Terbit: 3 August 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari masker wajah, sangat penting untuk mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Lantas, bagaimana cara menggunakan masker wajah yang benar? Yuk, intip langkah-langkahnya dalam penjelasan di bawah ini!

Agar Maksimal, Begini Cara Menggunakan Masker Wajah yang Benar

Cara Menggunakan Masker Wajah

Waktu yang tepat untuk menggunakan masker adalah di malam hari, karena merupakan waktu yang tepat untuk beristirahat, begitu pun untuk kulit Anda. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus mengetahui cara menggunakan masker wajah yang benar:

1. Periksa kulit wajah

Terdapat banyak jenis masker  yang beredar di pasaran dan ada juga masker yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kondisi kulit wajah.

Sebagai langkah pertama, bercerminlah dan tentukan hasil apa yang Anda inginkan dari masker wajah. Apakah Anda ingin menyegarkan kulit atau menghilangkan minyak berlebih? atau apakah ingin menghilangkan jerawat atau mengurangi tanda-tanda penuaan?.

Setelah mengetahui jenis masker yang dibutuhkan, Anda bisa membeli atau membuat masker wajah alami yang tepat.

2. Siapkan masker wajah

Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan saat memilih masker: yakni membeli masker kemasan dari toko atau membuat masker sendiri di rumah.

Jika hendak menggunakan masker kemasan, bacalah instruksi penggunaannya dan ikutilah instruksinya. Masker kemasan tersedia untuk berbagai keluhan kulit dan jenis kulit. Bacalah bahan-bahan yang tertera pada label dan cari masker yang ingin Anda gunakan.

Jika menggunakan masker buatan sendiri, siapkan semua bahan dan ikutilah resepnya. Masker alami buatan sendiri bisa dibuat dari berbagai bahan alami, termasuk putih telur, alpukat, susu, oatmeal, dan produk-produk rumah tangga lainnya. Untuk itu, carilah resep yang cocok untuk Anda.

3. Menggunakan kuas khusus wajah

Cara menggunakan masker wajah lebih baik dioleskan menggunakan kuas berbulu lembut, seperti kuas lukis atau tint brush yang biasanya digunakan untuk mengoleskan pewarna rambut.

Oleh karena itu, carilah kuas yang khusus digunakan untuk pemakaian masker. Bersihkan kuas baik sebelum atau setelah selesai dipakai.

4. Simpan masker di dalam lemari es 

Simpan semua bahan di dalam lemari es hingga Anda siap menggunakannya. Lakukan langkah ini terutama jika menggunakan bahan-bahan yang tidak tahan lama.

Meski demikian, masker kemasan pun akan lebih bagus untuk kulit dan lebih enak dipakai dalam keadaan dingin. Untuk efek mendinginkan, masukkan masker wajah ke dalam lemari es setidaknya satu jam sebelum digunakan.

5. Bersihkan wajah

Cara menggunakan masker wajah yang tepat berikutnya adalah harus membersihkan wajah yang menyumbat pori-pori terlebih dahulu. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab pori-pori tersumbat, antara lain make up, sel kulit mati, kotoran, debu, keringat, hingga minyak (sebum).

Oleh karena itu, bersihkan wajah sebelum menggunakan masker. Anda dapat menggunakan pembersih wajah, sehingga pori pori sudah siap menerima reaksi dari masker wajah secara langsung.

6. Membuka pori-pori wajah

Selain menghilangkan penyumbatan pori dengan membersihkan wajah, penting pula untuk membuka pori-pori.

Alasannya karena menggunakan masker akan lebih efektif jika pori-pori wajah terbuka sebelum memakainya. Cara termudah untuk melakukannya adalah mandi dengan air hangat.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan handuk yang telah direndam di dalam air panas, lalu tutup wajah dengan handuk basah hingga handuk mendingin.

Alternatif lainnya adalah menguapi wajah menggunakan baskom yang diisi air panas dan tutup dengan handuk selama 1-2 menit.

Baca Juga: 25 Masker Wajah Alami dan Cara Membuatnya

7. Mengoleskan masker secara merata

Cara menggunakan masker wajah yang benar adalah dengan mengoleskan masker secara merata di seluruh bagian wajah, kecuali bagian bibir dan mata. Anda juga bisa mengoleskannya sampai ke leher.

Beberapa produk masker mungkin menganjurkan untuk memijatkannya ke kulit selama beberapa detik. Langkah ini sebagian besar berlaku untuk produk pengelupasan (exfoliation). Bacalah instruksi produk sebelum Anda melakukannya.

8. Beri waktu agar meresep

Agar khasiat dari masker meresap ke dalam pori-pori kulit wajah, sebaiknya diamkan masker selama kurang lebih 15 hingga 20 menit tergantung pada instruksi produk.

Umumnya, penggunaan masker untuk mengatasi kulit berminyak didiamkan dalam waktu singkat, sedangkan masker pelembap dan antipenuaan dibiarkan lebih lama (terkadang selama semalam).

9. Menggunakan irisan mentimun atau tomat

Selama menunggu masker wajah meresap ke pori-pori dan mengering, Anda bisa menggunakan irisan mentimun, tomat, kentang mentah, atau bahan lainnya di atas kedua mata.

Menempelkan irisan mentimun akan membuat area mata rileks, mengurangi pembangkakan, atau mengurangi kantung mata.

10. Membersihkan wajah dengan air hangat

Banyak orang yang keliru ketika membersihkan masker wajah. Umumnya, membersihkan masker dilakukan dengan  air dingin, padahal yang dianjurkan adalah menggunakan air hangat.

Oleh karena itu, sebaiknya bilas wajah menggunakan air hangat sampai semua masker terlepas dari wajah. Jika menggunakan kain lap basah, gunakan yang berbahan lembut

11. Keringkan wajah dengan handuk lembut

Setelah mencuci wajah, pastikan menggunakan handuk yang bersih dan memiliki tekstur lembut. Handuk yang berbahan kasar hanya akan melukai kulit wajah, dan handuk yang kurang bersih akan membuat wajah ternodai oleh berbagai kotoran dan kuman penyakit.

12. Menggunakan pelembap

Meskipun kulit terasa sangat lembap setelah menggunakan masker wajah, Anda dapat membuatnya bertahan lebih lama dengan mengunci hidrasi menggunakan pelembap, toner, serum, atau tabir surya, terutama sebelum tidur.

Gunakan pelembap seukuran mutiara dan oleskan secara merata di wajah. Mulai dari tengah ke luar, oleskan dengan lembut ke seluruh wajah.

Baca Juga: Menggunakan Sperma untuk Masker Wajah, Bermanfaatkah?

Seberapa Sering Menggunakan Masker Wajah?

Anda dapat menggunakan masker wajah tergantung pada jenis kondisi kulit wajah. Misalnya masker antipenuaan dapat digunakan beberapa kali seminggu, sedangkan masker untuk kulit berminyak digunakan dua hingga tiga kali.

Masker hidrasi juga dapat digunakan beberapa kali seminggu. Apabila Anda memiliki kulit sensitif, Anda mungkin hanya perlu menggunakan masker wajah seminggu sekali.

Nah, itulah penjelasan tentang cara menggunakan masker wajah yang benar. Penggunaan masker wajah yang tepat seperti di atas berguna agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Cherney, Kristeen. 2018. When Is the Best Time to Apply a Face Mask?. https://www.healthline.com/health/face-mask-before-or-after-shower. (Diakses pada 2 Agustus 2022)
  2. Cirino, Erica. 2019. How to Apply a Face Mask Correctly. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-apply-a-face-mask-correctly. (Diakses pada 2 Agustus 2022)
  3. Sinha, Ramona. 2022. How Often Should You Use Face Masks For Healthy Skin?. https://www.stylecraze.com/articles/bubble-mask-work-benefits/. (Diakses pada 2 Agustus 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi