Terbit: 18 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Sekilas, cerdas dan pintar sepertinya sama. Padahal ada perbedaan di antara keduanya. Tanda orang cerdas dan pintar pun tidak sama. Cek tanda tanda orang cerdas vs orang pintar di sini!

11 Tanda Orang Cerdas Menurut Pakar, Bukan IQ Saja

Perbedaan Tanda Orang Cerdas dan Orang Pintar

Selama ini banyak orang berpikir kecerdasan dan kepintaran adalah hal yang sama. Keduanya pun diukur oleh ukuran yang sama yaitu IQ. Padahal ada perbedaan antara cerdas dan pintar.

Cerdas adalah kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah berdasarkan logika, kreativitas dan kearifan. Sementara pintar adalah kemampuan memecahkan masalah berdasarkan pengetahuan yang dimiliki.

Seseorang bisa saja pintar, tetapi belum tentu cerdas. Menurut Michael Hall, tanda orang pintar adalah mereka tahu banyak fakta, banyak ilmu. Mereka bahkan bisa seperti ensiklopedia berjalan. Namun mereka tidak bisa menggunakan ilmu tersebut secara tepat.

Sementara orang yang cerdas, masih menurut penulis buku Executive Thinking ini, memanfaatkan kemampuannya berpikir, menganalisis, dan berkreasi dalam memecahkan masalah. Ilmu pengetahuan menjadi pondasinya saja.

Namun dapat disimpulkan bahwa pintar saja tidak cukup. Seseorang harus mengembangkan kecerdasannya. Karena tantangan dalam hidup seringkali tidak ada panduannya dalam buku teks.

Tanda Orang Cerdas yang Jarang Disadari

Menurut Howard Gardner, Phd,  terdapat 9 tipe kecerdasan yang disebut Multiple Intelligence. Sementara selama ini kebanyakan orang hanya terfokus pada satu tanda kecerdasan saja, yaitu cerdas logis matematis. Sementara ada 8 jenis kecerdasan lainnya, yaitu kecerdasan musikal, bahasa, naturalis, interpersonal, intrapersonal, moral, kinestetik, dan spasial.

Jadi tanda orang cerdas bisa beragam, sesuai dengan jenis kecerdasan yang mereka miliki. Berikut adalah 11 tanda orang cerdas vs tanda orang pintar, di antaranya:

1. Dapat memainkan alat musik dan mengenal nada dengan baik

Penelitian dari Glenn Schellenberg pada tahun 2004 menunjukkan bahwa IQ anak berusia 6 tahun yang belajar memainkan alat musik berkembang lebih pesat daripada anak yang tidak belajar musik. Sementara di tahun 2011, hasil penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan bahasa berkembang lebih baik jika diiringi dengan belajar musik.

Kombinasi nada dan berbagai bunyi merangsang otak untuk lebih banyak menyambungkan sinaps. Maka dari itu, orang yang pintar bermain musik biasanya lebih kreatif, pintar bergaul, lebih rileks, dan berperasaan halus.

 

2. Memiliki empati yang tinggi

Orang cerdas ternyata memiliki empati yang tinggi. Mereka lebih peka terhadap perasaan orang lain. Mereka juga dapat menempatkan diri dengan baik di tengah lingkungan. Ini ada hubungannya dengan kecerdasan interpersonal dan moral yang dimilikinya.

3. Spontan

Orang cerdas biasanya berpikir pendek, cepat mengambil keputusan. Mereka berani mengambil risiko dan selalu berusaha agar risiko tersebut dapat diperkecil. Berbeda dengan orang pintar yang hanya biasanya berpikir panjang, penuh pertimbangan, dan logika.

4. Memiliki rasa humor yang bagus

Mereka yang cerdas dinilai memiliki selera humor yang bagus. Orang-orang ini juga lebih peka dan lebih menghargai setiap candaan yang sehat. Orang cerdas tidak akan terlihat sangat serius, berpikir keras, dan biasanya mereka anti-frigid (tidak dingin).

 

5. Berantakan

Tanda orang cerdas yang satu ini agak menyebalkan, tapi memang benar. Banyak orang cerdas dan kreatif yang cenderung berantakan. Bahkan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa tulisan tangan mereka yang cerdas cenderung jelek. Hal ini karena otak mereka berpikir lebih cepat dibandingkan dengan gerak tangan mereka.

Kathleen Vohs dari University of Minnesota mengadakan penelitian terhadap 48 responden. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa ruang kerja yang berantakan sebenarnya adalah bahan bakar kreativitas.

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa mereka yang bekerja di ruangan rapi cenderung kurang kreatif dibandingkan orang yang bekerja di ruang berantakan. Hasil penelitian ini dimuat di jurnal Psychological Science.

6. Selalu penasaran

Orang cerdas tidak akan berpuas diri terhadap pengetahuan yang mereka punya. Mereka akan selalu penasaran, bertanya-tanya dan memiliki semangat belajar tinggi.

Orang yang cerdas bisa jadi tidak memiliki satu ilmu yang sangat mendalam seperti orang pintar. Namun mereka tahu banyak hal secara umum.

7. Memecahkan masalah dengan cara yang unik

Memecahkan masalah dengan cara unik ini ada hubungannya dengan kreativitas dan spontanitas mereka. Terutama orang cerdas yang memiliki dominasi otak kanan. Seringkali gaya pemecahan masalahnya membuat geleng-geleng kepala.

8. Belajar membaca dan berhitung lebih cepat

Kemampuan ini biasanya menandakan kecerdasan logis matematis yang tinggi. Anak yang lebih cepat membaca dan berhitung biasanya memiliki tingkat kecerdasan logis matematis yang tinggi.

Namun bukan berarti mereka yang kurang pandai berhitung tidak cerdas. Karena dalam kecerdasan majemuk, kemampuan berhitung hanya salah satu aspek saja.

9. Memikirkan suatu hal dari sudut pandang yang tidak biasa

Pernah mendengar frasa ‘think out of the box’? Nah, tanda ini menunjukkan kemampuan berpikir di luar kotak seperti frasa tersebut.

Orang yang cerdas selalu bisa melihat suatu masalah dari sisi yang tidak biasa. Mereka unik dan kreatif. Mereka selalu bisa menemukan sisi lain dari suatu kejadian, masalah, bahkan suatu benda. Sedangkan orang pintar lebih cenderung kaku dan menyelesaikan masalah sesuai metode yang mereka ketahui saja.

 

10. Pantang menyerah

Orang cerdas tidak mudah menyerah untuk menyelesaikan suatu masalah. Mereka akan mengerahkan kemampuan logika, kreativitas dan aspek kecerdasan lain untuk memecahkan masalah tersebut.

11. Pandai bergaul

Tidak semua orang dapat bergaul dengan luwes. Namun orang cerdas, walaupun beberapa di antaranya kaku di perkumpulan sosial, tetap memiliki cara untuk bisa membaur. Mereka dapat beradaptasi dan cenderung bisa bergaul dengan berbagai jenis orang.

Dari 11 tanda orang cerdas di atas, mungkin tidak semua dimiliki oleh seseorang. Hal itu bukan masalah karena seperti konsep multiple intelligence, setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda-beda.

 

  1. Hall, Michael. 2019. SMART, BUT NOT INTELLIGENT. https://www.thecoachingroom.com.au/blog/smart-but-not-intelligent. (Diakses pada 15 Nobermber 2021).
  2. Mautz, Scott. 2019. 9 Signs You’re More Intelligent Than You Think, According to Science. https://www.inc.com/scott-mautz/9-signs-youre-more-intelligent-than-you-think-according-to-science.html. (Diakses pada 15 Nobermber 2021).
  3. Raypole, Crystal. 2020. 11 Signs of Intelligence Proving There’s More Than One Way to Be a Genius. https://www.healthline.com/health/signs-of-intelligence. (Diakses pada 15 Nobermber 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi