata yang berfungsi untuk mengurangi kantung mata. Kemudian, Anda juga bisa mengoleskan krim yang mengandung retinoic acid yang akan membantu regenerasi kulit. Beberapa treatment laser di klinik kecantikan juga mampu menghilangkan kantung mata, namun sebaiknya lakukanlah di klinik kecantikan terpercaya.

Garis keriput yang menganggu lainnya biasanya muncul di sekitar mulut yang berada dari ujung hidung ke bawah. Garis ini disebut lipatan nasolabial, dan bisa disamarkan dengan injeksi hyaluronic acid.
Kemudian untuk mengatasi hiperpigmentasi atau munculnya flek-flek hitam, Anda bisa menggunakan tabir surya setiap hari sebelum beraktivitas ke luar rumah. Anda juga bisa menggunakan rangkaian perawatan kulit yang berfungsi untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan atau melakukan konsultasi pada dokter spesialis kulit yang terpercaya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi