Terbit: 14 July 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Acne patch atau pimple patch adalah tempelan kecil yang terbuat dari gel khusus. Banyak yang mengandalkan tempelan ini untuk menghilangkan jerawat. Bagaimana efektivitasnya? Temukan jawabannya di sini!

Benarkah Acne Patch Bantu Hilangkan Jerawat?

Bagaimana Cara Kerja Acne Patch?

Acne patch terbuat dari gel bernama hydrocolloid. Bahan ini dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan luka sehingga jerawat mudah mengering.

Salah satu spot treatment jerawat ini dapat membuat tampilan jerawat tidak terlihat sekaligus membantunya untuk cepat sembuh.

Cara kerjanya dalam mengatasi masalah kulit berjerawat adalah sebagai berikut:

1. Menyedot Kotoran dari Pori-pori

Pimple patch dapat menyerap kelebihan cairan di dalam kulit. Cara kerjanya seperti vakum yang mengeluarkan kotoran dan minyak penyebab jerawat.

Setelah bekerja, kotoran pada wajah akan diubah menjadi seperti gel yang kemudian akan menempel pada acne patch.

Selain itu, pimple patch dapat mencegah bakteri masuk ke jerawat dan memperburuk peradangan.

Baca JugaMengenal Jerawat Hiperandrogen dan Cara untuk Mengatasinya

2. Mengobati Bekas Jerawat dengan Bahan Aktif di Dalamnya

Manfaat pimple patch untuk melawan bekas jerawat hadir berkat kandungan bahan aktif di dalamnya. Salah satu kandungan yang memiliki efek baik untuk bekas jerawat adalah salicylic acid atau asam salisilat.

Kandungan ini dapat membersihkan pori-pori dari kotoran dan bakteri, sehingga membantu bekas jerawat mudah untuk hilang.

Menurut American Academy of Dermatology, selain benzoil peroksida, asam salisilat adalah salah satu bahan terbaik untuk mengobati bekas jerawat.

Bukan hanya kandungan aktifnya yang baik untuk bekas jerawat, beberapa produk acne patch sudah memiliki kandungan yang dapat sekaligus melembapkan kulit, seperti vitamin A dan aloe vera. Menurut penelitian, dua kandungan ini dapat membantu mengurangi peradangan.

3. Mencegah Keinginan untuk Menyentuh dan Memainkan Jerawat

Meskipun terkesan sepele, memegang atau memainkan jerawat di kulit dapat berisiko memperburuk kondisi yang sudah ada, lho.

Ketika Anda menyentuh jerawat, maka risiko peradangan bisa meningkat. Pada gilirannya, jerawat akan lama untuk sembuh. Meskipun sudah tidak meradang, jerawat bisa meninggalkan bekas pada kulit.

Oleh karena itu, penggunaan acne patch dapat membantu mencegah keinginan Anda untuk menyentuh, memainkan, atau memencet jerawat.

Cara Menggunakan Acne Patch

Penggunaan acne patch berbeda-beda tergantung dari jenis produk yang digunakan. Sebagian produk membutuhkan beberapa jam untuk bekerja sehingga sebaiknya Anda tidak menggunakan jenis ‘stiker jerawat’ ini sebelum tidur malam.

Namun, beberapa jenis produk juga sengaja dibuat menyerupai warna kulit sehingga tidak terlalu mencolok saat digunanakan. Jadi, Anda bisa dengan bebas menggunakannya di siang hari ketika beraktivitas.

Sebelum menggunakan acne patch, pastikan kulit wajah dalam keadaan kering sehingga patch bisa menempel dengan sempurna. Namun, sebelum menggunakan spot treatment untuk jerawat ini, Anda telah menyelesaikan rangkaian perawatan wajah di malam hari, ya.

Barulah setelah memastikan kulit Anda kering, tempelkan acne patch pada jerawat. Diamkan sesuai dengan petunjuk penggunaan produk karena biasanya waktu penggunaan akan berbeda-beda.

Beberapa produk dapat Anda gunakan semalaman, bahkan Anda juga dapat memakai patch saat mandi karena sifatnya yang tahan air. Pagi harinya, Anda bisa melepaskan spot treatment untuk jerawat ini, lalu mencuci wajah seperti biasa.

Setelahnya, Anda biasanya akan langsung mendapati jerawat tampak lebih kecil dengan peradangan yang berkurang.

Baca JugaCara Mengatasi Jerawat Meradang (Medis dan Alami)

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Terlepas dari jenis acne patch apa yang Anda gunakan, bacalah petunjuk penggunaan di dalam kemasan secara saksama.

Selain itu, gunakan teknik ini dalam rangkaian perawatan wajah di malam hari. Pasalnya, ketika kita tidur di malam hari, kulit akan beregenerasi. Oleh karena itu, ini merupakan waktu yang baik bagi kulit untuk memperbaiki diri.

Sayangnya, sebagian orang mungkin tidak akan merasakan manfaat acne patch terutama jika kondisi jerawat yang dialami cukup parah. Meskipun tidak akan memperparah jerawat yang sudah ada, penggunaan pimple patch ini juga tidak akan mendatangkan manfaat.

Tak hanya itu, bagi pemilik kulit sensitif, pimple patch mungkin sebaiknya tidak digunakan karena dapat memperburuk kulit di sekitar lesi. Selain itu, beberapa produk juga menggunakan asam salisilat dan tea tree oil. Meski bermanfaat untuk mengeringkan jerawat, bahan-bahan tersebut dapat mengiritasi kulit sensitif.

Setelah Anda mengetahui apa itu acne patch dan efektivitasnya dalam mengatasi masalah kulit berjerawat, kini Anda bisa mempertimbangkan penggunaannya.

Namun, sebelum menggunakan produk tertentu untuk kulit, pastikan untuk mengenali jenis kulit Anda sehingga penggunaan produk akan sesuai.

Jika masih ragu, tak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit, terutama jika Anda mengalami masalah jerawat yang tidak kunjung membaik setelah menggunakan produk ini.

 

  1. Anonim. 2021. Do Pimple Patches Actually Work? https://health.clevelandclinic.org/how-do-pimple-patches-work/. (Diakses pada 14 Juli 2022).
  2. Anonim. Acne: Diagnosis and Treatment. https://www.aad.org/public/diseases/acne/derm-treat/treat.  (Diakses pada 14 Juli 2022).
  3. Migala, Jessica. 2019. Pimple Patches: What They Are, How They Work, and the Best Brands. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/pimple-patches-what-they-are-how-they-work-and-the-best-brands/. (Diakses pada 14 Juli 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi