Terbit: 17 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Berhenti merokok adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam rokok yang bisa membuat kita kecanduan sehingga jika sampai kita berhenti menghisapnya, tubuh akan terus memaksa kita untuk kembali merokok.

Tips Mempersiapkan Diri Agar Berhasil Berhenti Merokok

Dikutip dari Verywell Mind, meskipun memang sebaiknya kita sesegera mungkin berhenti merokok, ada baiknya kita melakukan persiapan untuk melakukannya sehingga kita bisa berhasil untuk benar-benar berhenti merokok. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mempersiapkan hal ini satu atau dua minggu sebelum kita benar-benar tak lagi merokok.

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membaca seluruh dampak buruk bagi nikotin dan tips-tips menghentikan kecanduannya di internet. Jika perlu, kita juga bisa mencari komunitas yang memang bisa membantu atau memberikan saran yang pas untuk berhenti merokok.

Tak hanya kecanduan, banyak orang yang kesulitan untuk berhenti merokok karena menganggap kondisi tubuhnya baik-baik saja dan tidak mengalami dampak kesehatan selama mereka melakukan kebiasaan buruk tersebut. Jika kita lebih baik dalam menyadari dampak buruk dari merokok, maka kita pun akan memiliki tekad lebih kuat untuk melakukannya.

Jika perlu, kita bisa menempel besar-besar tulisan dari alasan untuk berhenti merokok di tempat atau ruangan yang kerap kita kunjungi. Sebagai contoh, kita berhenti merokok demi anak dan istri, atau hal-hal lainnya. Selain itu, kita juga bisa memberikan penghargaan pada diri sendiri jika berhasil tidak merokok dalam sehari. Penghargaan karena tidak merokok dalam sehari bisa berupa mendapatkan makanan tertentu atau mandi air hangat yang bisa menenangkan pikiran.

Cara lain untuk berhenti merokok adalah dengan menyibukkan diri dengan hal-hal yang lebih positif, rajin berdiskusi dengan dokter atau komunitas yang bisa membantu kita berhenti merook, dan mengonsumsi vitamin atau nutrisi yang bisa mendukung kita untuk berhenti merokok.

Apakah Sobat Sehat merokok?


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi