Terbit: 10 November 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada banyak macam minuman penghilang ngantuk yang membuat Anda terjaga sepanjang hari. Tidak hanya kopi, minuman lainnya bisa menjadi pilihan untuk melawan rasa kantuk dan tetap aktif selama beraktivitas. Yuk, simak daftar minumannya berikut ini!

Sering Ngantuk? Ini 10 Rekomendasi Minuman yang Bikin Melek

Daftar Rekomendasi Minuman Penghilang Ngantuk

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dapat menurunkan energi yang menyebabkan kelelahan dan ngantuk. Oleh sebab itu, perbanyaklah asupan cairan. Ada berbagai macam minuman yang membantu tubuh tetap aktif sepanjang hari. Tidak hanya menyegarkan, minuman ini memiliki rasa yang enak.

Berikut ini berbagai pilihan minuman penghilang ngantuk:

1. Kopi

Kandungan kafein dalam kopi mampu membantu membangkitkan semangat di pagi hari. Namun, minum kopi di sore hari malah berdampak negatif pada kualitas tidur, karena menunda jam tubuh untuk tidur.

Satu penelitian menemukan bahwa minum minuman berkafein enam jam sebelum tidur mengurangi total waktu tidur satu jam. Sementara penelitian lain menemukan bahwa ada berbagai kandungan kafein dalam kopi. Bahkan kopi yang diklaim tanpa kafein pun mengandung kafein.

2. Teh hijau

Green tea alias teh hijau adalah minuman yang mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi dan lebih sedikit kalori, sehingga cocok sebagai minuman untuk Anda tetap terjaga dan aktif.

Jenis teh ini juga memiliki manfaat lain, yakni sebagai sifat pembakar lemak, meningkatkan fungsi otak, serta memperbaiki suasana hati dan produktivitas.

3. Teh matcha

Matcha adalah teh bubuk dari Jepang yang diseduh dengan air panas. Matcha mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan kopi. Teh ini kaya akan kandungan antioksidan yang meningkatkan energi.

Bubuk matcha adalah daun teh muda yang digiling sampai halus. Meskipun dari bahan yang sama, minuman ini agak berbeda dari daun teh hijau yang diseduh dengan air panas.

Manfaat teh matcha dapat mendetoksifikasi tubuh dan menurunkan kadar kolesterol, karena kaya akan kandungan vitamin C, zinc (seng), dan serat. Teh ini terasa pahit dan rendah lemak, yang membuat peminumnya merasa berenergi, aktif, dan tetap fokus.

4. Susu kunyit

Susu kunyit atau disebut golden milk, adalah minuman yang berkhasiat mencegah kecemasan dan memperbaiki kualitas tidur. Minuman tradisional asal India hanya terbuat dari campuran susu panas dan kunyit.

Jika disajikan dengan rempah lainnya, susu kunyit bisa membuat tubuh tetap hangat dan aktif. Biasanya kunyit dicampur dengan kayu manis, jahe, dan sirup maple untuk meningkatkan rasa. Penelitian membuktikan bahwa kurkumin (bahan aktif kunyit) dapat memperbaiki kondisi autoimun tertentu.

5. Air kelapa

Air kelapa dikenal sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Rasanya agak manis dan pedas yang menjadikannya sebagai minuman penghilang ngantuk di jam kerja. Ini karena air kelapa memiliki beberapa nutrisi, termasuk kalium, natrium, dan mangan, yang membuat tubuh tetap aktif sepanjang hari.

Minuman ini juga membantu melawan kelelahan. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, minumlah di pagi hari sebelum sarapan untuk meningkatkan metabolisme. Namun, Anda dapat menikmatinya kapan pun sepanjang hari, apalagi rasa kantuk datang.

Baca Juga: 7 Penyebab Sering Mengantuk padahal Sudah Tidur Cukup

6. Air

Minum banyak air mineral di siang hari dapat mencegah dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh. Beberapa gejalanya adalah kelelahan, mengantuk, kebingungan, dan pusing.

Sebuah penelitian di Universitas Tufts pada tahun 2009 menunjukkan bahwa kehilangan cairan 1-2% dalam tubuh terkait dengan kelelahan dan kebingungan. Oleh karena itu, sangat penting menjaga tubuh tetap terhidrasi karena air mengatur metabolisme tubuh dan membuat Anda terjaga sepanjang hari.

7. Smoothie hijau

Jika mata terasa berat atau mengantuk, cobalah minum smoothie hijau. Minuman ini terbuat dari  campuran alpukat, nanas, daun bayam, pisang, dan air kelapa. Tergantung selera, smoothie dapat dibuat dari campuran buah-buahan yang berbeda.

Perpaduan berbagai sayuran atau buah-buahan menjadikannya minuman yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Minum smoothie di pagi hari bisa membuat tubuh terasa segar dan memulai hari dengan semangat.

8. Air lemon

Karena rasa asamnya yang menyegarkan, air lemon menjadi minuman penghilang kantuk. Manfaat minum air lemon juga dapat membantu mencerahkan dan meremajakan kulit tanpa asupan kafein.

Beberapa kandungan nutrisi di dalam buah ini membantu Anda tetap terjaga sepanjang hari. Pektin di dalam air lemon membuat perut terasa kenyang, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil. Tingginya kandungan vitamin C dapat meningkatkan energi. Sementara kalium membantu meningkatkan fungsi otak dan kewaspadaan.

9. Air tebu

Minuman ini memiliki banyak manfaat dan dianggap sangat bergizi. Para dokter dan ahli gizi bahkan menyebutnya sebagai “tambang emas” kesehatan yang sesungguhnya. Air tebu tinggi kandungan zat besi, magnesium, kalsium, dan antioksidan.

Air tebu memiliki banyak manfaat, termasuk:

  • Meningkatkan kadar protein dan membuat tubuh tetap segar dan aktif.
  • Membantu mengatasi pilek dan dehidrasi.
  • Mengatasi infeksi hati, ginjal, dan saluran kemih.
  • Membangun plasma yang melawan kelelahan.

10. Minuman bersoda

Manfaat soda juga membantu Anda tetap terjaga dan lebih waspada. Tubuh tetap terhidrasi akan menjaga tingkat energi tetap tinggi. Soda adalah minuman berkarbonasi yang dapat ditambahkan irisan jeruk, lemon, mentimun, atau daun mint.

Minuman ini mengandung gas karbon dioksida terlarut yang membuat air bersoda. Meminumnya membuat pencernaan lebih lancar dan mengurangi sembelit. Pada akhirnya menjadikan perut tetap ringan, dan tubuh tetap aktif.

Baca Juga: Hindari Makanan Ini Kalau Tidak Ingin Lemas dan Mengantuk

Itu dia berbagai macam minuman penghilang kantuk yang menjadi pilihan Anda agar aktif sepanjang hari. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2021. 10 Beverages to Keep You Awake and Focused. https://vaya.in/10-beverages-to-keep-you-awake-and-focused/ (Diakses pada 10 November 2021)
  2. Anonim. 2019. Five drinks to avoid before going to bed. https://sleepeducation.org/five-drinks-avoid-before-going-bed/ (Diakses pada 10 November 2021)
  3. Gupta, Amishaa. 2017. 14 Amazing Caffeine-Free Ways to Stay Awake. https://food.ndtv.com/food-drinks/14-amazing-caffeine-free-ways-to-stay-awake-1735340 (Diakses pada 10 November 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi