Terbit: 3 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Sering disepelekan, namun fungsi tumbuhan bagi bumi sangat penting. Mari bahas tentang apa manfaat tumbuhan bagi manusia dan seluruh ekosistem pada pembahasan ini!

Pentingnya Tumbuhan Bagi Manusia, Cek Sejuta Manfaatnya!

Manfaat Tumbuhan bagi Manusia

Bagi ekosistem, keberadaan tumbuhan memiliki banyak pengaruh untuk stabilitas dan kelestarian lingkungan hidup. Tumbuhan sangat diperlukan karena keberadaannya dapat berperan sebagai sumber paru-paru dunia.

Tumbuhan juga dapat diubah menjadi sumber energi yang berperan dalam menunjang berbagai aktivitas manusia. Banyaknya ragam tumbuhan dan kekayaan manfaat yang dimiliki oleh tumbuhan perlu untuk ditelusuri lebih lanjut.

Apa saja manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia? Selain untuk penghasil oksigen untuk manusia untuk bisa bertahan hidup, yuk simak ulasan manfaatnya berikut!

1. Tumbuhan untuk Konsumsi

Kebutuhan dasar manusia adalah kebutuhan untuk memenuhi konsumsi. Konsumsi merupakan kebutuhan fisiologis dasar dalam hierarki kebutuhan manusia.

Tumbuhan merupakan salah satu sumber daya yang dapat dimanfaatkan manusia untuk kebutuhan konsumsi. Berbagai jenis tumbuhan kaya akan kandungan dan manfaat yang dapat memenuhi kebutuhan konsumsi manusia.

Berikut beberapa contoh jenis tumbuhan yang baik dan kaya manfaat untuk dikonsumsi oleh manusia:

  • Sayur-sayuran: Sawi, brokoli, bayam, kangkung, kale, bok choy, dsb.
  • Umbi-umbian: Kentang, wortel, singkong, talas, dsb.
  • Biji-bijian: Gandum, beras, jagung, sereal, kacang dsb.
  • Buah-buahan: Manga, jeruk, apel, markisa, buah beri, dsb.
  • Rempah-rempah: Kayu manis, lada, kunyit, jahe, dsb.

Baca Juga: 17 Tanaman Herbal Pembunuh Virus Paling Ampuh

2. Tumbuhan untuk Kebutuhan Medis

Tumbuhan juga telah banyak ditemukan oleh para peneliti dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan medis. Dalam kebutuhan medis, tumbuhan dapat diracik sedemikian rupa untuk menghasilkan obat-obatan.

Tumbuhan untuk kebutuhan medis harus diproses secara ilmiah untuk mendapatkan kandungan terbaiknya dalam menghasilkan obat-obatan. Obat-obatan ini bermanfaat untuk memelihara kesehatan, mengangkat racun, dan menyembuhkan luka yang dialami oleh tubuh.

Tumbuhan ini biasa disebut dengan tumbuhan herbal. Tumbuhan herbal dapat digunakan untuk kebutuhan tradisional maupun kebutuhan medis modern.

Berikut beberapa contoh penggunaan tumbuhan untuk pengobatan tradisional dan pengobatan modern:

  • Obat Tradisional: kunyit asam untuk mengurangi nyeri haid, rebusan manggis untuk mengobati kanker, dsb.
  • Obat Modern: Catharanthus roseus untuk pengobatan leukemia, Agave sp. untuk mengobati eksim, dsb.

Baca Juga: 5 Obat Herbal yang Dipercaya Ampuh Atasi Ejakulasi Dini

3. Tumbuhan untuk  Lingkungan Hidup

Keberadaan tumbuhan merupakan salah satu faktor penting untuk kelestarian lingkungan hidup. Tumbuhan dapat membantu menetralkan kadar polusi udara serta membangun iklim lingkungan yang lebih stabil.

Keberadaan tumbuhan diketahui dapat meningkatkan kualitas udara yang berada di suatu lokasi. Akar tumbuhan juga dapat menyerap air ketika hujan turun, sehingga dapat mencegah timbulnya bencana banjir yang meluap di pemukiman warga.

Berikut merupakan beberapa tanaman yang dapat bermanfaat untuk lingkungan hidup:

  • Pohon bakau (Rhizopora, sp.) untuk mencegah abrasi pada pantai.
  • Puring (Codiaeum Variegatum) dan kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis).
  • Lily paris (Chlorophytum comosum) untuk menyerap radikal bebas dan melawan polusi udara.
  • Lidah mertua (Sansiviera, sp.) untuk menyerap radiasi pada benda-benda elektronik.

Pada dasarnya, hampir seluruh jenis tanaman berguna untuk lingkungan hidup. Ini termasuk menyediakan penghijauan dan area resapan untuk mencegah banjir terutama di wilayah perkotaan.

4. Tumbuhan untuk Rekreasi dan Estetika

Tumbuhan apabila dirawat dengan tepat dan diletakkan dalam penataan yang menarik, dapat menjadi sarana rekreasi dan estetika. Tumbuhan seperti ini dapat berkembang dan memiliki nilai ekonomis hingga mampu menyerap tenaga kerja.

Manfaat tumbuhan untuk sarana rekreasi dan estetika dapat dirasakan apabila kita mengunjungi kebun botani atau lembaga konservasi tanaman.

Beberapa tumbuhan penting dan langka harus dilestarikan di kebun botani dan konservasi tanaman. Kebun botani dan konservasi tanaman ini dapat dibuka  untuk umum sehingga menjadi sarana rekreasi yang memiliki nilai edukatif dan ekonomis.

Beberapa contoh di Indonesia misal:

  • Kebun Raya Bogor
  • Taman Safari
  • Wisata Agronomi Malang
  • Dsb.

Selain untuk sarana rekreasi, tumbuhan juga memiliki nilai estetika. Tumbuhan dengan nilai estetika digunakan untuk mempercantik dan memperindah suatu ruangan baik indoor maupun outdoor.

Kemampuan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis, yang menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen menjadikan tanaman estetika selain cantik dipandang mata, juga bermanfaat untuk kesehatan.

Beberapa tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk estetika dan memiliki nilai jual tinggi, diantaranya: Anggrek (Orchidaceae), Aglaonema, Bonsai, Palma (Araceae), dsb.

Baca Juga: 13 Manfaat Tanaman Hias bagi Kesehatan Mental, Fisik, dan Lingkungan

5. Tumbuhan untuk Kehidupan Manusia

Tumbuhan apabila diolah sedemikian rupa dapat meningkatkan fungsi dan kegunaannya dan mempermudah aktivitas sehari-hari manusia. Tumbuhan dengan fungsi ini bermacam-macam dengan masing-masing fungsi. Beberapa manfaat tumbuhan untuk kehidupan manusia, diantaranya:

  • Meubel dan furnitur: Tanaman jati, mahoni, kelapa, bambu, dsb.
  • Alat transportasi: Kayu untuk membuat perahu, sepeda, gerobak, dsb.
  • Instrumen musik: Bambu untuk suling, kayu maple untuk piano, dsb.
  • Alat Olahraga: Alat baseball, golf, kasti, billiard, semuanya membutuhkan tanaman untuk pembuatan alatnya.
  • Industri Kecantikan: Kosmetik, parfum, sabun, shampoo, pewarna semuanya menggunakan berbagai jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan aroma dan kandungannya untuk mempercantik tubuh.
  • Pendidikan: Alat tulis, kertas, papan tulis, semua alat-alat tersebut membutuhkan tumbuhan dalam proses pembuatannya.

Penjelasan diatas telah membuka mata kita bahwa tumbuhan memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kebutuhan hidup manusia, terutama untuk memproduksi oksigen di siang hari.

Tumbuhan kaya akan manfaat yang terdiri dari berbagai ragam dan aneka jenis. Oleh karena itu, tanggung jawab dalam melestarikan tumbuhan merupakan kewajiban bagi seluruh umat manusia di bumi.

 

  1. School Gardening. 2020. Plants in our daily life. https://schoolgardening.rhs.org.uk/resources/Info-Sheet/Plants-in-our-daily-life. (Diakses pada 26-11-2021).
  2. Stanborough, Rebecca Joy. 2020. A Hobby for All Seasons: 7 Science-Backed Benefits of Indoor Plants. https://www.healthline.com/health/healthy-home-guide/benefits-of-indoor-plants. (Diakses pada 26-11-2021).
  3. Texas Agrilife Extension. 2020. Health and well-being benefits of plants. https://ellisonchair.tamu.edu/health-and-well-being-benefits-of-plants/. (Diakses pada 26-11-2021).
  4. The Sill. Why You Need Plants in Your Life. https://www.thesill.com/blogs/care-miscellaneous/why-you-need-plants-in-your-life. (Diakses pada 26-11-2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi