Terbit: 20 September 2021 | Diperbarui: 21 September 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kepala berketombe dan rambut menipis? Ada banyak cara mengatasi rambut rontok dan ketombe baik dengan obat maupun bahan alami. Untuk mendapatkan manfaatnya, simak penjelasan lengkapnya untuk mengatasi ketombe dan kerontokan rambut di bawah ini!

11 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe yang Mudah dan Aman

Ketombe Menyebabkan Rambut Rontok

Ketombe adalah kondisi kulit yang menyebabkan munculnya serpihan putih atau kuning di kulit kepala. Kondisi ini secara langsung tidak menyebabkan rambut rontok. Namun, rasa gatal akibat ketombe berdampak pada folikel rambut, yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Kehilangan 50-100 helai rambut setiap hari dianggap normal. Tetapi, jika mengalami kerontokan rambut yang berlebihan, ini memerlukan pengobatan medis. Ketombe juga dapat meningkatkan kerontokan rambut pada orang dengan androgenetic alopecia (pola kebotakan pada pria dan wanita).

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

Kiat untuk mengobati dan mengatasi sekaligus mencegah rambut rontok akibat ketombe fokus untuk penyebabnya, yakni menghilangkan rasa gatal dan garukan sehingga dapat melindungi folikel rambut yang memicu rambut rontok.

Berikut ini cara mengatasi rambut rontok dan ketombe:

1. Sampo Antiketombe

Untuk mengatasi ketombe ringan, sebaiknya beralih ke sampo obat yang mengandung salah satu bahan, termasuk pyrithione zinc, salicylic acid, ketoconazole, coal tar, dan selenium sulfide.

Ketika menggunakan sampo antiketombe, pastikan untuk mengikuti petunjuk pada botol. Beberapa sampo mungkin perlu membiarkannya di kulit kepala selama beberapa menit agar efektif menghilangkan ketombe.

Jika kulit kepala alergi terhadap bahan kimia, gunakan sampo herbal yang mengandung sifat obat untuk rambut rontok berketombe. Bahan herbal ini seperti lidah buaya, kunyit, minyak rosemary, daun mint, tea tree oil, dan ekstrak lemon.

2. Moisturizer Rambut

Kulit kepala kering adalah salah satu penyebab rambut berketombe. Bahan-bahan seperti asam salisilat dalam sampo antiketombe ternyata dapat mengeringkan kulit kepala.

Sebagai cara mengatasi rambut rontok dan ketombe, pijatlah kulit kepala menggunakan minyak kelapa untuk meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Manfaat minyak kelapa memiliki sifat antijamur. Cobalah menyertakan kondisioner yang sesuai dengan rambut Anda untuk menambah kelembapan.

Namun, jika ketombe terjadi akibat kepala yang berminyak, sebaiknya hindari terlalu banyak menggunakan minyak ke kulit kepala.

3. Hindari Perawatan Rambut yang Keras

Kandungan dalam produk perawatan rambut seperti sulfat, pengawet, pewangi, dan pewarna, dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan memicu dermatitis kontak. Menghindari diri dari produk dengan kandungan kimia yang keras dan beralih ke perawatan rambut yang lembut adalah cara yang bagus.

4. Mengendalikan Stres

Stres secara langsung tidak dapat menyebabkan munculnya ketombe. Namun, stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kulit kepala mudah berketombe.

Guna mengelola stres, cobalah beberapa atau salah satu cara berikut:

  • Yoga.
  • Meditasi.
  • Latihan pernapasan dalam.
  • Menjalani pola hidup sehat.
  • Menenangkan pikiran dengan relaksasi.
  • Berpikir positif.
  • Meluapkan keluhan pada orang yang Anda percaya.
  • Menghabiskan waktu dengan hobi.
  • Meningkatkan ibadah.

Baca Juga: Rambut Rontok: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll

5. Lidah Buaya

Berkat kandungan antiinflamasi (antiperadangan) di dalamnya, manfaat aloe vera alias lidah buaya sangat menenangkan kulit kepala dari peradangan akibat ketombe.

Berikut cara mengatasi ketombe dan rambut rontok dengan gel lidah buaya segar:

  • Kupas lidah buaya dari kulitnya untuk mendapatkan dagingnya.
  • Tumbuk dagingnya sampai benar-benar menjadi gel.
  • Oleskan gel pada kulit kepala sampai merata dan biarkan selama 15 menit atau membiarkannya semalaman.
  • Bilas dengan air bersih dan keringkan.

6. Tea Tree Oil

Menurut sebuah penelitian di tahun 2006, sampo dengan kandungan 5% tea tree oil terbukti efektif dalam mengobati ketombe ringan hingga sedang. Khasiat ini berkat kandungan tea tree oil, termasuk antijamur, antibiotik, antiseptik, dan antiinflamasi. Minyak ini juga dapat membantu mengurangi rasa gatal, berminyak, dan luka di kulit kepala.

Berikut ini cara menggunakan tea tree oil untuk ketombe dan rambut rontok:

  • Campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa.
  • Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut.

7. Teh Hijau

Green tea alias teh hijau mengandung antiseptik yang mampu membantu mengatasi ketombe dan gejala peradangan pada kulit kepala. Antiseptik bekerja dengan melindungi folikel rambut dari sel kulit mati dan bakteri yang bersarang di kulit kepala.

Berikut ini cara menggunakan teh hijau untuk mengatasi ketombe:

  • Seduh secangkir teh hijau.
  • Campurkan 2-3 tetes minyak esensial peppermint dan satu sendok teh cuka putih.
  • Biarkan campuran teh ini menjadi dingin.
  • Basahi rambut di bawah air mengalir, kemudian bilas rambut dan kulit kepala dengan teh ini.
  • Ketika membilas dengan teh hijau, pijat kulit kepala selama sekitar lima menit, sebelum membilasnya dengan sampo dan kondisioner ringan.

8. Cuka Sari Apel

Cara mengatasi ketombe dan rambut rontok juga bisa memanfaatkan cuka sari apel. Menerapkan cuka sari apel bisa membantu mendorong pelepasan sel di kulit mati, melawan pertumbuhan jamur, dan menyeimbangkan pH di kulit kepala.

Cara menggunakannya, campurkan cuka sari apel dengan minyak atau sampo yang biasa Anda pakai, atau encerkan dengan air untuk bilasan terakhir setelah keramas.

9. Hindari Produk Penata Rambut secara Berlebihan

Produk penata rambut seperti gel atau semprotan dapat membuat kulit kepala menjadi berminyak dan menyebabkan munculnya ketombe berminyak. Selain itu, produk pewarnaan rambut dan pengering rambut dapat mengeringkan kulit kepala yang menyebabkan ketombe kering.

Baca Juga: Ketombe: Penyebab, Gejala, & Cara Menghilangkan Ketombe

10. Hindari Paparan Sinar Matahari yang Berlebih

Paparan sinar matahari langsung yang terus menerus dalam waktu lama membuat folikel rambut melemah dan kering. Namun, sedikit paparan sinar matahari bisa membantu membunuh jamur penyebab ketombe.

Sebagai salah cara mengatasi ketombe dan rambut rontok, sebaiknya berjemur di bawah sinar matahari selama beberapa menit setiap pagi.

11. Makan Makanan Bernutrisi

Makanan pedas dapat menyebabkan peradangan pada kulit kepala yang menyebabkan ketombe. Selain itu, mengonsumsi makanan manis, pedas, berminyak, dan asin secara berlebihan menjadi penyebab. Jadi, pastikan makan makanan yang menyehatkan kulit kepala dari dalam dan memperkuat folikel rambut.

Beberapa makanan terbaik untuk membantu pertumbuhan rambut antara lain kelapa, amla, almond, walnut, kacang hijau, kacang tanah, buttermilk, kismis, delima, dan mentimun.

Itulah pilihan cara mengatasi rambut rontok dan ketombe yang bisa Anda coba di rumah. Namun, jika mengalami ketombe dan kerontokan yang parah, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya dengan tepat!

 

  1. Kashyap, Tejashee. 2021. How To Reduce Dandruff And Hair Fall At Home: Natural Remedies To Try. https://swirlster.ndtv.com/beauty/how-to-reduce-dandruff-and-hair-fall-at-home-natural-remedies-to-try-2412346 (Diakses pada 20 September 2021)
  2. Soni, Akansha. 2020. Can Dandruff Cause Hair Loss? How To Treat It?. https://vedix.com/blogs/articles/does-dandruff-cause-hair-loss (Diakses pada 20 September 2021)
  3. Tamatam, Sowmya. 2020. Dandruff & Hair Loss: How Are They Really Connected?. https://skinkraft.com/blogs/articles/can-dandruff-cause-hair-loss (Diakses pada 20 September 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi