Terbit: 28 Oktober 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Mata kaki yang menghitam adalah kondisi yang bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri dengan penampilannya. Meski area kulit ini bisa lebih gelap dibanding area kulit lainnya, hal tersebut tidak menandakan masalah kesehatan yang serius. Lantas, bagaimana cara menghilangkan hitam di mata kaki? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

9 Cara Menghilangkan Hitam di Mata Kaki Secara Alami

Memutihkan Mata Kaki yang Menghitam

Sebelum menjelaskan mengenai cara memutihkan mata kaki, perlu Anda ketahui bahwa kulit di sekitar mata kaki lebih tipis dari bagian tubuh lainnya, hal ini membuatnya menjadi mudah kering, menjadi tebal, dan menggelap.

Saat bagian tubuh tertentu menjadi lebih gelap dari bagian lainnya, dalam dunia medis hal disebut hiperpigmentasi, yaitu ketika kulit membuat atau memiliki melanin berlebih. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit.

Meski mata kaki yang menghitam tidak berbahaya, beberapa orang ingin mencerahkannya agar sesuai dengan bagian tubuh lainnya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Teh Hijau

Salah satu cara menghilangkan hitam di mata kaki secara alami yang populer adalah dengan teh hijau. Hal ini mungkin disebabkan karena senyawa utama yang ada di dalamnya yaitu epigallocatechin gallate (EGCG).

Sebuah studi mengungkapkan bahwa EGCG dapat mencegah akumulasi melanin. Senyawa ini bekerja dengan menghambat tirosinase, enzim utama yang diperlukan untuk membuat melanin.

Cara menggunakan teh hijau untuk perawatan kulit:

  • Seduh satu kantong teh hijau dalam cangkir air panas dan diamkan beberapa menit agar suhu air menurun.
  • Celupkan bola kapas ke dalam teh dan peras dengan lembut.
  • Setelah itu, oleskan bola kapas ke mata kaki dan ulangi cara ini dua kali sehari.

2. Gel Lidah Buaya

Banyak orang mengklaim gel lidah buaya dapat mencerahkan kulit, meskipun tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung klaim ini. Menurut sebuah studi, kandungan senyawa yang disebut aloesin dapat mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Cara menggunakan gel lidah buaya cukup mudah, cukup oleskan 1 sendok makan gel lidah buaya ke mata kaki dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih. Cara ini bisa Anda lakukan 2 hingga 3 kali per minggu. Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan efeknya.

3. Kunyit

Menurut sebuah studi, senyawa utama yang terdapat pada kunyit yang disebut curcumin berperan dalam menghambat aktivitas tirosinase. Dampaknya, hal ini membatasi sintesis melanin sehingga membantu mengurangi hiperpigmentasi.

Cara memutihkan mata kaki dengan kunyit adalah:

  • Campurkan 1 sendok kunyit dan 1 sendok yoghurt/madu.
  • Oleskan campuran tersebut ke mata kaki. Tunggu 10 hingga 15 menit.
  • Bilas dan lembapkan. Ulangi 2 hingga 3 kali seminggu.

4. Lemon

Sifat astringen, antiseptik, dan pencerah kulit, membuat lemon dapat digunakan sebagai cara menghilangkan hitam di mata kaki secara alami.

Cara menghilangkan hitam di mata kaki secara alami dengan lemon:

  • Oleskan perasan lemon ke mata kaki mata kaki yang hitam.
  • Biarkan mengering selama setengah jam sebelum dibilas dengan air hangat.
  • Cara ini bisa dilakukan dua kali sehari.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa diperkaya dengan asam lemak esensial dan vitamin E. Keduanya efektif dalam melembapkan serta memperbaiki kulit yang gelap dan rusak.

Oleskan sedikit minyak kelapa murni dengan lembut ke mata kaki dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan sabun lembut dan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang terbaik, Anda bisa melakukannya setiap hari.

Baca Juga: 12 Cara Memutihkan Ketiak Hitam yang Alami dan Medis (Efektif)

6. Kentang

Kentang mengandung copper-protein enzyme complex yang disebut catecholase, senyawa yang dapat membantu mencerahkan kulit yang gelap. Cara penerapannya, cobalah jus kentang hingga halus kemudian oleskan langsung ke mata kaki. Biarkan selama 15 menit, setelah kering bilas dengan air hangat.

7. Timun

Sering digunakan untuk mengatasi area kulit yang menghitam di sekitar mata, ternyata timun juga bisa digunakan untuk mata kaki yang hitam. Selain itu, timun juga sarat dengan vitamin antioksidan (A dan C), sehingga membantu meremajakan kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati.

Selain dijus, Anda juga bisa memotongnya menjadi irisan tebal kemudian menggosoknya perlahan ke area kulit yang menghitam. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang baik, cara ini bisa Anda lakukan setiap hari.

8. Cocoa Butter

Cocoa butter dapat menjaga kelembapan intens pada kulit kering dan rusak, serta mengembalikan ke warna kulit ke warna aslinya. Sebelum menggunakannya, pilih cocoa butter murni berkualitas tinggi. Setelah itu, oleskan sambil pijat secara perlahan ke area kulit yang menggelap. Diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

9. Oatmeal dan Madu

Campuran oatmeal dan madu bekerja sebagai eksfoliator alami yang sangat baik. Campuran ini dapat mencerahkan warna kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati dari area tersebut.

Giling kasar oatmeal dan tambahkan 2 sendok madu ke dalamnya. Oleskan secara merata dan diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air hangat dan oleskan pelembap. Anda bisa menggunakan scrub alami ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Nah, itulah berbagai cara menghilangkan hitam di mata kaki alami yang bisa Anda coba. Selain itu, bersihkan kaki secara teratur dan gunakan pelembap setiap hari untuk mencegah kuilt kering menghitam.

 

  1. Nunez, Kirsten. 2019. What Causes Dark Knees and How to Lighten Them Naturally. https://www.healthline.com/health/dark-knees. (Diakses pada 28 Oktober 2021).
  2. Nilankeeta. 15 Most Effective Home Remedies for Dark Ankles You Must Know About. https://www.beautyglimpse.com/top-15-home-remedies-get-rid-dark-ankle/. (Diakses pada 28 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi