Terbit: 5 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Body wash dan shower gel adalah jenis produk untuk mandi. Tapi apakah ada perbedaan shower gel dan body wash? Lalu, mana pilihan terbaik untuk kulit? Simak artikel berikut untuk mencari tahu jawabannya.

Body Wash vs Shower Gel, Apa Bedanya dan Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan Body Wash dan Shower Gel

Pada dasarnya, baik shower gel maupun body wash memiliki fungsi utama yaitu untuk membersihkan badan. Tergantung dari bahan-bahan yang digunakan, kedua produk tersebut biasanya menawarkan berbagai kelebihan.

Karena sama-sama cair, maka shower gel dan body wash bisa digunakan dengan menggunakan spons atau shower puff untuk menghasilkan busa yang lebih melimpah.

Shower gel dan body wash sangat mirip, bahkan kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian.

Meskipun demikian, ada perbedaan yang sangat mencolok di antara keduanya. Simak berbagai perbedaan antara shower gel dan body wash berikut ini:

  • Tekstur cairan

Perbedaan body wash dan shower gel terletak pada teksturnya. Shower gel memiliki tekstur yang lebih kental seperti gel, sementara body wash adalah sabun yang berbentuk cair.

  • Kemampuan melembapkan

Selain tekstur, kadar kelembapan antara body wash dengan shower gel juga berbeda.

Karena bahan-bahan pembuatnya, body wash jauh lebih melembapkan daripada shower gel. Oleh karena itu, body wash menjadi pilihan yang sangat tepat bagi pemilik kulit kering.

  • Wangi atau aroma

Perbedaan selanjutnya terletak pada wangi atau aromanya. Shower gel lebih wangi daripada body wash, karena konsentrasi bahan-bahan yang lebih tinggi.

Menggunakan shower gel akan membuat kulit terasa lebih dimanjakan karena aromanya bisa tahan lebih lama.

Wangi pada shower gel bukan hanya sekedar wangi saja, tetapi juga memiliki manfaat atau keuntungan tersendiri untuk kesehatan dan kecantikan kulit sekaligus menenangkan dan menambah rasa percaya diri.

Baca Juga: 6 Cara Mandi Bersih yang Benar (Panduan Lengkap)

Perbedaan Body Wash dan Shower Gel dari Kandungannya

Ini dia perbedaan shower gel dan sabun cair dari bahan pembuatnya:

Kandungan Body Wash

Body wash adalah sabun cair yang banyak digunakan pada saat mandi. Setelah menggunakan body wash, kulit cenderung terasa licin karena pelembap yang ada di dalamnya.

Berikut ini beberapa bahan dasar yang sering digunakan untuk membuat body wash.

  • Emolien

Emolien adalah senyawa yang bekerja mencegh hilangnya air dari permukaan kulit, sehingga membuat kulit tetap lembab. Karena salah satu fungsi utama body wash adalah untuk melembapkan kulit, maka kandungan ini harus ada di dalamnya.

  • Surfaktan

Surfaktan merupakan agen pembersih yang bekerja menghilangkan semua kotoran yang mengendap hingga ke pori-pori tubuh yang terdalam. Masing-masing produk body wash  menggunakan konsentrasi surfaktan yang berbeda.

  • Humektan

Kandungan lain yang ada di dalam body wash adalah humektan. Humektan merupakan senyawa yang bekerja menjaga skin barrier dari kerusakan serta mencegah kulit dari kekeringan.

Senyawa ini tidak bisa meningkatkan kelembapan kulit, namun bisa mengunci kelembapan alami kulit.

Baca Juga: 10 Manfaat Mandi Bersama Pasangan (Pasutri Harus Tahu!)

Kandungan pada Shower Gel

Secara umum, shower gel diformulasikan menggunakan 6 bahan dasar yaitu:

  • Emulsifier

Emulsifier adalah kandungan yang bekerja menciptakan sabun dan memberikan kekentalan pada shower gel.

Kandungan inilah yang menyebabkan shower gel memiliki tekstur yang kental dan lebih padat dibandingkan body wash.

  • Deterjen

Deterjen merupakan sabun yang bertugas membersihkan tubuh dari segala macam kotoran yang menempel di permukaan kulit.

  • Surfaktan

Mirip dengan emulsifier, surfaktan juga bertugas untuk menciptakan busa ketika shower gel dicampur dengan air.

  • Pengawet

Shower gel bisa bertahan lama hingga hitungan tahun karena di dalamnya ada bahan pengawet.

Fungsi lain dari bahan pengawet adalah memastikan kandungan di dalam shower gel tidak berubah dan mencegah kontaminasi bakteri.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Perbedaan Astringent dan Toner

Body Wash atau Shower Gel, Mana yang Lebih Baik untuk Kulit?

Baik shower gel atau body wash dapat membersihkan tubuh secara maksimal. Namun demikian, jangan asal pilih ya!

Untuk tahu mana yang lebih cocok untuk Anda antara body wash dan shower gel, Anda harus melihat jenis dan kebutuhan kulit.

  • Jika kulit Anda kering, maka Anda membutuhkan sabun yang mengandung lebih banyak pelembap. Dengan demikian, produk sabun dengan wangi yang kuat harus dihindari.
  • Sementara bagi pemilik kulit normal, Anda bebas memilih antara body wash atau shower gel, tergantung selera.
  • Berbeda lagi dengan kulit berminyak yang sangat disarankan untuk menggunakan shower gel karena memiliki kemampuan membersihkan kulit dan menyerap minyak berlebih di permukaan kulit.
  • Selain itu, shower gel juga memiliki kemampuan mengangkat sel kulit mati secara lebih mudah dan efektif.

Itu dia ulasan tentang perbedaan shower gel dan body wash, serta mana pilihan terbaik untuk Anda.

Saat Anda membeli produk sabun badan, apapun jenisnya, selalu baca label bahan-bahan pembuatnya. Apalagi jika Anda punya kulit yang sensitif dan reaktif terhadap bahan tertentu.

 

  1. Beam, J. 2019. What is the Difference Between Shower Gel and Body Wash? https://www.beautyanswered.com/what-is-the-difference-between-shower-gel-and-body-wash.htm. (Diakses pada 23-11-2021)
  2. Epicuren. 2019. THE SLIGHT DIFFERENCE BETWEEN SHOWER GEL AND BODY WASH. https://epicuren.com/blogs/news/shower-gel-vs-body-wash-what-s-the-difference-and-why-does-it-matter. (Diakses pada 23-11-2021).
  3. Johnson’s. 2020. BODY WASH VS SHOWER GEL: INGREDIENTS & USES. https://www.johnsons-me.com/beauty-tips/body-wash-vs-shower-gel-ingredients-and-uses. (Diakses pada 23-11-2021).
  4. Kent, Linda Tarr. 2017. Active Ingredients for Dove Body Wash. https://oureverydaylife.com/164069-active-ingredients-for-dove-body-wash.html. (Diakses pada 23-11-2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi