Terbit: 17 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Belakangan ini viral video rekaman CCTV yang menunjukkan seorang pria meremas payudara seorang wanita yang sedang berjalan kaki di kawasan Gang Datuk, Beji, Depok, Jawa Barat. Tak disangka, berkat rekaman ini, pelaku yang bernama Ilham Sanin, 29 tahun, sampai ditangkap oleh pihak kepolisian.

Pelaku Peremas Payudara yang Terekam CCTV di Depok Ditangkap, Terkena Gangguan Jiwa?

Ilham mengaku hanya iseng saat ditanya tentang apa motif dari meremas wanita berinisial AM ini. Bahkan, Ia juga menyebut niatnya tiba-tiba saja muncul begitu saja saat melihat wanita tersebut berada di gang yang sempit dengan kondisi sepi. Meskipun begitu, banyak warganet yang menganggap Ilham sepertinya mengalami gangguan kejiwaan hingga sampai nekat melakukan tindakan tersebut.

Pakar kesehatan dr. Andri, SpKJ yang berasal dari Klinik Psikosomatik Rumah Sakit Omni Alam Sutera pun ikut angkat bicara tentang kasus pelecehan ini. Menurut dr. Andri, kita belum bisa mengecap Ilham terkena gangguan kejiwaan. Hanya saja, bisa jadi Ia mengalami masalah perilaku impulsif sehingga membuatnya melakukan suatu hal yang sebenarnya tidak didasari oleh keinginan dan idenya tiba-tiba saja muncul. Hanya saja, perilaku impulsif memang tergolong dalam gangguan kepribadian. Biasanya, mereka dengan gangguan ini memiliki suasana hati yang mudah berubah dengan drastis sehingga kerap melakukan tindakan impulsif.

Mereka dengan masalah gangguan kepribadian ambang atau borderline personality disorder akan cenderung melakukan tindakan impulsif yang negatif. Tak hanya penggunaan obat-obatan terlarang, bisa jadi mereka melakukan tindakan nekat seperti yang dilakukan oleh Ilham ini. Satu hal yang pasti, karena tindakannya termasuk dalam pelecehan, Ilham mau tidak mau harus berurusan dengan pihak berwajib dan sepertinya akan mendapatkan hukuman yang setimpal karena tindakannya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi