Terbit: 24 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan melakukan pengukuran tekanan darah secara rutin. Dengan melakukannya, maka kita pun bisa mengerti seberapa tekanan darah di dalam tubuh sehingga bisa lebih berhati-hati dalam menerapkan gaya hidup.

Ini Waktu Terbaik Untuk Mengukur Tekanan Darah

Biasanya, peralatan pengukur tekanan darah tersedia di dokter, apotek, atau puskesmas terdekat meskipun ada sebagian orang yang memilikinya secara pribadi. Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat, pakar kesehatan Yuda Turana yang merupakan ketua dari Indonesian Society of Hypertension menyarankan kita untuk mengukur tekanan darah di pagi hari.

Menurut Yuda, sebenarnya anjuran untuk melakukan pengukuran darah adalah di waktu pagi dan sore atau malam. Hanya saja, pagi hari dianggap lebih baik karena di saat itulah tubuh kita masih dalam kondisi segar. Hal yang berbeda terjadi jika kita mengukur tekanan darah di sore atau malam hari dimana tubuh sudah terasa lelah karena telah melakukan berbagai macam aktifitas. Hal ini ternyata mempengaruhi kondisi tekanan darah tubuh sehingga kita tidak akan mendapatkan hasil yang akurat.

Yuda juga lebih merekomendasikan kita untuk mengukur tekanan darah satu jam setelah bangun tidur. Selain itu, ada baiknya kita melakukannya sebelum mengkonsumsi sarapan pagi. Jika kita ingin mengukur tekanan darah di malam hari, ada baiknya dilakukan sebelum tidur. Di saat-saat inilah tekanan darah berada dalam kondisi yang tepat dan tidak dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Selain karena faktor keturunan, masalah tekanan darah tinggi seringkali dipicu oleh gaya hidup yang buruk. Karena alasan inilah kita harus memastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang, mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, berolahraga secara teratur, dan tidak mudah terkena stress demi mencegah masalah kesehatan ini.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi