Terbit: 3 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat mengambil daging ayam dari mesin pembeku, kadangkala kita melihat lebam-lebam berwarna kebiruan atau kemerahan pada daging tersebut. Pakar kesehatan menyebut kondisi lebam-lebam tersebut sebagai freezer burn. Sebenarnya, apakah daging ayam yang sudah berada dalam kondisi tersebut masih layak untuk dikonsumsi?

Daging Ayam yang Sudah Dibekukan Lebam-Lebam Kebiruan, Apakah Aman Untuk Dikonsumsi?

Pakar kesehatan menyebut freezer burn kerap terjadi karena daging terpapar udara dingin di dalam lemari es. Akibatnya, di dalam daging ayam terjadi dehidrasi dan oksidasi yang memicu perubahan warna dan tekstur menjadi lebih kering. Biasanya, hal ini disebabkan oleh cara penyimpanan daging ayam yang tidak dilakukan dengan benar sehingga terpapar udara dingin secara langsung. Sebagai contoh, daging ayam tidak dimasukkan di dalam wadah tertutup dan kemudian diletakkan di dalam freezer begitu saja dalam waktu yang lama.

Meskipun terlihat aneh, pakar kesehatan menyebut kondisi freerzer burn ini tidak menurunkan kualitas daging ayam yang berarti, daging ini masih layak untuk dikonsumsi. Memang, setelah diolah, lebam-lebam ini terkadang tidak akan hilang. Namun, asalkan kita memasak ayam dengan cara yang tepat, maka kita bisa menutupi lebam-lebam tersebut sehingga membuat daging ayam terlihat tetap lezat untuk dikonsumsi.

Hanya saja, mengingat perubahan warna menjadi kebiruan ini juga bisa disebabkan oleh daging ayam yang sudah mulai membusuk, ada baiknya kita mengecek aroma dari daging ayam ini. Daging yang mengalami freezer burn tidak berbau, berbeda dengan daging ayam busuk yang tentu sudah berbau menyengat. Selain itu, warna biru karena freezer burn dan yang disebabkan oleh pembusukan juga berbeda. Warna biru freezer burn tidak akan sampai ke tulang dan hanya ditemukan pada permukaan kulit saja. Sebaliknya, warna biru karena pembusukan justru dimulai dari tulang dan mengarah ke permukaan kulit.

Jika setelah diambil dari kulkas daging ayam belum mengalami perubahan warna namun setelah dicairkan daging ayam mulai membiru, maka bisa dipastikan daging ayam ini sudah busuk dan sebaiknya tidak dikonsumsi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi