Terbit: 11 Maret 2018 | Diperbarui: 7 Maret 2018
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pada umumnya, setiap orang yang melakukan pencabutan gigi tidak menimbulkan rasa sakit di kepala, akan tetapi ada orang-orang yang merasakan sakit di kepala pasca pencabutan gigi. Sakit kepala yang dirasakan pun beragam, dari yang ringan hingga tak kunjung reda selama beberapa hari. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Sakit Kepala Setelah Cabut Gigi, Inilah Penyebabnya

Photo Credit: Flickr.com/US Army Africa

Seperti dikutip dari Everyday Health, menurut Dr. James E Jacobs, rasa sakit kepala setelah pencabutan gigi bisa disebabkan karena stres. Hal ini biasa dialami oleh pasien sebelum dan sesudah operasi. Saat stres rongga mulut akan lebih rapat dan cenderung menggemeretakan gigi lebih sering.

Tidak hanya itu, menurut Dr. Jacobs hal lain yang menjadi penyebab sakit kepala adalah terjadinya kejang otot. Saat proses pencabutan gigi, rahang akan terbuka lebar, hal ini memungkinkan untuk terjadinya robekan otot. Pada akhirnya, kondisi ini bisa menyebabkan nyeri hingga migrain. Bahkan, untuk kasus yang jarang terjadi, saat pemberian anestesi jarum suntik bisa merobek beberapa serabut otot kecil.

Otot di sekitar Wajah

Otot di sekitar mulut, leher, wajah, dan kepala adalah otot yang sama. Jadi, ketika salah satu bagian otot tegang, tentunya hal ini akan memengaruhi kondisi otot lainnya bahkan hingga otot kepala. Terkadang, ketika melakukan proses cabut gigi, tanpa sadar otot-otot rahang dan mulut menegang.

Karena terlalu tegang, maka akan menimbulkan kram. Hal ini yang kemudian memengaruhi otot bagian kepala dan akhirnya timbul sakit kepala. Selain sakit kepala, Anda juga mungkin merasakan rasa sakit pada rahang atau terasa pegal.

Ketegangan ini bisa semakin parah kalau Anda memiliki rasa takut berlebihan untuk cabut gigi. Rasa takut ini bisa mengakibatkan otot-otot di sekitar mulut dan wajah menjadi tegang. Karena itu, percayakanlah pada dokter gigi untuk melakukan prosedur dengan aman.

Pengobatan Setelah Pencabutan Gigi

Sakit kepala ringan yang diakibatkan oleh pencabutan gigi bisa diatasi dengan pemberian obat parasetamol atau ibuprofen sesuai dengan dosis dokter. Anda juga bisa memijat daerah leher dan kepala untuk mengurangi rasa sakit dengan cepat. Pijatan bisa melancarkan aliran darah sehingga rasa sakit bisa berkurang. Selain itu, terdapat beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan di rumah, seperti:

  1. Kompres dengan kain panas atau sesuatu yang dingin

Tempatkan kain hangat atau beberapa potong es batu di kepala atau leher untuk mengurangi rasa sakit. Cara ini dipercaya ampuh untuk meredakan rasa sakit kepala dengan cepat.

  1. Menghindari stres

Jika memungkinkan, sebisa mungkin Anda harus menghindari stres. Ini adalah cara yang tepat untuk menghindari rasa sakit pada kepala. Setelah operasi pencabutan gigi, Anda diharuskan rileks dalam 24 jam. Batasi aktivitas selama satu atau dua hari ke depan untuk mencegah komplikasi

  1. Konsumsi makanan lunak

Sejumlah dokter gigi biasanya menyarankan untuk makan makanan yang lunak pasca operasi pencabutan gigi. Ikuti semua petunjuk dokter untuk menghindari terjadinya komplikasi.

Mencabut gigi bukanlah perkara yang mudah, mengingat jika Anda salah mencabut gigi, tatanan gigi secara keseluruhan bisa terganggu. Selain itu, mencabut gigi tanpa prosedur yang benar juga bisa menyebabkan infeksi.

Satu hal yang harus Anda perhatikan pasca pencabutan gigi adalah Anda harus lebih hati-hati  dalam memperlakukan rongga mulut. Jalan terbaik yang bisa Anda lakukan adalah tidak mengonsumsi makanan-makanan keras untuk beberapa hari. Jika pendarahan masih terjadi, Anda bisa meletakan es batu di tempat gigi yang baru dicabut.

Nah, itulah penyebab kenapa sakit kepala bisa muncul setelah mencabut gigi. Jika rasa sakit terus berlanjut sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi