Terbit: 6 Februari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika sarapan adalah makanan yang paling penting untuk pagi ini, maka sebaiknya Anda mengonsumsinya dengan benar. Memilih sarapan pagi yang sehat dapat mengatur hari Anda untuk mendapatkan pilihan makanan yang baik.

Pengin Ramping? Tambahkan Buah Ini ke dalam Sarapan Anda

Nah, ada cara yang terbaik untuk menurunkan berat badan dengan menambahkan makanan sehat pada menu sarapan pagi Anda.

Buah berry tidak hanya menambah kesegaran di dalam sarapan berat seperti karbohidrat, tetapi buah mungil ini memiliki beberapa sifat khusus yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Buah berry kaya akan serat, seperti dilansir dari Reader’s Digest, Anda akan mendapatkannya sekitar sepertiga dari kebutuhan harian Anda hanya dalam satu cangkir berry.

Tubuh Anda tidak dapat menghancurkan serat pada buah berry, sehingga memperlambat pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama.

“Raspberry khususnya memiliki rasio terbaik dari karbohidrat serat. Satu cangkir berry mengandung 5 gram karbohidrat dan 8 gram serat,” kata Cynthia Sass, seorang ahli diet.

Tambahkanlah buah berry ke dalam sarapan dan Anda akan tetap kenyang hingga makan siang. Jangan lewatkan hal-hal luar biasa lainnya yang terjadi saat Anda makan lebih banyak serat.

Tapi bukan itu saja, sebuah studi di BMJ menemukan bahwa orang dewasa yang makanannya mengandung flavonoid paling banyak —senyawa yang ditemukan pada stroberi, blueberry, blackberry, dan produk lainnya, cenderung tidak bertambah berat selama studi 24 tahun.

Beberapa penelitian pada tikus dan tabung reaksi menunjukkan keton, senyawa dalam raspberry yang memberi mereka aromanya, dapat meningkatkan metabolisme dan mempercepat pemecahan lemak.

Penelitian tersebut menggunakan konsentrasi yang lebih tinggi daripada yang Anda dapatkan dari semangkuk buah berry, namun hasilnya tetap memberi manfaat.

Jika blueberry lebih bermanfaat, penelitian lain menemukan bahwa mengonsumsi buah menurunkan resistansi insulin —yang membuatnya sulit menurunkan berat badan —dan mengurangi lemak pada tikus gemuk.

Meskipun terasa manis, buah berry ternyata rendah kalori, jadi Anda tidak perlu khawatir. Masukkan beberapa berry ke dalam yoghurt Anda dan campurkan menjadi smoothie atau tambahkan di samping hidangan telur.

Bahkan lebih baik, tambahkan berry ke dalam menu sarapan untuk membantu membakar kalori sepanjang hari. Jika belum masuk musim buah berry, simpan buah beerry di lemari es dan biarkan menjadi beku, meskipun warnanya agak berubah masih tetap bergizi.

Terserah bagaimana cara Anda memakannya saat sarapan, buah berry akan membuat Anda kenyang dan membantu Anda menurunkan lemak. Selamat mencoba, teman sehat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi