Terbit: 2 Maret 2018 | Diperbarui: 8 April 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Seseorang yang memiliki dagu ganda menandakan mengalami penambahan berat badan atau obesitas. Dagu ganda merupakan penumpukan lemak atau lipatan di sekitar bawah rahang, yang seolah-olah menyerupai dagu.

Punya Dagu Ganda? Begini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Untuk menghilangkan dagu ganda, ada banyak latihan yang dapat membuang lemak di bawah dagu dan leher. Ada juga perawatan lain yang bisa digunakan untuk menunjang latihan ini.

Lalu apa yang menyebabkan dagu ganda? Ada beberapa faktor berbeda yang menyebabkan dagu ganda. Anda bisa memahami faktor-faktor ini yang dapat membantu cara menyingkirkan dagu ganda itu sendiri, berikut penyebabnya, seperti melansir Medical News Today.

1. Usia
Kulit bisa mulai kehilangan elastisitasnya seiring bertambahnya usia tubuh, yang bisa menyebabkan munculnya kulit ekstra atau kendor yang bisa menyebabkan dagu ganda.

2. Diet dan berat badan
Sementara penambahan berat badan tidak selalu menjadi penyebab dagu ganda, namun ini juga terlibat. Diet tinggi kalori, makanan olahan, dan lemak tidak sehat dapat memengaruhi penambahan berat badan dan dagu ganda juga.

3. Genetika
Gen mungkin berperan pada orang yang mengembangkan dagu ganda. Siapa pun yang memiliki sejarah keluarga kulit dengan sedikit elastisitas atau dagu ganda mungkin lebih cenderung mengembangkannya.

4. Sikap
Postur tubuh yang buruk bisa melemahkan otot-otot leher dan dagu. Hal ini dapat menyebabkan dagu ganda seiring berjalannya waktu, karena kulit di sekitarnya kehilangan elastisitasnya saat otot tidak digunakan.

Latihan untuk dagu ganda

Ada banyak latihan sederhana untuk dagu ganda. Meskipun ada sedikit penelitian ilmiah tentang efek latihan ini, mereka menargetkan otot leher dan wajah. Bekerja dengan otot-otot ini bisa membantu membakar lemak di area ini, dan mungkin merupakan bagian penting untuk menyingkirkan dagu ganda. Berikut latihan yang bisa menghilangkan dagu ganda:

1. Latihan memutar kepala
Seperti halnya rutinitas olahraga lainnya, penting untuk menghangatkan otot agar terhindar dari cedera. Untuk menghangatkan leher, putar kepala dengan hati-hati ke depan dan ke bawah lalu kembali dan naik menggunakan gerakan searah jarum jam. Setelah beberapa putaran, kembali lakukan dengan kebalikan arah.

Gerakan melingkar yang sama digunakan untuk meregangkan rahang. Angkat perlahan rahang kiri, lalu maju, lalu ke kanan, dan kemudian kembali, pegang setiap posisi selama satu atau dua detik. Ototnya akan hangat dan siap berolahraga.

2. Duduk dengan menenggakan kepala
Latihan ini sangat bagus untuk memperkuat otot dan memberi leher istirahat selama waktu yang dihabiskan di meja kerja. Duduklah dengan punggung lurus dan bahu santai.

Miringkan kepala ke belakang untuk melihat langit-langit. Dari posisi ini, tutup bibir ke posisi yang digunakan saat bersiul. Bibir harus santai tapi dipegang cukup ketat untuk merasakan kontraksi pada kedua sisi leher.

Tahan posisi ini selama 10 sampai 20 detik tergantung pada tingkat kenyamanan individu. Sepuluh pengulangan latihan ini biasanya cukup untuk satu kali duduk.

3. Berdiri tegak dengan menenggakkan kepala
Latihan ini mirip dengan yang sebelumnya, damun dengan beberapa perbedaan. Berdiri tegak dan tinggi dengan lengan dan bahu longgar serta rileks. Miringkan kepala ke belakang untuk melihat langit-langit. Buat bibir monyong dan seolah-olah mencium langit.

Bila dilakukan dengan benar, otot di seluruh leher dan dagu harus terasa tertekuk namun nyaman. Tahan posisi ini selama 5 sampai 20 detik dan kemudian rileks. Ulangi 10 sampai 15 kali.

4. Meremas bola
Latihan tangan adalah cara terbaik untuk membantu beberapa orang untuk melakukan latihan. Untuk latihan leher, ini bisa membantu menahan bola di suatu tempat di dekat meja, tempat tidur, atau di tempat di mana seseorang akan melakukan latihan. Ukuran bola bisa berkisar 5 sampai 10 inci berdasarkan kenyamanan dan harus mudah diremas.

Memeras bola dilakukan paling baik dari posisi duduk dengan punggung lurus dan bahu yang rileks.

Tempatkan bola di bawah dagu. Gunakan dagu untuk menekan bola dengan gerakan mantap dan tegak. Gerakan ini bisa diulang 10 sampai 30 kali selama masing-masing duduk.

5. Peregangan dengan bentuk mulut cemberut
Cara lain yang efektif untuk membentuk otot di dagu dan leher adalah melakukan peregangan mulut cemberut.

Berdiri atau duduk dengan bibir cemberut. Tahan posisi ini selama 3 detik. Dengan bibir yang masih cemberut, gunakan otot leher untuk memiringkan dagu ke arah dada tanpa menggerakkan bagian atas punggung.

Tahan posisi ini selama 3 detik. Buat otot rileks dan mulai lagi. Ulangi 10 sampai 20 kali atau sampai leher terasa.

6. Mengunyah permen karet
Permen karet mungkin tampak tidak bisa maksimal, tapi mungkin berguna bagi orang yang ingin menghilangkan dagu ganda dengan berbagai cara.

Sebuah studi menemukan bahwa individu yang mengunyah permen karet setelah makan mungkin merasa lebih puas dengan makanan yang mereka makan. Hal ini membuat mereka cenderung tidak mendapatkan makanan ringan tambahan. Permen karet bisa membantu orang yang kehilangan berat badan untuk mengurangi jumlah kalori dalam makanannya.

Permen karet adalah latihan kecil untuk otot-otot wajah, terutama rahang. Mengunyah permen karet secara teratur dapat membuang lemak secara keseluruhan di dagu.

7. Buka mulut seperti singa menguap
Inti dari latihan ini adalah membuka mulut lebar sambil menjulurkan lidah sejauh mungkin, sama seperti singa yang menguap. Ini bisa menjadi latihan yang bagus untuk menguatkan banyak otot di dagu, leher, dan wajah.

Duduk atau berdiri dengan postur tubuh yang rileks. Buka mulut selebar mungkin sambil menjulurkan lidah. Bila dilakukan dengan benar, otot leher, dagu, dan rahang akan kencang.

Julurkan lidah selama 10 detik dan buat rileks. Ulangi proses ini 10 kali dan lanjutkan ke latihan lain.

Perawatan lainnya untuk dagu ganda

Selain latihan, orang sering beralih ke perawatan tambahan untuk dagu ganda, di antaranya:

1. Masker wajah
Banyak masker wajah yang tersedia di super market atau apotek, yang bisa membantu mengencangkan kulit dan mengurangi tampilan dagu ganda.

Masker gliserin dan kopi atau masker teh hijau dapat membantu mendukung upaya latihan. Masker putih telur, madu, dan jus lemon juga mengurangi lemak di sekitar dagu.

2. Diet
Diet alami dapat membantu mengurangi munculnya dagu ganda, terutama jika hal itu disebabkan oleh penambahan berat badan. Mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari dapayt membantu.

Minum banyak air bisa menghilangkan lebih banyak lemak dari tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang minum air putih sebelum makan, akan menurunkan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak.

Air dan makanan kaya air, seperti melon dan mentimun juga dapat membantu menghilangkan lebih banyak racun dari tubuh.

3. Operasi
Beberapa orang memilih prosedur pembedahan untuk memperbaiki dagu ganda. Ada tiga prosedur utama untuk merawat dagu ganda:

  • Mesotherapy
    Terapi ini melibatkan penyuntikan senyawa ke dalam dagu yang melarutkan lemak. Prosesnya bisa memakan waktu hingga 6 bulan dan mungkin memerlukan lebih dari 100 suntikan pada beberapa orang. Jika dilakukan dengan tidak benar, bisa menyebabkan kerusakan saraf.
  • Liposculpting
    Cara ini bisa menghilangkan dagu ganda dengan mengeluarkan lemak melalui isap atau dengan laser. Liposcultping tidak akan menciptakan elastisitas lebih pada kulit; itu hanya akan menghilangkan lemak.
  • Kybella
    Obat ini disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat. Pengobatan tunggal melibatkan hingga 50 suntikan obat ke dalam jaringan lemak. Seseorang mungkin memiliki hingga enam perawatan individual, yang harus mereka lakukan setiap bulannya. Pilihan ini dapat menyebabkan efek samping seperti pembengkakan, memar, atau nyeri. Dagu ganda mungkin masih kembali jika gaya hidup tidak berubah untuk mempertahankannya.

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi