Terbit: 16 March 2018 | Diperbarui: 27 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Berat badan kerap dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang umumnya dihubungkan dengan terjadinya penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, diabetes dan hipertensi, padahal berat badan juga dapat memengaruhi kesehatan tulang kita lho.

Berat Badan Bisa Pengaruhi Kesehatan Tulang, Benarkah?

Berat badan memiliki pengaruh terhadap densitas massa tulang tubuh (bone mass). Menurut penelitian yang dilakukan oleh The American Society for Bone and Mineral Reseraches, berat badan dan sel adiposa tubuh memengaruhi massa tulang dengan tiga cara.

Ketiga hal atau cara yang dapat memengaruhi bone mass adalah:

  1. Berat badan yang berlebih menyebabkan beban berat badan lebih besar badan pada tulang (weight bearing)
  2. Berat badan yang tidak seimbang pada orang dewasa akan memengaruhi peak bone mass, serta
  3. Kondisi hormonal saat menopause yang memengaruhi berat badan dan kepadatan tulang

Apabila densitas kepadatan tulang kita terganggu maka akan meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis atau gangguan kepadatan tulang yang lain, seperti fraktur atau patah tulang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa risiko gangguan pada massa tulang lebih besar terjadi pada orang yang kurus atau underweight. Orang kurus memiliki risiko penuruan masa tulang yang lebih besar dibandingkan dengan risiko yang ada pada orang obesitas.

Menurut Nikolaos Katsilambors, pakar kesehatan dari University of Athens Medical School Yunani, penurunan berat badan sebanyak 10% dari berat badan yang ideal akan menyebabkan peningkatan kejadian pengerosan tulang sebanyak 1-2% di berbagai lokasi tulang.

Selain itu, berat badan yang tidak stabil atau naik turun selama masa dewasa hingga tua terbukti meningkatkan risiko fraktur panggul.

Kesehatan tulang umumnya baru terganggu jika berat badan kita sudah tidak seimbang dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu kita sebaiknya selalu mempertahankan berat badan ideal, karena berat badan yang berlebih, kurang atau berubah-ubah akan memengaruhi densitas massa tulang.

Namun kondisi kesehatan tulang tentu tidak bisa hanya diusahakan dari faktor berat badan saja.

Jangan lupa tulang juga membutuhkan asupan vitamin D, kalsium dan magnesium yang cukup agar mineral tulang terbentuk optimal ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi