Terbit: 23 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Untuk memiliki wajah glowing sempurna, tentu harus melalui usaha dan konsistensi memakai skincare. Salah satunya adalah dengan memakai produk kecantikan yang tepat, termasuk krim malam. Cek manfaat dan cara memakai krim malam yang benar agar wajah bersinar sempurna!

Biar Glowing, Ini Cara Memakai Krim Malam yang Benar

Perbedaan Krim Malam dan Krim Siang

Walaupun keduanya sama-sama berfungsi untuk menjaga kesehatan dan keindahan kulit, namun krim malam dan siang tentu berbeda.

Berikut adalah perbedaannya:

  • Krim siang lebih berfungsi sebagai pelindung kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.
  • Sedangkan krim malam memperbaiki jaringan dan kerusakan sel kulit, serta mencegah tanda penuaan.
  • Dar segi kandungannya, krim malam lebih kompleks daripada krim siang.
  • Krim siang mengandung SPF, sedangkan krim malam tidak.
  • Kandungan utama krim malam adalah asam amino dan berbagai vitamin untuk menyehatkan dan memperbaiki kerusakan pada kulit.

Cara Memakai Krim Malam yang Benar

Untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu pemakaiannya juga harus benar. Berikut adalah cara memakai krim malam dengan benar:

  • Bersihkan Wajah. Bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dari sisa make up dan kotoran. Akan lebih baik jika melakukan double cleansing untuk memastikan semua kotoran terangkat sempurna. Anda bisa juga pakai micellar water dan dilanjutkan dengan face wash.
  • Pakai Toner: Setelah kulit dibersihkan dan dikeringkan, gunakan toner. Toner akan membantu kulit agar lebih lembap dan siap menerima krim yang akan dioleskan di atasnya.
    Jika tidak ada toner, setelah membersihkan kulit keringkan dengan cara ditepuk-tepuk lembut. Biarkan masih ada sisa kelembapan air di kulit saat memakai krim malam.
  • Pakai Serum/Eye Roll On: Untuk menutrisi mata, pakailah eye roll on. Anda juga disarankan pakai serum tertentu sebelum pakai krim malam.
  • Pakai Krim Malam: Oleskan krim malam secara lembut ke arah atas dari rahang. Lakukan gerakan memutar hingga ke pelipis dan kening. Hindari bagian mata karena bagian ini sangat sensitif dan lembut.
    Jangan lupa mengoleskan krim malam juga di bagian leher. Usapkan merata ke arah atas dari pangkal leher ke arah rahang.

Idealnya, gunakan krim malam 30 menit sebelum tidur. Hal terpenting dalam memakai krim malam adalah konsistensi dan keteraturan. Jika dipakai sesekali saja, efeknya tidak akan terasa. Dengan pemakaian yang benar dan teratur, hasil dari krim malam akan jauh lebih terasa.

Manfaat Krim Malam untuk Kecantikan Kulit

Krim malam adalah produk perawatan kulit yang tidak boleh dilewatkan. Fungsinya dalam menutrisi kulit dan menjaganya sepanjang malam sangat penting untuk membuat kulit wajah glowing sempurna.

Krim malam memiliki manfaat yang beragam bagi kulit, diantaranya:

1. Menstimulasi perbaikan sel-sel kulit

Kulit mengalami regenerasi sel selama seseorang tidur. Krim malam membantu terjadinya regenerasi tersebut agar lebih sempurna dengan kandungan vitamin dan asam amino yang umumnya terdapat di krim malam.

2. Memberikan oksigen dan nutrisi pada kulit

Apapun jenis kulitnya, tetap memerlukan krim malam agar kulit terjaga kelembabannya. Krim malam akan melengkapi nutrisi penting yang diperlukan kulit. Seperti asam amino, kolagen, vitamin, dll. Hasilnya adalah kulit yang lebih lembut dan sehat di pagi hari.

3. Membantu mengatasi penuaan dini

Dengan kemampuannya meregenerasi kulit, menjaga kelembapan dan menutrisi kulit, tak heran jika krim malam mampu menahan terjadinya penuaan dini.

Baca Juga: 6 Urutan Skincare Malam yang Benar (Hasil Maksimal)

Tips Memakai Krim Malam

Tips memakai krim malam yang penting untuk diperhatikan adalah melihat 4 indikator di bawah ini:

1. Gunakan krim malam sesuai usia

  • Usia 20an: Krim malam yang dipakai harus yang bersifat melembapkan dan memperbaiki sel kulit. Kandungan aktif semacam aloe vera, madu, dan minyak esensial.
  • Usia 30an: Krim malam dengan kandungan kolagen, asam amino, retinol, dan antioksidan cocok untuk pengguna berusia tiga puluhan. Masa ini setiap wanita harus mulai mewaspadai penuaan dini.
  • Usia 40an: Krim malam yang dipakai harus mengandung peptide, retinol, kolagen, minyak esensial, serta vitamin. Banyaknya zat aktif yang diperlukan berguna untuk melawan kerut dan pigmentas yang mulai muncul.
  • Usia 50an ke atas: Harus memilih krim malam dengan kandungan khusus yang diperuntukkan untuk kulit yang dewasa dan mengali penuaan.

2. Krim malam sesuai dengan kebutuhan kulit

Selain memilih krim malam dengan kandungan yang pas sesuai usia kulit, penting juga mencermati kebutuhan khusus kulit.

Kulit berjerawat misalnya, memerlukan krim malam yang berformula ringan. Berbeda kondisi dan kebutuhannya, berbeda pula jenis krim malam dan cara pemakaiannya.

Untuk kulit dengan kebutuhan khusus, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter kulit. Hal ini penting agar kulit mendapatkan perawatan yang tepat sasaran. Hasilnya pun akan lebih  baik.

3. Harga krim malam

Biasanya krim malam lebih mahal dibandingkan dengan krim siang. Hal ini dipengaruhi oleh kandungannya yang lebih kompleks. Namun, tidak semua krim malam yang bagus harus berharga mahal. Hasil yang diperoleh lebih ditentukan oleh kecocokan kulit dengan krim tersebut.

4. Tipe kulit pemakai

Gunakan skincare sesuai dengan jenis kulit masing-masing:

  • Kulit berminyak: Sebaiknya memilih krim malam yang berbasis air. Jika mengandung alfa hidroksi atau beta hydroxy acid akan lebih baik.
  • Kulit kering: Memerlukan krim malam yang menciptakan lapisan pelindung kulit agar tidak mudah melepaskan kadar air di bawah permukaannya.
  • Kulit sensitif: Memerlukan konsultasi dengan dokter untuk memilih skincare, termasuk penggunaan krim malam. Pilihlah yang telah berlabel hypoallergenic dan memiliki kandungan formula yang ramah di kulit.

Demikian cara memakai krim malam beserta tips memilihnya. Pemakaian yang benar serta pemilihan krim malam yang tepat akan membuat kulit wajah lebih sehat dan glowing sempurna.

Jangan lupa untuk selalu konsisten dan bersabar dalam menunggu hasil kerja krim malam. Terlalu sering berganti produk karena tidak sabar menunggu hasilnya justru akan merusak kulit.

 

  1. Mukherjee, Somreeta. 2012. How To Use Night Creams. https://makeupandbeauty.com/night-creams/. (Diakses tanggal 21-11-2021)
  2. Plum People. 2015. Everything you wanted to know about night creams. https://plumgoodness.com/blogs/skincare/35040769-everything-you-wanted-to-know-about-night-creams. (Diakses tanggal 21-11-2021)
  3. Rao, Jyotsana. 2019. 11 Amazing Benefits Of Using Night Creams. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-using-night-creams/. (Diakses tanggal 21-11-2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi