Terbit: 28 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Lebaran tinggal 2 minggu lagi, nih. Sudah siap-siap akan mudik ke kampung halaman belum? Kalau belum segera persiapkan ya, jangan mempersiapkan segalanya dengan mendadak.

10 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Mudik

Lebih baik sejak sekarang mempersiapkan apa yang harus dibawa saat mudik agar perjalanan ke rumah berjalan dengan lancar. Selain itu, mempersiapkan mudik jauh-jauh hari juga menghindari kesalahan yang membuat acara mudik jadi gagal total.

Well, apa pun jenis transportasi yang Anda gunakan, persiapkan segalanya dengan maksimal. Khusus Anda yang mudiknya menggunakan bus atau mengendarai kendaraan sendiri, bawa perlengkapan wajib di bawah ini.

  1. Perbekalan

Saat mudik kita masih melaksanakan puasa. Untuk itu, siapkan perbekalan karena Anda bisa saja mengalami buka atau sahur on the road.

Siapkan air mineral yang cukup di dalam tas atau simpan di bagasi. Selanjutnya selalu siapkan roti dan biskuit yang awet dibawa selama perjalanan. Makanan ini cukup andal untuk mencegah lapar sebelum Anda makan.

Kalau Anda mau bawa oleh-oleh, lebih baik dikirim saja jauh-jauh hari. Atau bawa seperlunya saja agar tidak susah selama perjalanan kecuali Anda bawa kendaraan pribadi yang besar.

  1. Kotak obat

Berada di jalanan memungkinkan seseorang mengalami sakit gara-gara kecapaian, untuk itu bawa selalu kota obat. Isi kotak obat dengan obat standar seperti pereda nyeri, obat maag, obat penghilang mual, atau obat-obatan pribadi.

Selain obat-obatan jangan lupa membawa minyak kayu putih yang bermanfaat untuk menghilangkan mual, mengatasi masuk angin, dan menghangatkan tubuh.

  1. Masker

Jangan lupakan masker saat mudik. Udara di jalan raya cenderung kotor, terlebih saat ada banyak kendaraan berlalu-lalang. Siapkan beberapa lembar untuk mencegah Anda batuk dan drop selama perjalanan.

  1. Bantal leher

Tidak semua tempat duduk di kendaraan umum dan nyaman. Agar Anda bisa istirahat sejenak dan tubuh tidak mudah lelah, bawa bantal leher. Gunakan bantal ini untuk sebagai penyangga untuk menghindari kelahan berlebih.

  1. Pengisi daya baterai

Jangan lupa untuk membawa pengisi daya seperti power bank atau charger. Gunakan alat itu untuk mengisi daya ponsel di perjalanan.

Kalau Anda menggunakan mobil, mungkin charger dengan banyak USB lebih dibutuhkan untuk mengisi banyak perangkat dalam sekali waktu.

  1. Pendingin tubuh

Kalau Anda menunggu akan kendaraan sendiri semisal mobil, AC mungkin bisa dinyalakan untuk mendinginkan tubuh. Nah, kalau mudiknya dengan bus umum yang panas? Anda butuh pendingin. Bawalah kipas portable atau kipas biasa untuk menghindari tubuh dehidrasi berlebihan.

  1. Jaket yang tebal

Anda yang mudiknya dengan kendaraan bermotor, jangan lupa untuk membawa jaket yang tebal. Selain itu bawa sarung tangan agar terhindar dari sengatan matahari. Terakhir, kalau cuaca sedang buruk, siapkan mantel juga ya.

  1. Bawa kartu pembayaran non tunai

Cara paling cepat agar bisa sampai rumah kalau Anda pakai kendaraan pribadi adalah dengan melalui jalan tol. Oleh karena itu siapkan kartu pembayaran non tunai untuk melancarkan perjalanan di tol di seluruh Indonesia

  1. Suku candang dan perlengkapan kendaraan

Ada kalanya kendaraan mendadak mogok sehingga Anda harus berhenti sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Bawalah perlengkapan kendaraan untuk memperbaiki atau suku cadang untuk mengganti bagian yang rusak.

  1. Kartu berobat

Kalau Anda memiliki kartu berobat, selalu bawa. Gunakan kalau Anda menemui kondisi darurat seperti sakit yang kambuh atau hal-hal yang tidak diinginkan lain seperti kecelakaan.

Semoga ulasan tentang 10 benda yang harus dibawa saat mudik di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan. Semoga mudiknya nanti lancar, ya!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi