Terbit: 11 Maret 2018 | Diperbarui: 18 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kerap dianggap sebagai masalah sepele, dalam realitanya tersedak bisa mengancam nyawa. Hal inilah yang terjadi pada Isak Bester, pria berusia 50 tahun yang berasal dari North Island, Selandia Baru.

Wanita Ini Merobek Tenggorokan Sang Pacar Demi Menyelamatkan Nyawanya

Photo Source: newtalkzb.co.nz

Dikutip dari The Sun, Isak sedang melakukan pesta barbecue bersama dengan pacarnya, Sarah Glass. Saat makan salah satu daging steak yang baru dimasak, Isak tiba-tiba tersedak dan tidak mampu bernafas karena potongan daging ini menyumbat saluran pernafasannya. Teman-temannya sudah berusaha sedemikian rupa untuk mengeluarkan potongan daging tersebut namun tak berhasil.

Melihat muka Isak yang sudah berubah menjadi keunguan karena tak lagi mampu bernafas, Sarah pun tidak tinggal diam dan terus memberikan nafas buatan melalui mulut. Namun, hal ini sama sekali tidak memberikan dampak apapun.

Tak ingin kekasihnya meninggal dengan cara yang mengenaskan, Sarah tiba-tiba saja terpikir untuk meminta pisau atau benda tajam lainnya. “Kalau Ia tak bisa bernafas, aku harus merobek tenggorokannya,” pikirnya.

Sarah yang berprofesi sebagai bidan ini ternyata pernah belajar tentang pertolongan pertama pada saat usianya masih 20an. Meskipun terlihat ekstrem, apa yang Ia lakukan sudah sesuai dengan pedoman pertolongan pertama yang harus dilakukan demi menyelamatkan nyawa.

Saat sudah mendapatkan pisau. Dengan cekatan Sarah merobek tenggorokannya, persis di bawah jakun. Ia kemudian langsung memasangkan selang tabung oksigen yang berada dekat dengan posisi mereka berada. Setelahnya, pertolongan medis pun datang 20 menit kemudian dan melarikan Isak ke rumah sakit.

Seminggu kemudian, Isak sudah boleh pulang dari rumah sakit. Ia mengaku sangat tertolong dengan tindakan yang dilakukan kekasihnya.

Sobat Sehat pernah tersedak atau tidak? Hati-hati saat makan atau minum agar tidak lagi mengalaminya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi