Terbit: 15 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kita pasti sudah sering mendengar bahwa mencuci buah dan sayur penting dilakukan. Mencuci sayuran harus dilakukan untuk menghilangkan adanya pestisida, kotoran atau mikroba yang menempel pada buah dan sayur.

Ini Lho 3 Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Mencuci Buah dan Sayur

Kita juga umumnya pasti otomatis mencuci sayur dan buah sebelum kita makan apalagi jika itu merupakan bahan makanan yang akan kita olah sebagai masakan. Biasanya yang kita lakukan adalah mencuci bahan makanan utamanya sayur dan buah di air mengalir saja dan dilakukan dalam waktu yang relatif cepat. Namun ternyata berdasarkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian ada tiga hal yang dapat kita agar buah dan sayur yang kita cuci bersih dari kontaminan yang menempel pada bahan makanan, yaitu:

  • Mencuci

Bahan makanan dicuci seperti yang umumnya kita lakukan, hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang secara fisik terlihat dan beberapa kontaminan yang dapat hilang dengan air.

  • Merendam dan menggosok

Bahan makanan yang telah dicuci disarankan direndam dalam air yang telah diberikan bahan tambahan (sanitizer atau sabun pencuci khusus bahan makanan). Sambil direndam kita sebaiknya menggosok bagian luar bahan makanan misalnya kulit buah sehingga kontaminan baik pestisida atau mikroba yang menempel pada sayur dan buah dapat hilang. Setelah itu bahan makanan dapat direndam kurang lebih selama 4-5 menit.

  • Membilas

Membilas dilakukan dengan air bersih. Hal ini bertujuan agar buah dan sayur semakin bersih setelah melalui proses perendaman dengan bahan tambahan sabun.

Dengan melakukan ketiga hal diatas, sayur dan buah yang akan kita konsumsi akan semakin bersih dan bebas dari kontaminan. Nah, apakah cara anda mencuci buah dan sayur sudah mengikuti ketiga langkah di atas?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi