Terbit: 3 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pusing bisa datang kapan saja dan menimpa siapa saja. Biasanya seseorang akan pusing karena mendapatkan banyak pekerjaan atau yang paling sering terjadi, pusing datang setelah kehujanan.

Sering Pusing Setelah Kehujanan, Begini Cara Mengatasinya

Kalau Anda kerap kehujanan dan kepala merasakan nyeri yang tidak tertahankan, coba lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Langsung keramas dan hangatkan badan
Setelah terkena guyuran hujan dan badan jadi basah, segera keramas dan bersihkan diri. Air hujan yang turun mengandung cukup banyak kotoran atau zat yang berbahaya lainnya karena pencemaran. Untuk itu, bersihkan kepala mulai dari rambut hingga ke kulit kepala.

Setelah keramas dan mandi, segera keringkan badan dan hangatkan badan dengan memakai pakaian yang tebal. Jika cara ini masih membuat Anda kedinginan, coba buat teh atau wedang jahe untuk menghangatkan tubuh.

2. Menjaga pola makan
Pola makan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian akan membuat tubuh selalu sehat. Efeknya meski tubuh terkena paparan sinar matahari, terkena radikal bebas, hingga kehujanan sekali pun, sakit kepala atau gangguan lainnya tidak akan datang.

3. Melakukan olahraga secara rutin
Selain memiliki pola makan yang baik, berolahraga rutin setiap hari juga membuat tubuh terhindar dari sakit kepala pasca kehujanan. Saat berolahraga peredaran darah dalam tubuh akan lancar, metabolisme naik, dan kekebalan tubuh bisa terjaga. Anda tidak akan mudah drop dengan cuaca yang cukup ekstrem.

4. Sediakan obat pereda nyeri
Kalau Anda selalu pusing setelah kehujanan, jangan lupa untuk membawa obat pereda nyeri. Saat sakit kepala muncul dan tidak bisa ditahan lagi, Anda bisa segera meminumnya dan membuat tubuh menjadi nyaman.

Saat akan bepergian atau pergi keluar rumah saat musim hujan, bawahlah obat di dalam tas dan air minum. Kalau kepala mendadak sakit setelah kehujanan, segera redakan agar aktivitas tidak terganggu.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi