Terbit: 2 Maret 2022 | Diperbarui: 4 Maret 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Timun Jepang atau kyuri sekilas terlihat seperti timun biasa. Namun jika berbicara soal rasa, buah ini lebih mirip dengan melon atau labu. Selain soal rasa, manfaat timun Jepang ternyata sangat beragam bagi kesehatan. Ketahui berbagai khasiatnya di bawah ini.

7 Manfaat Timun Jepang bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Timun Jepang

Walaupun sering disajikan dalam bentuk salad, asinan, maupun difermentasi layaknya sayuran, timun Jepang masuk dalam kategori buah-buahan. Di negara asalnya, kyuri sering disajikan bersama makanan pedas karena sifatnya yang mendinginkan.

Manfaat timun kyuri bukan hanya untuk meredakan pedas, tetapi juga melengkapi nutrisi harian tubuh. Kyuri juga menjadi salah satu bahan MPASI dan pengganti teether alami bagi bayi, terutama karena sifatnya yang menenangkan rasa gatal di gusi saat anak tumbuh gigi. 

Dilansir dari Heathline, paling tidak ada 7 zat gizi penting yang dikandung buah berwarna hijau ini, antara lain:

  • Kalori: 45 kal.
  • Lemak: 0 gram.
  • Karbohidrat: 11 gram.
  • Protein: 2 gram.
  • Serat: 2 gram.
  • Vitamin C: 7,2 mg (14 % dari AKG).
  • Vitamin A: 36 ?g (14 % dari AKG)
  • Vitamin K: 62 % dari AKG.
  • Magnesium: 10 % dari AKG.
  • Potasium: 13 % dari AKG.
  • Mangan: 12 % dari AKG.

Selain itu, buah panjang dengan daging manis dan renyah ini juga mengandung riboflavin dan kalsium. Kyuri yang kaya akan antioksidan juga memiliki kandungan air tinggi (mencapai 96 %) sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Manfaat Timun Jepang untuk Kesehatan

Menilik nutrisinya yang cukup lengkap, manfaat timun kyuri juga sangat beragam. Selain mengatasi dehidrasi dan inflamasi dalam tubuh, kyuri juga dimanfaatkan sebagai antikanker. Berikut adalah berbagai manfaat timun Jepang untuk kesehatan, di antaranya:

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh

Timun Jepang kaya serat, air, mikronutrien, dan antioksidan. Semuanya adalah zat gizi penting yang lengkap untuk tubuh. Selain itu, timun jepang juga rendah kalori dan lemak. Mengonsumsi sepertiga kyuri sehari sudah memenuhi sepertiga kebutuhan tubuh akan  cairan dan mikronutrien.

Sebagai catatan, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi timun Jepang beserta kulitnya. Bagian kulit mengandung serat, vitamin, serta mineral lebih tinggi dibanding dagingnya.

2. Kaya antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang bekerja memblok oksidasi di dalam tubuh. Oksidasi merupakan reaksi kimia yang membentuk molekul reaktif yang disebut radikal bebas. Radikal bebas adalah penyebab banyak penyakit kronis termasuk kanker.

Timun Jepang kaya akan antioksidan seperti vitamin A, C, kalsium, dan lain-lain. Kandungan flavonoid dan tanin di dalamnya dikenal sangat kuat melawan radikal bebas. Satu buah timun Jepang memenuhi sekitar setengah kebutuhan tubuh akan antioksidan.

Baca Juga: 10 Manfaat Kulit Timun bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui 

3. Mencegah dehidrasi

Tujuh puluh persen tubuh terdiri dari cairan. Air memainkan peran penting dalam menjaga kekentalan darah, melarutkan zat racun, membuangnya keluar tubuh, dan memenuhi kebutuhan oksigen.

Air juga sangat penting dalam menjaga suhu dan metabolisme tubuh. Timun Jepang yang kaya cairan dapat mencegah tubuh dari bahaya kekurangan cairan. Sekitar 40 % kebutuhan air dalam tubuh dapat dipenuhi oleh perasan dua buah timun.

4. Membantu menurunkan berat badan

Kyuri dapat membantu menurunkan berat badan karena beberapa alasan. Pertama, karena kalorinya yang rendah. Dalam 300 gram kyuri hanya mengandung 45 kalori. Artinya, walaupun dikonsumsi cukup banyak, asupan kalori tidak akan terlalu tinggi. 

Kyuri juga menambah rasa segar dan lezat pada salad, roti isi, bahkan makanan tradisional seperti pecel dan gado-gado.

Kandungan airnya yang tinggi juga membantu meluruhkan lemak. Apalagi tidak ada kandungan lemak pada buah ini. Sebuah studi mengungkapkan, sejumlah partisipan penelitian yang mengonsumsi makanan tinggi air dan rendah kalori, mengalami penurunan berat badan yang signifikan.

5. Menurunkan kadar gula darah

Khasiat timun Jepang berikutnya adalah menurunkan kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes. Selain itu, buah ini juga dipercaya menurunkan stres oksidatif dan komplikasi diabetes lainnya. Meski begitu, klaim ini membuat studi lebih lanjut.

Baca Juga: 10 Manfaat Masker Timun untuk Kulit dan Cara Membuatnya

6. Membantu menyehatkan pencernaan

Pencernaan yang sehat memengaruhi 70 persen daya tahan tubuh seseorang. Timun Jepang kaya akan air, serat, dan vitamin, dimana ketiganya dapat mendukung kesehatan pencernaan. 

Air dan serat membantu kerja usus dalam menyerap nutrisi dan mencegah konstipasi. Pektin, senyawa antioksidan di dalam kyuri juga membantu pergerakan usus besar. Senyawa tersebut juga membantu menyeimbangkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Lebih lanjut, kesehatan usus yang baik dapat mencegah risiko kanker usus dan kolon.

7. Mencegah penuaan dini

Antioksidan di dalam timun Jepang dapat mendukung kesehatan kulit. Mencegah efek buruk sinar matahari, mengurangi kerutan dan tanda penuaan dini lainnya.

Timun yang kaya cairan juga dapat menghidrasi kulit. Gunakan timun sebagai masker wajah. Anda bisa mencampurnya dengan madu atau hanya timun yang diparut. Timun Jepang juga dapat mengurangi mata panda dan kantung mata karena kelelahan dan kurang tidur.

Pada akhirnya, timun Jepang atau kyuri adalah buah yang menyegarkan, penuh nutrisi, dan sangat tepat dijadikan menu diet sehat. 

 

  1. Felt Flower Pot. 2022. Japanese Cucumber Info – What Is A Kyuri Japanese Cucumber. https://feltflowerpot.com/blog/japanese-cucumber-info-what-is-a-kyuri-japanese-cucumber/. (Diakses pada 1 Maret 2022).
  2. Link, Rachel. 2017. 7 Health Benefits of Eating Cucumber. https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-cucumber.  (Diakses pada 1 Maret 2022).
  3. Sunria. 2022. Kyuri Japanese cucumber. https://www.sunria.com/products/kyuri-japanese-cucumber. (Diakses pada 1 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi