Terbit: 29 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tak dapat dipungkiri, tidur adalah salah satu kebutuhan biologis manusia. Tidur yang cukup berguna unuk menghilangkan rasa lelah akibat aktivitas sehari-hari sehingga kita cukup punya energi untuk melanjutkan aktivitas keesokan harinya.

Terlalu Lama Tidur Ternyata Tidak Sehat Lho!

Kondisi kurang tidur membuat kita sulit berkonsentrasi, menghambat kreativitas, bahkan memicu munculnya risiko penyakit tertentu. Umumnya orang dewasa butuh tidur sekitar 7-9 jam. Jika lebih dari waktu tersebut, ternyata bisa menimbulkan efek negatif yang sama jika kurang tidur.

Beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan akibat kurang tidur antara lain:

1. Diabetes
Beberapa studi menyebutkan bahwa baik orang yang terlalu lama atau kurang tidur sama-sama memiliki risiko diabetes.

2. Sakit kepala
Pernahkah Anda mengalami tidur siang terlalu lama sehingga mengalami kesulitan tidur pada malam hari? Kondisi ini dapat menyebabkan Anda mengalami sakit kepala keesokan harinya karena tidur terlalu lama dapat memngaruhi kerja senyawa kimia di otak.

3. Obesitas
Saat tidur, metabolisme tubuh berjalan lebih lambat sehingga saat kita tidur lebih lama, hal ini memicu obesitas. Sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang tidur terlalu lama berisiko 21% terkena obesitas lebih tinggi dari orang yang tidur selama jam normal.

4. Sakit punggung
Salah satu bahaya dari tidur terlalu lama adalah munculnya risiko sakit punggung. Untuk mengurangi rasa sakit tersebut disarankan untuk mengubah jam tidur agar sesuai dengan jam tidur normal yang disarankan.

Untuk mengatasi risiko tidur yang terlalu lama, sebaiknya Anda mencoba menguranginya dengan menjaga kualitas tidur Anda. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Hindari kafein dan alkohol
Mengonsumsi alkohol sebelum tidur dapat menyebabkan Anda terjaga hingga tengah malam dan memicu mimpi buruk saat tidur. Selain alkohol, hindari juga minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, juga soda dan cokelat.

2. Ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman
Bersihkan kamar tidur Anda untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman. Jangan lupa matikan alat-alat elektronik dan lampu tidur agar tidur Anda lebih nyenyak.

3. Olahraga teratur
Olahraga secara teratur dapat memperbaiki metabolisme tubuh Anda dan memperlancar peredaran darah sehingga membuat Anda lebih rileks dan tidur cukup.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi